Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Huruf Hijaiyah Bersambung Dan Berharakat Pada Mata Pelajaran Agama Islam Melalui Media Flash Card
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.956Abstract
Pendidikan dasar memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk fondasi ilmu agama bagi siswa, terutama dalam membaca huruf hijaiyah, yang merupakan dasar untuk mempelajari Al-Qur'an. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca huruf hijaiyah bersambung dan berharokat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca huruf hijaiyah bersambung dan berharokat melalui penggunaan media flash card. mengidentifikasi efektivitas penggunaan media flash card dalam pembelajaran dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. menganalisis dampak penggunaan media flash card terhadap motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil indikator capaian seperti keaktifan, merangkai huruf hijaiyah secara bener, Membaca huruf hijaiyah bersambung dan berharokat dan konsentrasi belajar pada siklus I hasil capaian kemampuan siswa sebesar 30 % (kurang). Pada siklus I pertemuan pertama capaian kemampuan siswa sebesar 31% (kurang). Pada siklus I pertemuan kedua capian kemampuan siswa sebesar 41%. Pada siklus II pertemuan pertama persentase siswa sebesar 61% (cukup) dan Pada siklus II pertemuan kedua persentase siswa kemampuan siswa sebesar 88% (sangat baik). Dengan adanya kegiatan pembelajaran mengenal dan membaca huruf hijaiyah bersambung dan berharokat dengan menggunakan media flash card dapat meningkatkan kemampuan peserta didik
References
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Bastian, A., & Suharni, S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media gambar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1303-1311.
Habibah, U., & Huda, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Flash Card Pada Peserta Didik Kelas 1 Mi Assyafiiyah Desa Pener Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Prosina Ppg: Prosiding Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1, 608-620.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Muchsin, Dasar-Dasar Membaca Al-Qur’an, Jakarta: offset
Nurjaman, A. R. (2020). Pendidikan Agama Islam. Bumi Aksara.
Nurfadillah, S. ., & Juli Maini , J. M. . (2023). Penggunaan Media Flash Card Hijaiyah Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SMP Pab 5 Patumbak. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 22-30. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/3
Pasaribu, M., & Mukhrimah, N. A. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah. Journal on Teacher Education, 4(2), 1190-1200.
Purwanti, D., Perdana, P. R., & Habudin, H. (2024). Penggunaan Flashcard Isyarat Hijaiyah dalam Membaca Al-Quran bagi Siswa Tunarungu Jenjang Sekolah Dasar Luar Biasa. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 3(2), 47-60.
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Sudiraharja, D. (2018). Pengembangan Media Flash Card Bagi Peserta Didik Disleksia Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Di Smp Negeri Satu Satap Bungbulang Garut (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA).
Sujadi, D. (2007).Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Zakiah Daradjat, dkk. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta;Bumi aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Soraya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.