Efek Model Make A Match yang Dimodifikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tipe 1
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1163Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting dan harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika karena berperan dalam menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah secara logis. Namun, kenyataannya masih tergolong rendah ditingkat SMP. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran make a match yang dimodifikasi pada materi persamaan linier satu variabel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknikobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Huda Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model make a match yang dimodifikasi lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Modifikasi yang digunakan berupa penambahan fitur interaktif yang berupa respon visual emoticon di layar. Model make a match yang dimodifikasi tidak hanya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tetapi dapat meningkatkan motivasi, rasa percaya diri, serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Model ini dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran inovatif dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
Downloads
References
Aminudin, M., Basir, M. A., Wijayanti, D., Maharani, H. R., Kusmaryono, I., & Saputro, B. A. (2021). Pelatihan Penggunaan Geogebra Classroom untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 417–428. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15353
Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating critical thinking skill of junior high school in solving mathematical problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12345a
Basir, A. B., Nurjanah, S., Ubaidah, U. (2025). Modul Ajar Digital Berbasis Etnomatematika Masyarakat Penalaran Aljabar Universitas Islam Sultan Agung , Semarang , Indonesia
Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9 No 03, 639–645. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpte.v9n03.p639-645
Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2021). “Make A Match Model” for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48–56. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10269
Nurfithriyah, A. R. (2020). Model Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(1), 94–102. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.12129
Raj, T., Chauhan, P., Mehrotra, R., & Sharma, M. (2022). Importance of Critical Thinking in the Education. World Journal of English Language, 12(3), 126–133. https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p126
Saiz, C., & Rivas, S. F. (2023). Critical Thinking, Formation, and Change. Journal of Intelligence, 11(12). https://doi.org/10.3390/jintelligence11120219
Suhartini, C., Pratiwi, R., Setiawan, I., & Suryani, Y. (2021). The Effect of Problem Based Learning and Inquiry on Critical Thinking Ability (Experimental Study on Entrepreneurship Subject at FKIP, Universitas Kuningan). https://doi.org/10.4108/eai.12-12-2020.2305012
Wijaya, M., Kartono, D. T., Zuber, A., Sunesti, Y., Humsona, R., Putri, A. K., Akbar, R. D., & Kusujiarti, S. (2021). Journal of Development and Social Change Kepala Editor : 4(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhiemas Roro Indry Prastika, Mohamad Aminudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.