Tantangan Berpikir Desain Dalam Menyelesaikan Masalah Garis Singgung Lingkaran Berbantuan Gemini: Analisis Pada Siswa Berkategori Tinggi

Authors

  • Lu'lu'ul Mu'awanah Universitas Islam Sultan Agung
  • Mohamad Aminudin Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1159

Abstract

Garis singgung lingkaran sering menjadi tantangan dalam pembelajaran geometri karena membutuhkan pemahaman konseptual dan kemampuan berpikir kritis. Pendekatan berpikir desain berbantuan teknologi seperti Gemini dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan efektivitas penyelesaian masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana siswa berkategori tinggi menerapkan proses berpikir desain dalam menyelesaikan masalah garis singgung lingkaran dengan bantuan Gemini. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas XI F MAN 2 Semarang yang memiliki skor awal tes berpikir desain tinggi. Data dikumpulkan melalui tes berpikir desain dan wawancara semi terstruktur. Hasil menunjukkan bahwa subjek mampu memenuhi hampir seluruh tahapan berpikir desain, seperti empathize, define, ideate, prototype, dan test, dengan kemampuan merumuskan masalah, menghasilkan ide strategis, serta mengevaluasi solusi secara kritis. Gemini digunakan aktif sebagai sumber informasi dan alat refleksi, memfasilitasi eksplorasi solusi alternatif yang lebih mendalam. Keberhasilan berpikir desain pada siswa kategori tinggi ini didukung oleh penguasaan konsep, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan menyusun strategi yang baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmi, K., & Fithriani, R. (2025). Students ’ Perceptions of Gemini AI Effectiveness in Academic Writing. IDEAS: Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 4778, 74–93. https://doi.org/10.24256/ideas.

Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510

Citriadin, Y. (2020). Teknik analisis data penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dalam metodologi penelitian pendekatan multidisipliner. Ideas Publishing.

Elyana, D., Astutiningtyas, E. L., & Susanto, H. A. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–106. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1226

Jayanti, R. A., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 259–272. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.259-272

Kelley, D., & Brown, T. (2018). An introduction to Design Thinking. Institute of Design at Stanford, 6. https://dschool-old.stanford.edu/sandbox/groups/designresources/wiki/36873/attachments/74b3d/ModeGuideBOOTCAMP2010L.pdf

Leong, Y. H., Cheng, L. P., Toh, W. Y. K., Kaur, B., & Toh, T. L. (2021). Teaching students to apply formula using instructional materials: a case of a Singapore teacher’s practice. Mathematics Education Research Journal, 33(1), 89–111. https://doi.org/10.1007/s13394-019-00290-1

Li, T., & Zhan, Z. (2022). A Systematic Review on Design Thinking Integrated Learning in K-12 Education. Applied Sciences (Switzerland), 12(16). https://doi.org/10.3390/app12168077

Ling, L. S., & Yasin, R. M. (2022). Persepsi Guru Luar Bandar Terhadap Penerapan Design Thinking Dalam Pendidikan STEM. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 487–500. https://doi.org/10.55057/jdpd.2022.4.1.39

Lukman, L., Agustina, R., & Aisy, R. (2024). Problematika Penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa STIT Pemalang. Madaniyah, 13(2), 242–255. https://doi.org/10.58410/madaniyah.v13i2.826

Mahani, P., Wijayanti, D., & Aminudin, M. (2021). Lintasan Pengambilan Keputusan dalam Penyelesaian Soal Kontradiktif pada Materi Geometri oleh Siswa SMA. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(1), 35–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.5.1.35-48

Mamiala, D., Mji, A., & Simelane-Mnisi, S. (2021). Students’ Interest in Understanding Geometry in South African High Schools. Universal Journal of Educational Research, 9(3), 487–496. https://doi.org/10.13189/ujer.2021.090308

Muchminiin, M. A., Rahmadhani, M. K. A., Muqorobin, S., Mustaghfirullah, F., & Luthfi, O. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Angkatan 2022. Mars : Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(4), 56–62. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/mars.v2i4.235

Naila, I., Atmoko, A., Dewi, R. S. I., & Kusumajanti, W. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence Tools terhadap Motivasi Belajar Siswa Ditinjau dari Teori Rogers. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 150. https://doi.org/10.30736/atl.v7i2.1774

Nu’man, M., & Azka, R. (2023). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Polynom : Journal in Mathematics Education, 3(Knpmp I), 164–171. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6955/17_154_Makalah Rev Della Narulita.pdf?sequence=1

Pertiwi, R. D., & Siswono, T. Y. E. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Ditinjau dari Gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 26. https://doi.org/10.26740/jppms.v5n1.p26-36

Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 2(1), 124–134. https://doi.org/10.59820/tekomin.v2i1.163

Rusandi, M. A., Ahman, Saripah, I., Khairun, D. Y., & Mutmainnah. (2023). No worries with ChatGPT: building bridges between artificial intelligence and education with critical thinking soft skills. Journal of Public Health (United Kingdom), 45(3), E602–E603. https://doi.org/10.1093/pubmed/fdad049

Saeidnia, H. R. (2023). Welcome to the Gemini era: Google DeepMind and the information industry. Library Hi Tech News, December. https://doi.org/10.1108/LHTN-12-2023-0214

Séquin, C. H. (2020). Two complementary ways of linking math and art. Journal of Mathematics and the Arts, 14(1–2), 128–131. https://doi.org/10.1080/17513472.2020.1737899

Sudiman, A., Habsyi, R., & Saleh, R. R. M. (2023). Pembelajaran Geometri Berbantuan Goegebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1156–1161. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1390

Tapalova, O., & Zhiyenbayeva, N. (2022). Artificial Intelligence in Education: AIEd for Personalised Learning Pathways. The Electronic Journal of E-Learning, 20(5), 639–653. www.ejel.org

Velez, A. J. B., Dayaganon, D. G. F., Robigid, J. C., Demorito, J. D., Villegas, J. P., & Gomez, D. O. (2023). Difficulties and coping strategies in understanding mathematical concepts in a private higher education in Tagum City, Davao del Norte, Philippines. Davao Research Journal, 14(1), 45–54. https://doi.org/10.59120/drj.v14i1.10 Davao

Vivanco-Galván, O., Castillo-Malla, D., Suconota, E., Quizphe, R., & Jiménez-Gaona, Y. (2024). Enhancing mathematical function understanding in university students: a comparative study of design thinking vs. traditional teaching methods. Frontiers in Education, 9(October). https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1364642

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Lu’lu’ul Mu’awanah, & Mohamad Aminudin. (2025). Tantangan Berpikir Desain Dalam Menyelesaikan Masalah Garis Singgung Lingkaran Berbantuan Gemini: Analisis Pada Siswa Berkategori Tinggi. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 937–948. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1159

Issue

Section

Articles