Manajemen Strategis Dalam Pendidikan Islam: Alur Dan Tahapan Renstra MAN 2 Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1072Abstract
Penelitian ini mengkaji tahapan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) di MAN 2 Kota Malang sebagai model pengembangan bagi satuan pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi dan keterbatasan sumber daya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu akademik, penguatan karakter Islami, dan daya saing lulusan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Kota Malang menerapkan perencanaan strategis yang terstruktur melalui analisis SWOT, perumusan visi dan misi yang selaras dengan kebijakan nasional, serta evaluasi dan revisi berkala. Strategi ini berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan pembentukan lulusan yang kompetitif. Meski demikian, tantangan tetap muncul, seperti keterbatasan pendanaan, infrastruktur, dan kapasitas tenaga pendidik. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kompetensi guru, penguatan fasilitas seperti perpustakaan dan laboratorium, serta optimalisasi program berbasis nilai-nilai Islam. Dengan manajemen yang efektif dan strategi adaptif, MAN 2 Kota Malang berpotensi menjadi madrasah unggulan yang mencetak generasi berkualitas dengan keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan nilai keislaman.
Downloads
References
Abidin, S. (2022). Pentingnya manajemen strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. [Nama jurnal tidak disebutkan], 2(2). (Lengkapi nama jurnal dan halaman)
Ahdar, & Musyarif. (2019). Tantangan pendidikan Islam di Indonesia pada era globalisasi. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 13–30. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i1.984
Bantilan, J. C., Deguito, P. O., Otero, A. S., Regidor, A. R., & Junsay, M. D. (2023). Strategic planning in education: A systematic review. Asian Journal of Education and Social Studies, 45(1), 40–54. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v45i1976
Erfiyana, E., & Maulana, A. H. (2024). Strategi perencanaan pendidikan Islam. [Nama penerbit atau jurnal tidak disebutkan]. (Lengkapi dengan informasi penerbit atau jurnal)
Faizin, M., Attaroqiya, N. H., & Aryanti, L. D. (2022). The urgency of evaluating Islamic education in a 21st century perspective. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(2), 118–125. https://doi.org/10.46576/almufida.v7i2.2652
Fajriati, R., & Susanti, U. V. (2023). SWOT analysis: Implementation of integrative holistic PAUD programs in early childhood education institutions. [Nama jurnal tidak disebutkan]. (Lengkapi nama jurnal dan volume/issue/halaman)
Hanafi, M., & Hartati, S. (2024). Implementasi perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidik di SMPIT Fajar Ilahi Batam. [Nama jurnal tidak disebutkan]. (Lengkapi nama jurnal dan informasi lainnya)
Iqbal, M. (n.d.). Perencanaan peserta didik berbasis nilai-nilai Islam. (Lengkapi dengan tahun, penerbit/jurnal, volume, dan halaman jika tersedia)
Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., Hartami, H., Rahmah, A. A., & Adnin, A. R. J. (2024). Tantangan dan peluang pendidikan Islam dalam konteks modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 13. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.758
Maria, R., & Hadiyanto, H. (2021). Urgensi perencanaan strategis dalam meningkatkan pengembangan dan mutu pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2012–2024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.742
Nurcholiq, M. (2023). Perencanaan strategis lembaga pendidikan (Studi kasus pembelajaran mandiri integratif di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 196–211. https://doi.org/10.32478/leadership.v4i2.1798
Primayanti, A. I. (2015). Strategi pendidikan Islam menghadapi problematika globalisasi. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 46–60. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1447
Putra, E. H. (2023). Rencana strategis pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6473
Rama, B. (2024). Sejarah perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. (Lengkapi dengan nama penerbit atau jurnal dan detail lainnya)
Restu, D., Yanto, M., Warlizasusi, J., & Faturrochman, I. (2024). Perencanaan strategis kurikulum madrasah dalam memperbaiki mutu pendidikan di MI Nur Riska Kota Lubuklinggau. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 542. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3154
Muhyardho, R. A., & Muttaqin, I. (2024). Tantangan dan strategi kepemimpinan dalam manajemen pendidikan Islam di era digital. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i1.860
Setia, A. (2023). Implementasi perencanaan strategis MTsN 2 Way Kanan. (Lengkapi dengan detail jurnal atau penerbit)
Sholeh, M. I. (2023). Evaluation and monitoring of Islamic education learning management in efforts to improve education quality. Communautaire: Journal of Community Service, 2(2), 108–117. https://doi.org/10.61987/communautaire.v2i2.159
Susanti, S., Setiawan, A., Pricilia, Y., Sitompul, L., Khairani, D., & Ayuning, V. (2024). Tantangan kurangnya sumber daya manusia dalam manajemen pelatihan di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar Kota Medan. (Lengkapi detail jurnal atau konferensi)
Syarif, M. (2019). Sumber daya pendidikan dan faktor yang mempengaruhinya. [Nama jurnal tidak disebutkan], 5(1). (Lengkapi nama jurnal dan halaman)
Simatupang, U. N., Arneti, R., Rusdinal, & Anisah. (2024). Implementasi perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Jurnal Niara, 16(3), 606–613. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.18477
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mochammad Ichsan Baqi, Mardiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.