Pendidikan Islam: Membina Perdamaian Dan Toleransi Dalam Masyarakat Multikultural di Malaysia Dan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.892Abstract
Masyarakat Indonesia dan Malaysia adalah masyarakat majemuk sehingga ideology multikulturalisme pun terus berkembang dikedua negara ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pendidikan islam dalam masyarakat multikultural di malaysia dan indonesia. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diamana seluruh data diambil melalui buku dan artikel ilmiah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa keberagaman etnis, agama, bahasa, dan budaya di Indonesia dan Malaysia telah menyebabkan ketegangan sosial yang berakar sejak era kolonial, dipicu oleh faktor ekonomi, politik, dan etnosentrisme. Pentingnya pendidikan multikultural, khususnya Pendidikan Islam berbasis budaya yang nantinya dapat berimplikasi dalam mengatasi ketegangan sosial yang disebabkan oleh keberagaman etnis, agama, bahasa, dan budaya di Indonesia dan Malaysia. Pendidikan ini dapat menjadi alat untuk membina perdamaian, toleransi, dan saling menghargai antar kelompok, serta mendorong penyelesaian konflik secara damai. Kerjasama pendidikan antara kedua negara, seperti pertukaran pelajar dan guru serta akses pendidikan untuk anak-anak TKI, yang akan mempererat hubungan antar negara dan membangun masyarakat yang harmonis.
References
Abdullah, M. Amin, 2017, Teologi dan Filsafat dalam Perspektif Ilmu dan Budaya, dalam Mukti Ali dkk., Agama dan Pergaulan Masyarakat Dunia, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana
Achmadi. 2012. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media dengan IAIN Walisongo Prsess
Adnan, 2013, Islam sosialis: Pemikiran Sistem Ekonomi Sosialis Religius, Syafruddin Prawironegoro, Yogyakarta: Menara Kudus
Aini, Fithratul, Amimma Nurti Lusdiana, , 2018., Budaya Dan Konflik Mahapeserta didik Malaysia Di Indonesia, E-Journal Internal UIN Sumatera Utara, Vol 3, no 4
Ali, Mohammad, Serangan Berdarah di Gereja St Lidwina Sleman Setahun Lalu, https://www.liputan6.com/
Arzfia, Bima Prakarsa, Jamaris Jamna, Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi IPAS di Sekolah Dasar, Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 101, 39-49. https://doi.org/10.46963/mpgmi/v10i1.1639
Asrin, dan Sudirman, 2022, Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai Dan Keunggulan, Lombok: CV Elhikam Press Lombok:
Asyaah, Mustofa Muhammad, 2010, Islam Tidak Bermadzhab, Jogjakarta: Gema Insani Press
Bagir, Zainal Abidin, dkk, 2016, Pluralisme Kweargaan: Arah Baru Politik Kewargaan di Indonesia. Jogjakarta: Mizan & CRCS.
Baharuddin, A., 2021, Kerjasama Indonesia-Malaysia dalam Peningkatan Taraf Pendidikan Anak TKI di Negeri Sabah. Hasanuddin Journal of International Affairs, 1(2), 193-216.
Buaq, Desiana And Lorensius, 2022, Internalization of Pancasila Values in Catholic Schools: Efforts to Strengthen National Commitment, EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, Vol. 1, No. 1
Budiman, Hikmat, 2012, Mendiskusikan Kembali Furnival: Satu Lagi Cerita dari Bagansiapiapi. Ed. Hikmat Budiman, Jakarta: The Interseksi Foundation (Yayasan Interseksi)
Busthomi, Yazidul, 2020, Sepuluh Faktor Agar Menjadi Guru yang Dicintai oleh Peserta didiknya, Dirasah Volume 3, Number 1, Februari
Dawam, Ainurrafiq, 2018, Emoh Sekolah“ Menolak komersialisasi pendidikan dan Kanibalisme Intelektual menuju Pendidikan Multikultural”, Yogyakarta: Inspeal Prees
Embong, Abdur Rahman, 2017. Budaya dan Praktek Pluralisme di Malaysia Pasca Kolonial. Ed. Robert W. Hefner. Jogjakarta: Kanisius
Firdaus , Faishal Yasin & Dian Kurnia Anggreta, 2015, Penanaman Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pendidikan Untuk Menyiasati Masalah Multikultur Di Indonesia& Malaysia, ASEAN Comparative Education Research Network Conference 2015 7-8 Oktober
Firdaus , Faishal Yasin & Dian Kurnia Anggreta, 2015, Penanaman Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pendidikan Untuk Menyiasati Masalah Multikultur Di Indonesia& Malaysia, ASEAN Comparative Education Research Network Conference 2015 7-8 Oktober
Fitriani, E., 2012, Evolusi Hubungan Indonesia-Malaysia, In E. Fitriani, Hubungan Indonesia-Malaysia dalam perspektif sosial, budaya, negara, dan media: Kasus perbatasan dan pekerja migran (pp. 11-66). Jakarta: UI- -Press.
Freire, Paulo, 2014, Politik Pendidikan Kebudayaan, Kekuasaan Dan Pembebasan, Yogyakarta: Read
Ghazali, Adeng Muchtar, 2014, Agama dan Keberagamaan dalam Konteks Perbandingan Agama, Bandung: Pustaka Pelajar
Ghazali, Adeng Muchtar, 2015, Pemikiran Islam Kenteporer Suatu Refleksi Keagamaan yang Dianalogis, Bandung: Pustaka Setia
Hadziq, Abdullah, 2012, Meta Kecerdasan & Kesadaran Multikultural Kajian Pemikiran Psikologi Sufistik Al-Ghazali, Semarang: t.p.
Hadziq, Abdullah, 2015, Rekonsiliasi Psikologi Sufistik dan Humanistik, Semarang: RaSAIL
Hefner, Robert W., 2017, Politik Multikulturalisme; Menggugat Realitas Kebangsaan, Jogjakarta: Kanisius
https://www.kompas.id/baca/nusantara/ aniaya-gurunya-dengan-sabit-peserta didik-madrasah-aliyah-di-demak
Husain, Machnum, 2014, Islam dan Pembaharuan, Jakarta: CV Rajawali
Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.
Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100
Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.
Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.
Junaidi, (Firdaus , Yasin & Anggreta, 2015), Pandangan Editor Surat Kabar Indonesia dan Malaysia terhadap Jurnalisme Multikultural, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 8, Nomor 2, Mei - Agustus
Klinken, Gerry Van, 2017, Perang Kota Kecil: Kekerasan Komunal dan Demokratisasi di Indonesia, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Langgulung, Hasan, 2016, Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, Jakarta: Pustaka al-Husna
Ma’arif, Syamsul, 2015, Pendidikan Pluralisme di Indonesia, Jogjakarta: Logung Pustaka
Madjid, Nur Cholis, 2018, Islam Agama Kemanusiaan Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia, Jakarta: Paramadina
Madjid, Nurcholis, 2014, Islam Kerakyatan dan Keindonesiaan Pemikiran Nurcholis Muda, Mizan, Bandung
Malihah, Elly, 2017, Membangun Kesepahaman Budaya Indonesia Dan Malaysia Menuju Masyarakat Berwawasan Global, E-Journal Internal UPI, Vol 1, No 2
Mas’at, t.th, Sikap Manusia: Perubahan serta Pengukurannya, Jakarta: Ghalia Indonesia
Mas’ud, Abdurahman. 2015. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik ; Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gama Media
Moslow, Abraham, t.th, Psikologi Humanistic, terj. A. Sipratinya, Yogyakarta: Kanisius
Muhammad AR, 2018, Pendidikan di alaf baru “ Rekonstruksi atas moralitas pendidikan” Jogyakarta: Prismashophie
Mulkhan, Abdul Munir, 2017, Nalar Spiritual Pendidikan Islam Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya
Nashari, Fuad dan Rachmy Diana Mucharam, 2012, Mengembangkan Kreatifitas dalam Persepektif psikologi Islam, Yogyakarta: Menara Kudus
Nasr, Seyyed Hossein, 2013, Pesan-Pesan Universal Islam untuk Kemanusiaan, terj. Nurasiah Faqih Sultan Harahab, Bandung: Mizan
Nurdin, Muhammad, 2014, Kiat menjadi Guru Profesional, Yogyakarta: Prismasophie
Rahmat, Jalaludin, t.th, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya
Sabaruddin, 2020, Sekolah dengan konsep pendidikan humanis, Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 20. No. 2.. pp.147-162 doi: 10.21831/hum.v20i2. 29306
Sabiq, Sayid, 2019, Aqidah Islam: Ilmu Tauhid, Bandung: CV. Diponegoro
Setiawan, Aji, Hapus Kekerasan di Sekolah Melalui Pendidikan Humanis, https://mahapeserta didikindonesia.id/hapus-kekerasan-di-sekolah-melalui-pendidikan-humanis
Suradinata, Ermaya, 2018, Membangun Daerah menuju Indonesia, Yogyakarta: LKI0053
Tilaar, H.A.R., 2015, Paradigma Baru Prndidikan Nasional, Jakarta: Rieneka Cipta
Tilaar, H.A.R., 2017, Kekuasaan dan pendidikan “Suatu tinjauan dari perspektif studi kultural Magelang: Indonesiatera
Umam, Choerul dan Ferianto, Model Pendekatan Humanistik Dalam Pengelolaan Kelas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Palumbonsari 1, ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi PAI, Kerawang 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M.Saifuddin Al-Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.