Mengenal Surah An-Nas Beserta Artinya di TPA Qurrata A’yun Bangas Permai 6 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1065Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an sejak usia dini memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dan membentuk karakter spiritual anak. Namun, pendekatan pembelajaran yang hanya berfokus pada hafalan seringkali mengabaikan pemahaman makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam surah. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan Surah An-Nas beserta maknanya kepada anak-anak di TPA Qurrata A’yun Bangas Permai 6 Palangka Raya sebagai media pembentukan nilai tauhid dan kesadaran perlindungan diri kepada Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, serta analisis data dilakukan dengan pendekatan interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami makna Surah An-Nas dan menghafalkannya secara bertahap melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, seperti membaca bergiliran, pemberian pujian, hadiah, dan tepuk tangan. Strategi ini membangun semangat belajar dan memperkuat internalisasi nilai spiritual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran Surah An-Nas yang berbasis makna mampu menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter religius anak sejak usia dini.
Downloads
References
Asmah, S., & Nurbayan, S. T. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah An-Nas Melalui Metode Pembelajaran Membaca Keras Pada Siswa Kelas 2 SDN 49 Rabangodu Selatan Kota Bima. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 709-713.
Hidayatullah, R., & Sari, M. (2020). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 115–126. https://doi.org/10.1234/jpi.v8i2.2020
Susriwati, S., & Nurlaili, N. (2024). Al_Qur’an dan Surah: Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah An-Nas pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Research in Islamic Studies, 1(1), 10-17.
Karyawati, L., Taswiyah, T., & Firmansyah, F. (2025). Sejarah dan Pengaruh Alquran, Hadits, dan Ka'bah dalam Kehidupan Umat Islam. CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 7(1), 54-65.
Muhammad, R. M. (2024). Alam Dan Manusia Dalam Perspektif Al-Quran (Kajian Makna Taskhir dalam Tafsir Isyari) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Maulida, S. (2019). Efektivitas metode tematik dalam meningkatkan hafalan surah pendek anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 45–53. https://doi.org/10.5678/jpa.v7i1.2019
Nurfadillah, A. (2021). Nilai-nilai tauhid dalam pembelajaran surah pendek di TPA: Studi pada anak usia 5-7 tahun. Jurnal Ilmu Keislaman, 10(1), 21–30. https://doi.org/10.8765/jik.v10i1.2021
Ali, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Sentra Tahfidz Sebagai Strategi Efektif Dalam Pengembangan Kemampuan Menghafal Anak Usia Dini Di TK Al-Kautsar Jagakarsa Jakarta Selatan.
Dewi, K. Praktik Pembelajaran Taḥsīn Al-Qur’ān Pada Ibu-Ibu Majelis Taklim Daarul Qur’an Cikarang (Bachelor's thesis, FU).
Andika, J., Nurjannah, N., & Yanuarti, E. (2024). Implementasi Pendekatan Terpadu Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar PAI Kelas 6 SDN 32 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Manik, D. R. (2025). Penerapan Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Surah-Surah Pendek (Surah An-Nas). Jurnal Siklus: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 3(1), 77-84.
Mudakir, M. E., Hajriana, H., & Tajudin, A. (2024). Upaya Meningkatkan Bacaan Surah-Surah Pendek Melalui Metode Muraja'ah Secara Klasikal. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 79-84.
Aisyah, D. S. N., Ananda, R. L., Maulidia, M. K., Khotimah, Z. K., Hanafi, M., & Ghozali, I. (2024). Hakikat Manusia Menurut Islam. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devi Haryani, Sofieta Ria, Hadma Yuliani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.