Pendidikan Islam: Membina Perdamaian Dan Toleransi Dalam Masyarakat Multikultural di Malaysia Dan Indonesia

Authors

  • M.Saifuddin Al-Huda Program Doktor Universitas Wahid Hasyim Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.892

Abstract

Masyarakat Indonesia dan Malaysia adalah masyarakat majemuk sehingga ideology multikulturalisme pun terus berkembang dikedua negara ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pendidikan islam dalam masyarakat multikultural di malaysia dan indonesia. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diamana seluruh data diambil melalui buku dan artikel ilmiah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa keberagaman etnis, agama, bahasa, dan budaya di Indonesia dan Malaysia telah menyebabkan ketegangan sosial yang berakar sejak era kolonial, dipicu oleh faktor ekonomi, politik, dan etnosentrisme. Pentingnya pendidikan multikultural, khususnya Pendidikan Islam berbasis budaya yang nantinya dapat berimplikasi dalam mengatasi ketegangan sosial yang disebabkan oleh keberagaman etnis, agama, bahasa, dan budaya di Indonesia dan Malaysia. Pendidikan ini dapat menjadi alat untuk membina perdamaian, toleransi, dan saling menghargai antar kelompok, serta mendorong penyelesaian konflik secara damai. Kerjasama pendidikan antara kedua negara, seperti pertukaran pelajar dan guru serta akses pendidikan untuk anak-anak TKI, yang akan mempererat hubungan antar negara dan membangun masyarakat yang harmonis.

References

Abdullah, M. Amin, 2017, Teologi dan Filsafat dalam Perspektif Ilmu dan Budaya, dalam Mukti Ali dkk., Agama dan Pergaulan Masyarakat Dunia, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana

Achmadi. 2012. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media dengan IAIN Walisongo Prsess

Adnan, 2013, Islam sosialis: Pemikiran Sistem Ekonomi Sosialis Religius, Syafruddin Prawironegoro, Yogyakarta: Menara Kudus

Aini, Fithratul, Amimma Nurti Lusdiana, , 2018., Budaya Dan Konflik Mahapeserta didik Malaysia Di Indonesia, E-Journal Internal UIN Sumatera Utara, Vol 3, no 4

Ali, Mohammad, Serangan Berdarah di Gereja St Lidwina Sleman Setahun Lalu, https://www.liputan6.com/

Arzfia, Bima Prakarsa, Jamaris Jamna, Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi IPAS di Sekolah Dasar, Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 101, 39-49. https://doi.org/10.46963/mpgmi/v10i1.1639

Asrin, dan Sudirman, 2022, Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai Dan Keunggulan, Lombok: CV Elhikam Press Lombok:

Asyaah, Mustofa Muhammad, 2010, Islam Tidak Bermadzhab, Jogjakarta: Gema Insani Press

Bagir, Zainal Abidin, dkk, 2016, Pluralisme Kweargaan: Arah Baru Politik Kewargaan di Indonesia. Jogjakarta: Mizan & CRCS.

Baharuddin, A., 2021, Kerjasama Indonesia-Malaysia dalam Peningkatan Taraf Pendidikan Anak TKI di Negeri Sabah. Hasanuddin Journal of International Affairs, 1(2), 193-216.

Buaq, Desiana And Lorensius, 2022, Internalization of Pancasila Values in Catholic Schools: Efforts to Strengthen National Commitment, EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, Vol. 1, No. 1

Budiman, Hikmat, 2012, Mendiskusikan Kembali Furnival: Satu Lagi Cerita dari Bagansiapiapi. Ed. Hikmat Budiman, Jakarta: The Interseksi Foundation (Yayasan Interseksi)

Busthomi, Yazidul, 2020, Sepuluh Faktor Agar Menjadi Guru yang Dicintai oleh Peserta didiknya, Dirasah Volume 3, Number 1, Februari

Dawam, Ainurrafiq, 2018, Emoh Sekolah“ Menolak komersialisasi pendidikan dan Kanibalisme Intelektual menuju Pendidikan Multikultural”, Yogyakarta: Inspeal Prees

Embong, Abdur Rahman, 2017. Budaya dan Praktek Pluralisme di Malaysia Pasca Kolonial. Ed. Robert W. Hefner. Jogjakarta: Kanisius

Firdaus , Faishal Yasin & Dian Kurnia Anggreta, 2015, Penanaman Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pendidikan Untuk Menyiasati Masalah Multikultur Di Indonesia& Malaysia, ASEAN Comparative Education Research Network Conference 2015 7-8 Oktober

Firdaus , Faishal Yasin & Dian Kurnia Anggreta, 2015, Penanaman Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pendidikan Untuk Menyiasati Masalah Multikultur Di Indonesia& Malaysia, ASEAN Comparative Education Research Network Conference 2015 7-8 Oktober

Fitriani, E., 2012, Evolusi Hubungan Indonesia-Malaysia, In E. Fitriani, Hubungan Indonesia-Malaysia dalam perspektif sosial, budaya, negara, dan media: Kasus perbatasan dan pekerja migran (pp. 11-66). Jakarta: UI- -Press.

Freire, Paulo, 2014, Politik Pendidikan Kebudayaan, Kekuasaan Dan Pembebasan, Yogyakarta: Read

Ghazali, Adeng Muchtar, 2014, Agama dan Keberagamaan dalam Konteks Perbandingan Agama, Bandung: Pustaka Pelajar

Ghazali, Adeng Muchtar, 2015, Pemikiran Islam Kenteporer Suatu Refleksi Keagamaan yang Dianalogis, Bandung: Pustaka Setia

Hadziq, Abdullah, 2012, Meta Kecerdasan & Kesadaran Multikultural Kajian Pemikiran Psikologi Sufistik Al-Ghazali, Semarang: t.p.

Hadziq, Abdullah, 2015, Rekonsiliasi Psikologi Sufistik dan Humanistik, Semarang: RaSAIL

Hefner, Robert W., 2017, Politik Multikulturalisme; Menggugat Realitas Kebangsaan, Jogjakarta: Kanisius

https://www.kompas.id/baca/nusantara/ aniaya-gurunya-dengan-sabit-peserta didik-madrasah-aliyah-di-demak

Husain, Machnum, 2014, Islam dan Pembaharuan, Jakarta: CV Rajawali

Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.

Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.

Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100

Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.

Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.

Junaidi, (Firdaus , Yasin & Anggreta, 2015), Pandangan Editor Surat Kabar Indonesia dan Malaysia terhadap Jurnalisme Multikultural, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 8, Nomor 2, Mei - Agustus

Klinken, Gerry Van, 2017, Perang Kota Kecil: Kekerasan Komunal dan Demokratisasi di Indonesia, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Langgulung, Hasan, 2016, Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, Jakarta: Pustaka al-Husna

Ma’arif, Syamsul, 2015, Pendidikan Pluralisme di Indonesia, Jogjakarta: Logung Pustaka

Madjid, Nur Cholis, 2018, Islam Agama Kemanusiaan Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia, Jakarta: Paramadina

Madjid, Nurcholis, 2014, Islam Kerakyatan dan Keindonesiaan Pemikiran Nurcholis Muda, Mizan, Bandung

Malihah, Elly, 2017, Membangun Kesepahaman Budaya Indonesia Dan Malaysia Menuju Masyarakat Berwawasan Global, E-Journal Internal UPI, Vol 1, No 2

Mas’at, t.th, Sikap Manusia: Perubahan serta Pengukurannya, Jakarta: Ghalia Indonesia

Mas’ud, Abdurahman. 2015. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik ; Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gama Media

Moslow, Abraham, t.th, Psikologi Humanistic, terj. A. Sipratinya, Yogyakarta: Kanisius

Muhammad AR, 2018, Pendidikan di alaf baru “ Rekonstruksi atas moralitas pendidikan” Jogyakarta: Prismashophie

Mulkhan, Abdul Munir, 2017, Nalar Spiritual Pendidikan Islam Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya

Nashari, Fuad dan Rachmy Diana Mucharam, 2012, Mengembangkan Kreatifitas dalam Persepektif psikologi Islam, Yogyakarta: Menara Kudus

Nasr, Seyyed Hossein, 2013, Pesan-Pesan Universal Islam untuk Kemanusiaan, terj. Nurasiah Faqih Sultan Harahab, Bandung: Mizan

Nurdin, Muhammad, 2014, Kiat menjadi Guru Profesional, Yogyakarta: Prismasophie

Rahmat, Jalaludin, t.th, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sabaruddin, 2020, Sekolah dengan konsep pendidikan humanis, Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 20. No. 2.. pp.147-162 doi: 10.21831/hum.v20i2. 29306

Sabiq, Sayid, 2019, Aqidah Islam: Ilmu Tauhid, Bandung: CV. Diponegoro

Setiawan, Aji, Hapus Kekerasan di Sekolah Melalui Pendidikan Humanis, https://mahapeserta didikindonesia.id/hapus-kekerasan-di-sekolah-melalui-pendidikan-humanis

Suradinata, Ermaya, 2018, Membangun Daerah menuju Indonesia, Yogyakarta: LKI0053

Tilaar, H.A.R., 2015, Paradigma Baru Prndidikan Nasional, Jakarta: Rieneka Cipta

Tilaar, H.A.R., 2017, Kekuasaan dan pendidikan “Suatu tinjauan dari perspektif studi kultural Magelang: Indonesiatera

Umam, Choerul dan Ferianto, Model Pendekatan Humanistik Dalam Pengelolaan Kelas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Palumbonsari 1, ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi PAI, Kerawang 2023

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

M.Saifuddin Al-Huda. (2025). Pendidikan Islam: Membina Perdamaian Dan Toleransi Dalam Masyarakat Multikultural di Malaysia Dan Indonesia. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 67–90. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.892

Issue

Section

Articles