Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Media Power Point di TPA Diinul Hidayah Palangka Raya

Authors

  • Anni Wulandzari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
  • Cindy Elvira Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
  • Hadma Yuliani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1107

Abstract

Pengenalan huruf hijaiyah merupakan tahap krusial dalam pendidikan anak usia dini, khususnya dalam mempersiapkan mereka untuk membaca Al-Qur'an yang memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter dan spiritualitas. Banyak anak-anak usia dini yang mengalami kesulitan dalam mengenali dan melafalkan huruf hijaiyah, sehingga dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan media PowerPoint yang interaktif dan metode bernyanyi dalam memfasilitasi pengenalan huruf hijaiyah pada anak-anak di TPA Diinul Hidayah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode komunikasi langsung dan partisipatif, yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan melalui tahapan persiapan, ceramah, kegiatan inti, dan sesi tanya jawab. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint yang dipadukan dengan metode bernyanyi mampu meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan retensi anak-anak dalam mengenali huruf hijaiyah. Selain itu, dukungan orang tua juga menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilan pembelajaran. Implikasi dari kegiatan ini adalah perlunya penggunaan media visual yang menarik, pendekatan kreatif, dan keterlibatan aktif orang tua sebagai strategi efektif dalam meningkatkan literasi hijaiyah dan pembentukan fondasi pendidikan Islam pada anak-anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrudin, Ahmad, en Adhis Darussalam Pamungkas. 2022. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Keterampilan Pembuatan E-Presentation Dengan Aplikasi Canva For Education”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa 1(3): 76–81. https://journal.unindra.ac.id/index.php/batasa/article/view/1251.

Hamidah, Faid, en Asrorul Mais. 2021. “Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini di Pos PAUD Kemuning 56 Mumbulsari Jember”. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) 3(2): 75–82. http://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/488.

Helmalia, Rika, Lizza Suzanti, en Rr. Deni Widjayatri. 2024. “Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Tilawati bagi Anak Usia 5-6 Tahun”. Aulad: Journal on Early Childhood 7(1): 199–209. https://aulad.org/aulad/article/view/634.

Lizawati, Lizawati, en Romelah Romelah. 2022. “Implementasi Pembelajaran Pai Pada Materi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia Kelas 1 SDN 001 RANAI KABUPATEN NATUNA”. Research and Development Journal of Education 8(2): 757. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/13871.

Nurhayati, Nurhayati, Andi Agusniatih, Amrullah Amrullah, en I Putu Suwika. 2021. “Pengenalan Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Gambar pada Anak”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3): 2183–91. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1850.

Prathiwi, Shin, en Amir Syamsudin. 2021. “Pengaruh Tahfidz Metode Talaqqi Online terhadap Pengenalan Hijaiyah TK Program Tahfidz Sleman”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1): 119–26. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1232.

Pulu, Trikalismi.N., Muzakki Muzakki, en Saudah Saudah. 2024. “Pendampingan Pengenalan Huruf Hiyaiyah Dengan Bermain Kolase Di RA AL-Hijrah Desa Hampalit”. Jurnal Pengabdian Sosial 1(4): 222–27. https://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps/article/view/54.

Suwela, I Gusti Made. 2018. “Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab dengan Variasi Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PKN Khusus dalam Materi Ideologi Pancasila”. Journal of Education Action Research 2(4): 409. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/16345.

Syarif, Nawas, Shinta Esabella, en Muhammad Syukur. 2022. “Pengembangan Aplikasi Edukasi Animasi 3d Huruf Hijaiyah Berbasis Android”. MULTINETICS 8(2): 115–21. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/multinetics/article/view/4961.

Triana, Mega, Sumardi Sumardi, en Taopik Rahman. 2020. “Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun”. JURNAL PAUD AGAPEDIA 4(1): 24–38. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/27194.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Anni Wulandzari, Cindy Elvira, & Hadma Yuliani. (2025). Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Media Power Point di TPA Diinul Hidayah Palangka Raya. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 909–918. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1107

Issue

Section

Articles