Manajemen Strategis Dalam Pendidikan Islam: Alur Dan Tahapan Renstra MAN 2 Kota Malang

Authors

  • Mochammad Ichsan Baqi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Mardiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1072

Abstract

Penelitian ini mengkaji tahapan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) di MAN 2 Kota Malang sebagai model pengembangan bagi satuan pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi dan keterbatasan sumber daya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu akademik, penguatan karakter Islami, dan daya saing lulusan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Kota Malang menerapkan perencanaan strategis yang terstruktur melalui analisis SWOT, perumusan visi dan misi yang selaras dengan kebijakan nasional, serta evaluasi dan revisi berkala. Strategi ini berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan pembentukan lulusan yang kompetitif. Meski demikian, tantangan tetap muncul, seperti keterbatasan pendanaan, infrastruktur, dan kapasitas tenaga pendidik. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kompetensi guru, penguatan fasilitas seperti perpustakaan dan laboratorium, serta optimalisasi program berbasis nilai-nilai Islam. Dengan manajemen yang efektif dan strategi adaptif, MAN 2 Kota Malang berpotensi menjadi madrasah unggulan yang mencetak generasi berkualitas dengan keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan nilai keislaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, S. (2022). Pentingnya manajemen strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. [Nama jurnal tidak disebutkan], 2(2). (Lengkapi nama jurnal dan halaman)

Ahdar, & Musyarif. (2019). Tantangan pendidikan Islam di Indonesia pada era globalisasi. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 13–30. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i1.984

Bantilan, J. C., Deguito, P. O., Otero, A. S., Regidor, A. R., & Junsay, M. D. (2023). Strategic planning in education: A systematic review. Asian Journal of Education and Social Studies, 45(1), 40–54. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v45i1976

Erfiyana, E., & Maulana, A. H. (2024). Strategi perencanaan pendidikan Islam. [Nama penerbit atau jurnal tidak disebutkan]. (Lengkapi dengan informasi penerbit atau jurnal)

Faizin, M., Attaroqiya, N. H., & Aryanti, L. D. (2022). The urgency of evaluating Islamic education in a 21st century perspective. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(2), 118–125. https://doi.org/10.46576/almufida.v7i2.2652

Fajriati, R., & Susanti, U. V. (2023). SWOT analysis: Implementation of integrative holistic PAUD programs in early childhood education institutions. [Nama jurnal tidak disebutkan]. (Lengkapi nama jurnal dan volume/issue/halaman)

Hanafi, M., & Hartati, S. (2024). Implementasi perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidik di SMPIT Fajar Ilahi Batam. [Nama jurnal tidak disebutkan]. (Lengkapi nama jurnal dan informasi lainnya)

Iqbal, M. (n.d.). Perencanaan peserta didik berbasis nilai-nilai Islam. (Lengkapi dengan tahun, penerbit/jurnal, volume, dan halaman jika tersedia)

Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., Hartami, H., Rahmah, A. A., & Adnin, A. R. J. (2024). Tantangan dan peluang pendidikan Islam dalam konteks modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 13. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.758

Maria, R., & Hadiyanto, H. (2021). Urgensi perencanaan strategis dalam meningkatkan pengembangan dan mutu pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2012–2024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.742

Nurcholiq, M. (2023). Perencanaan strategis lembaga pendidikan (Studi kasus pembelajaran mandiri integratif di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 196–211. https://doi.org/10.32478/leadership.v4i2.1798

Primayanti, A. I. (2015). Strategi pendidikan Islam menghadapi problematika globalisasi. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 46–60. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1447

Putra, E. H. (2023). Rencana strategis pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6473

Rama, B. (2024). Sejarah perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. (Lengkapi dengan nama penerbit atau jurnal dan detail lainnya)

Restu, D., Yanto, M., Warlizasusi, J., & Faturrochman, I. (2024). Perencanaan strategis kurikulum madrasah dalam memperbaiki mutu pendidikan di MI Nur Riska Kota Lubuklinggau. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 542. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3154

Muhyardho, R. A., & Muttaqin, I. (2024). Tantangan dan strategi kepemimpinan dalam manajemen pendidikan Islam di era digital. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i1.860

Setia, A. (2023). Implementasi perencanaan strategis MTsN 2 Way Kanan. (Lengkapi dengan detail jurnal atau penerbit)

Sholeh, M. I. (2023). Evaluation and monitoring of Islamic education learning management in efforts to improve education quality. Communautaire: Journal of Community Service, 2(2), 108–117. https://doi.org/10.61987/communautaire.v2i2.159

Susanti, S., Setiawan, A., Pricilia, Y., Sitompul, L., Khairani, D., & Ayuning, V. (2024). Tantangan kurangnya sumber daya manusia dalam manajemen pelatihan di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar Kota Medan. (Lengkapi detail jurnal atau konferensi)

Syarif, M. (2019). Sumber daya pendidikan dan faktor yang mempengaruhinya. [Nama jurnal tidak disebutkan], 5(1). (Lengkapi nama jurnal dan halaman)

Simatupang, U. N., Arneti, R., Rusdinal, & Anisah. (2024). Implementasi perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Jurnal Niara, 16(3), 606–613. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.18477

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Mochammad Ichsan Baqi, & Mardiyah. (2025). Manajemen Strategis Dalam Pendidikan Islam: Alur Dan Tahapan Renstra MAN 2 Kota Malang. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 721–735. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1072

Issue

Section

Articles