Penerapan Metode Think Pair Share Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Terpadu Tarbiyatun Nasyi’in Paculgowang Diwek Jombang

Authors

  • Nur Fauziah Ramadhani Universitas Hasyim Asy’ari Jombang
  • Khoirul Umam Universitas Hasyim Asy’ari Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.962

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan dampaknya terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII di SMP Tarbiyatun Nasyi’in Paculgowang, Diwek, Jombang. Metode TPS merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang melibatkan tiga tahap utama: berpikir secara individu, berdiskusi dengan pasangan, dan berbagi di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TPS dapat meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa secara signifikan. Kepercayaan diri siswa juga meningkat karena mereka memiliki kesempatan untuk mempersiapkan diri dalam diskusi kecil sebelum berbicara di forum kelas. Selain itu, pemahaman siswa terhadap materi PAI menjadi lebih mendalam dan terstruktur. Guru berperan sebagai fasilitator yang mendukung proses diskusi dan menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Dengan demikian, metode TPS terbukti menjadi strategi efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif di sekolah.

References

Fatmawati, R., & Agustini, R. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share. 951–968.

Ferdianto, T. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 14–32. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i1.51

Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.

Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.

Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100.

Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.

Masduki, A. (2020). Efektivitas Metode Think Pair Share Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 27. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.27-36

Mulyono, Sunhaji, & Wahab. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Koorperatif Think Pair Share (TPS)pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 9(2), 325–335.

Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.

Sari, L. A., Arsil, & Hendra Budiono. (2023). Https://Www.Jppipa.Unram.Ac.Id/Index.Php/Jcar/Article/View/5864. Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(3), 373–380.

Sulardi, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Keteramplan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 73–84. https://doi.org/10.31539/joes.v3i2.1867

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Nur Fauziah Ramadhani, & Khoirul Umam. (2025). Penerapan Metode Think Pair Share Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Terpadu Tarbiyatun Nasyi’in Paculgowang Diwek Jombang. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 285–294. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.962

Issue

Section

Articles