Optimalisasi Kinerja Lembaga Pendidikan Islam: Evaluasi Diri Madrasah Review Hasil dan Penerapan Instrumen EDM dalam Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Muhammad Rizki Dwi Kurniawan UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Rafidah Arif UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhamad Nur Iksan UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ryan Maulana Ramadhan UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mardiyah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.926

Abstract

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan salah satu instrumen penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah dengan cara menilai ketercapaian delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). EDM dirancang untuk mendorong madrasah secara aktif mengevaluasi kinerja kelembagaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji definisi, tujuan, manfaat, prinsip, prosedur, dan indikator prioritas EDM serta keterkaitannya dengan SNP. Dokumen yang penulis review merupakan dokemen dari Evaluasi Diri Madrasah di salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kendal, tepatnya di MTs NU 15 Jurangagung Plantungan Kab. Kendal. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber terpercaya seperti regulasi pemerintah, jurnal ilmiah, dan dokumen pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EDM membantu madrasah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal, merumuskan rencana pengembangan berbasis data, serta meningkatkan akuntabilitas dan transparansi institusi. Selain itu, penerapan EDM berbasis aplikasi e-RKAM turut mempermudah pengelolaan data, penganggaran berbasis kinerja, dan pengambilan keputusan strategis. Dengan demikian, EDM tidak hanya menjadi alat evaluasi, tetapi juga sebagai strategi penting dalam menciptakan madrasah yang unggul, adaptif, dan berdaya saing tinggi di era modern.

References

Ali Ramdhani, M. (2020). Pedoman Umum Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah. Madrasah Reform.Edm_MTs_NU_15.pdf. (t.t.).

Handika, H. (2023). Implementasi Edm Dan E-Rkam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Mi Terpadu Al Husna Klaten. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 21–29. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v13i1.3381

Hardianto, D., Nurlaeli, A., & Suryana, S. (2023). Implementasi Evaluasi Diri Madrasah Berbasis Aplikasi E-Rkam Dalam Meningkatkan Mutu Di Ma Fathanul Burhan Tempuran Karawang. 6.

Hartono, T. (T.T.). Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah (Edm) Di Mi Muhammadiyah Karan Karanganyar. 9(2).

Istiqomah, N., Bedi, F., & Fauzan, A. (2024). Implementasi Evaluasi Diri Madrasah Berbasis Aplikasi E-Rkam Dalam Meningkatkan Mutu Di Mts Al Khairiyah Kaliawi Kota Bandar Lampung. 10.

Khatimah, N. H., Damopolii, M., & Hasan, M. (2024). Impelemtasi Edm Dan E-Rkam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Mis Terpadu Insan Cendekia Makassar. 7.

Mahfud, M., & Rudianto, R. (2023). Pendampingan Kegiatan EDM Dan ERKAM Madrasah Di Kecamatan Sangkapura. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i3.87

Muhtasar, M., Fahrurrozi, F., & Hakim, L. (2023). Manajemen Evaluasi Diri dalam Menyusun Anggaran Menggunakan Aplikasi EDM e-RKAM pada Madrasah Sasaran Proyek (REP-MEQR). MANAZHIM, 5(1), 400–416. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2967

MUSTAFA. (2022). Evaluasi Diri Madrasah (Edm) Pada Madrasah Aliyah Nahdatut Thulab Talang Babat Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Rahmat, D., & Rifai, A. A. (t.t.). Evaluasi Diri Madrasah dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan.

Safrodin, S., Chotimah, C., & Junaris, I. (2024a). Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Diri Madrasah sebagai Sistem Informasi Eksekutif dalam Pengambilan Keputusan Strategis di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhtaduun. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1297–1306. https://doi.org/10.54082/jupin.498

Safrodin, S., Chotimah, C., & Junaris, I. (2024b). Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Diri Madrasah sebagai Sistem Informasi Eksekutif dalam Pengambilan Keputusan Strategis di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhtaduun. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1297–1306. https://doi.org/10.54082/jupin.498

Sa’Idu, N. (2021). Implementasi Aplikasi Edm Dan E-Rkam Dengan Menggunakan Aplikasi G-Suite For Education Pada Madrasah Sasaran Proyek Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (Rep-Meqr) Ibrd Loan Number: 8992-Id Th.2020-2024. Strategy : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(2), 193–199. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.598

TESIS -REVISI-UJIAN AKHIR.pdf. (t.t.). Diambil dari https://repository.unja.ac.id/33737/1/TESIS%20-REVISI-UJIAN%20AKHIR.pdf

Tim TPM. (2018). Evaluasi Diri Madrasah (Edm) Mts Nu 15 Jurangagung.

Topik-5-Pedoman-Pelaksanaan-EDM_Sinau-Thewe_com.pdf. (t.t.).

Tyas, F. N., & Nurhikmahyanti, D. (t.t.). Penerapan Program Evaluasi Diri Sekolah (Eds) (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Gresik).

Wulandari, A. E. (2022). Implementasi Evaluasi Diri Madrasah Sebagai Modal Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Madrasah. Journal of Islamic Education Leadership, 2(2), 114–128. https://doi.org/10.30984/jmpi.v2i2.384

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Muhammad Rizki Dwi Kurniawan, Rafidah Arif, Muhamad Nur Iksan, Ryan Maulana Ramadhan, & Mardiyah. (2025). Optimalisasi Kinerja Lembaga Pendidikan Islam: Evaluasi Diri Madrasah Review Hasil dan Penerapan Instrumen EDM dalam Lembaga Pendidikan Islam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 186–205. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.926

Issue

Section

Articles