Transformasi Literasi Digital Menuju Literasi Global di Era Tanpa Batas: Perspektif Dunia Remaja
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.928Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah mengubah cara remaja mengakses, memahami, dan berinteraksi dengan informasi tanpa batas, menghapus hambatan dalam dunia global melalui benda di genggaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana literasi digital menjadi kebutuhan esensial untuk membekali remaja dengan keterampilan berpikir secara kritis hingga mereka bisa memilah yang baik dan buruk, terhindar dari ruang gema (echo chamber) yang mengakibatkan kesempitan wawasan di tengah gempuran teknologi digital. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi pustaka, data penelitian ini dihimpun dari berbagai sumber sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital penting untuk membantu remaja mengakses dan menyaring informasi dengan bijak di dunia maya yang semakin berkembang pesat. Selain itu, literasi digital menjadi batu loncatan menuju literasi global, memungkinkan remaja berkontribusi dalam isu-isu internasional melalui kolaborasi lintas budaya, dengan dukungan lingkungan pembelajara yang berkualitas, remaja dapat tumbuh menjadi individu yang tidak hanya melek teknologi, tetapi juga bijak, bertanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan global secara aktif dan inklusif.
References
Anggraeni, H. (2020). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190-203.
Astuti, S. (2021). Strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 3 Metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183.
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.
Judijanto, L., Setiawan, Z., Wiliyanti, V., Gunawan, P. W., Suryawan, I. G. T., Mardiana, S., ... & Joni, I. D. M. A. B. (2024). Literasi Digital di Era Society 5.0: Panduan Cerdas Menghadapi Transformasi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2024). Materi Pendukung Literasi Digital. Repositori Kemdikbud. Diakses pada 27 Januari 2025 dari https://repositori.kemdikbud.go.id/11635/1/cover-materi-pendukung-literasi-digital-gabung.pdf
Muhasim, M. (2017). Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53-77.
Pendidikan Digital. (2025). Teknologi Digital adalah? Pengertian dan Contohnya. Diakses pada 27 Januari 2025 dari https://www.pendidikandigital.com/teknologi-digital-adalah
Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., ... & Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
SlickText. (2023). 30+ average screen time statistics for 2024. SlickText. Diakses pada 27 Januari 2025 dari https://www.slicktext.com/blog/2023/01/30-key-screen-time-statistics-for- 2022-2023/
Suyanto, Slamet, dkk. (2025) Instrumen Pengukuran Literasi Global. Biologi Merdeka, Diakses pada 27 Januari 2025 dari https://biologimerdeka.com/instrumen-pengukuran-literasi-global/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Allisa Tazkia Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.