Konsepsi Indikator Dan Rumusan Redaksi Operasional Tantangan Dan Sasaran Standar Operasional Pendidikan Islam (SOPI)

Authors

  • Muchamad Yusuf UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mardiyah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1102

Abstract

Kebutuhan mendesak untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam di era globalisasi yang dinamis. Dengan adanya perubahan paradigma pendidikan dan tuntutan integrasi nilai keislaman dalam sistem pembelajaran, lembaga pendidikan Islam perlu mengadopsi standar operasional yang terstruktur guna mengoptimalkan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas implementasi Standar Operasional Pendidikan Islam (SOPI) dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mengganggu pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa madrasah dan pesantren di Jawa Timur. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SOPI memberikan dampak positif terhadap peningkatan disiplin, inovasi dalam proses pembelajaran, dan penguatan nilai keislaman pada peserta didik. Namun, kendala berupa resistensi terhadap perubahan, keterbatasan sarana prasarana, serta minimnya pelatihan bagi tenaga pengajar masih menjadi tantangan utama. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat untuk mengatasi hambatan tersebut. Dengan peningkatan program pelatihan dan penyediaan sumber daya yang memadai, diharapkan SOPI dapat diimplementasikan secara optimal, sehingga menghasilkan pendidikan Islam yang holistik, adaptif, dan berkelanjutan. Hasil ini memberikan kontribusi signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Jaelani, D. (2022). Problems of Islamic Education Curriculum in Indonesia. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 491–496. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.147

Arifin, A., Puspitorini, P., Santosa, C. A. H. F., & Ruhiat, Y. (2024). Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Untuk Meningkatkan Micro-Skill Lulusan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 160. https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.126887

Efendi, A. (2008). Peran Strategis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia. el-Tarbawi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art1

Fuad Ahmad Riva’i, Idham, & Fifih Alfi Wafiroh. (2023). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Terpadu Al-Ittihadiyah Bogor. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 6(1), 85–95. https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.487

Hakim, L. (t.t.). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan Studi Kasus SMKN 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.

Hidayati, C. (t.t.). Implementation of School-Based Management in Educational Units.

Kurniati, D., Maisah, & Hakim, L. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98. https://doi.org/10.61104/alz.v1i1.112

Obaid, Muh. Y., Safrudin, M., La Fua, J., Fatimah K., St., Hardiana, W., & Rauf Tanaba, S. (2024). Implementation Of Islamic Education Curriculum Development In Integrated Islamic Schools In Southeast Sulawesi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(01). https://doi.org/10.30868/ei.v13i01.6196

Opeyemi Ishaaq El-Mubarak, A. M., & Hassan, I. (2021). Challenges of Islamic Education in the Era of Globalization: A Proposed Holistic Solution. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 10(3), Pages 337-349. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v10-i3/10748

Oron, W. (t.t.). Manajemen Strategi Sop (Standar Operational Prosedur) Dalam Menghadapi Persaingan Kompetetif Lembaga Pendidikan Islam Di Era Modern.

Setyowati, R. D., Ningsih, D., & Pahrudin, A. (2024). Opportunities and Challenges of Islamic Education Management in Facing the Global Era. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 9(1), 167–180. https://doi.org/10.31851/jmksp.v9i1.14227

Shofiyuddin, A., & Roin, U. (2023). Implementation Of Islamic Education Learning Based On Gender At Smp Plus Al Fatimah Bojonegoro. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 4(1), 180–190. https://doi.org/10.37567/ijgie.v4i1.1979

Turmudzi, I. (2017). Strategi Pemasaran di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MTs Ihsanniat Jombang). 2(2).

Zaini, A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Global. 5(2)

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Muchamad Yusuf, & Mardiyah. (2025). Konsepsi Indikator Dan Rumusan Redaksi Operasional Tantangan Dan Sasaran Standar Operasional Pendidikan Islam (SOPI). QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 897–908. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1102

Issue

Section

Articles