Efek Model Make A Match yang Dimodifikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tipe 1

Authors

  • Dhiemas Roro Indry Prastika Universitas Islam Sultan Agung
  • Mohamad Aminudin Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1163

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting dan harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika karena berperan dalam menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah secara logis. Namun, kenyataannya masih tergolong rendah ditingkat SMP. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran make a match yang dimodifikasi pada materi persamaan linier satu variabel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknikobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Huda Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model make a match yang dimodifikasi lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Modifikasi yang digunakan berupa penambahan fitur interaktif yang berupa respon visual emoticon di layar. Model make a match yang dimodifikasi tidak hanya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tetapi dapat meningkatkan motivasi, rasa percaya diri, serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Model ini dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran inovatif dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminudin, M., Basir, M. A., Wijayanti, D., Maharani, H. R., Kusmaryono, I., & Saputro, B. A. (2021). Pelatihan Penggunaan Geogebra Classroom untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 417–428. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15353

Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating critical thinking skill of junior high school in solving mathematical problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12345a

Basir, A. B., Nurjanah, S., Ubaidah, U. (2025). Modul Ajar Digital Berbasis Etnomatematika Masyarakat Penalaran Aljabar Universitas Islam Sultan Agung , Semarang , Indonesia

Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9 No 03, 639–645. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpte.v9n03.p639-645

Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2021). “Make A Match Model” for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48–56. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10269

Nurfithriyah, A. R. (2020). Model Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(1), 94–102. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.12129

Raj, T., Chauhan, P., Mehrotra, R., & Sharma, M. (2022). Importance of Critical Thinking in the Education. World Journal of English Language, 12(3), 126–133. https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p126

Saiz, C., & Rivas, S. F. (2023). Critical Thinking, Formation, and Change. Journal of Intelligence, 11(12). https://doi.org/10.3390/jintelligence11120219

Suhartini, C., Pratiwi, R., Setiawan, I., & Suryani, Y. (2021). The Effect of Problem Based Learning and Inquiry on Critical Thinking Ability (Experimental Study on Entrepreneurship Subject at FKIP, Universitas Kuningan). https://doi.org/10.4108/eai.12-12-2020.2305012

Wijaya, M., Kartono, D. T., Zuber, A., Sunesti, Y., Humsona, R., Putri, A. K., Akbar, R. D., & Kusujiarti, S. (2021). Journal of Development and Social Change Kepala Editor : 4(2).

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Dhiemas Roro Indry Prastika, & Mohamad Aminudin. (2025). Efek Model Make A Match yang Dimodifikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tipe 1. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 949–963. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1163

Issue

Section

Articles