Peran Pendidikan Islam dalam Mengatasi Stres karena Tekanan Akademik Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia

Authors

  • Alivia Alviasari Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung
  • Nabilla Hapsari Putri Fauzi Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung
  • Muhammad Aldi Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung
  • Myisha Azlia Nafhatus Sofa Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung
  • Najma Silma Nayara Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung
  • Sofa Nabila Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung
  • Edi Suresman Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab stres akademik di kalangan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan menganalisis peran pendidikan Islam dalam membantu mahasiswa mengatasi tekanan akademik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara terstruktur dan analisis studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres akademik disebabkan oleh beban tugas yang tinggi, ekspektasi dari diri sendiri dan lingkungan, kesulitan manajemen waktu, serta lingkungan belajar yang kurang mendukung. Pendidikan Islam berperan penting dalam mengelola stres melalui nilai-nilai seperti tawakal, sabar, dan syukur, serta praktik ibadah seperti sholat dan dzikir yang memberikan ketenangan batin. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa dapat meningkatkan kesejahteraan mental dan membantu mereka menghadapi tantangan akademik. Oleh karena itu, penting bagi universitas untuk memperkuat peran pendidikan Islam dalam mendukung kesehatan mental mahasiswa, termasuk dengan menambah materi manajemen stres dalam kurikulum dan menyediakan fasilitas ibadah yang memadai.

References

Agustin, M., & Hidayah, U. (2024). Optimalisasi Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mental Serta Mengurangi Burnout di Kalangan Pelajar. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(2), 198-212.

Bunyamin, A. (2021). Mengelola stres dengan pendekatan Islami dan psikologis. Jurnal Idaarah, 5(1), 145-158

Fajrussalam, H., Hasanah, I. A., Asri, N. O. A., & Anaureta, N. A. (2022). Peran Agama Islam dalam Pengaruh Kesehatan Mental Mahasiswa. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5 (1), 22.

Hisny, F., Hasanah, I. A., Asri, N. O. A., & Anaureta, N. A. (2022). Peran agama Islam dalam pengaruh kesehatan mental mahasiswa. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 22-36.

Maulida, R., Faridah, E., & Surya, E. (2024). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 15(2), 199-210.

Nisak, L. K., & Nurdin, A. (2024). Nilai Persahabatan Sebagai Pesan Dakwah: Studi Pada Film Hangout Karya Raditya Dika. Journal of Islamic Communication Studies, 2(2), 56-77.

Nurkholiq, A., & Maryati, N. (2024). Transformasi emosi melalui dzikir dan shalat dalam konteks pendidikan Islam: Studi kualitatif tentang penanganan stres dan kecemasan. ASATIDZUNA – Jurnal PGMI, 4(2), 205-208.

Pratama, S., & Alamsyah, A. (2022). Pengaruh Guru Pendidikan Islam dalam Membangun Kesehatan Mental Belajar Siswa. JBKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 1(02), 22-30.

Purba, D. J. (2025). Pendidikan Agama Islam Sebagai Bentuk Penguatan Mental Siswa. Komprehensif, 3(1), 129-138.

Rohmah, N. R., & Mahrus, M. (2024). Mengidentifikasi Faktor-faktor Penyebab Stres Akademik pada Mahasiswa dan Strategi Pengelolaannya. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 5(1), 36-43.

Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020). Hubungan self-efficacy dan stres akademik mahasiswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91-95.

Situmeang, E. S. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kesehatan Mental Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(3), 393-400.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23.

Syarifah, D. H., Firdaus, H., Kiram, S., & Zurur, I. (2024). Peran Spiritualis dalam Pendidikan untuk Mengatasi Tekanan Akdemik bagi Mahasiswa. Istifkar, 4(2), 158-173.

Yusuf, M., & Haddade, H. (2024). Al-Sabr dalam Al-Qur'an sebagai Pilar Pendidikan Karakter. Jurnal Tafsere, 12(2), 141-154.

Wahidah, E. Y., & Barokah, B. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Stres Akademik Siswa SMA Muhammadiyah Banyuresmi. Masagi, 3(1), 188-199.

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Alivia Alviasari, Nabilla Hapsari Putri Fauzi, Aldi, M., Sofa, M. A. N., Nayara, N. S., Nabila, S., & Suresman, E. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Mengatasi Stres karena Tekanan Akademik Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 271–278. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.923

Issue

Section

Articles