Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Abdullah Nashih Ulwan
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.954Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaram agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Adapun tujuan penelitiannya meliputi 1). Untuk Mengetahui Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Para Ahli, 2). Untuk Mengetahui Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi baik berupa dokumen tertulis maupun terekam dan Teknik telaah. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan Teknik pengecekan keabsahan data melalui metode analisis isi. Hasil penelitian 1). Pendidikan anak dalam keluarga merupakan pendidikan mencakup proses transformasi perilaku dan sikap di dalam unit sosial terkecil di masyarakat. 2). Pentingnya pendidikan berbasis nilai Islam dalam keluarga, dengan berbagai metode seperti keteladanan, pembiasaan, nasihat, perhatian, dan hukuman yang bersifat mendidik. Pendidikan dalam keluarga berperan besar dalam membentuk karakter anak.
References
Al-Qur’an Al-Karim
Arna Yanti Maya Sari, “Konsep Pendidikan Anak Shaleh Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dan Relevansinya Pada Pendidikan Anak”, Jurnal Pendidikan Tematik, No. 3, Desember 2020
Depdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2003
Farhan AA, Ali Said, dan Burhanuddin Ridlwan, “Konsep Pendidikan Akhlak Rasulullah Dalam Kitab Maulid Ad-Diba’i Serta Korelasinya Dalam Pendidikan Islam”, Jurnal El Islam, 2024
Ghony, M. Djunaidi, Fauzan Almanshur, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016
Haryanti, Dwi, Romli, “Pendidikan Islam Dalam Keluarga Perspektif Abdullah Nashih Ulwan”, Jurnal EDUGAMA, No. 2, Desember 2021
Hidayat, Rahmat, Abdillah, Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya, Medan: LPPPI, 2019
Ki Hajar Dewantar, Bagian Pertama Pendidikan, Yogyakarta: Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1977
Ki Hajar Dewantara, Pemikiran dan Perjuangannya, Jakarta : Museum Kebangkitan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
Rachman, M. Fauzi, “Islamic Teen Parenting”, Jakarta: Erlangga, 2014
Sutadjo, A. , Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan dan Implikasinya pada Pendidikan Nasional,` Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Trieiyanto, Teguh, Pengantar pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2014
Ulfiah, Psikologi Keluarga, Bandung: Ghalia Indonesia, 2016
Ulwan, Abdullah Nashih, Pendidikan Anak Dalam Islam, Solo: Insan Kamil, 2012
Waruwu, Marinu, “Pendekatan penelitian pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method)”, Jurnal Pendidikan Tambusai, No. 1, 2023
Yanty Siregar, Yulia Elfrida, dkk. “Peran Guru dan Orang Tua Pada Minat Belajar Dalam Kemampuan Membaca Siswa Di SD Negeri Sukasejati 01”, Journal Pedia, No. 3, September 2024
Zed, Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia , 2008
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Hamidatu Hikmah, Ali Said

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.