Modernisasi Pendidikan Perspektif Azyumardi Azra Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.884Abstract
Modernisasi pendidikan Islam menjadi topik penting dalam menjawab tantangan zaman, terutama dalam menghadapi pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Azyumardi Azra mengenai konsep modernisasi dalam pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deduktif dan induktif, yang mengkaji dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, tanpa sepenuhnya mengesampingkan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam masih tertinggal dibandingkan dengan sistem pendidikan lainnya, terutama dalam aspek profesionalitas pendidik, kompetensi bersaing, serta perilaku peserta didik yang terkadang bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Selain itu, pendidikan Islam masih menghadapi tantangan dalam merespons perkembangan zaman secara efektif. Gagasan modernisasi Azyumardi Azra menawarkan solusi dengan menekankan integrasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai Islam, peningkatan kualitas tenaga pendidik, serta penguatan daya saing institusi pendidikan Islam di era global. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya reformasi pendidikan Islam agar lebih adaptif terhadap perubahan zaman tanpa kehilangan nilai-nilai fundamentalnya.
References
A A Steenbrink, K. (1994). Recente Ontwikkelingen in Indonesisch Islamonderricht, Terj. oleh Karel A. Steenbrink dan Abdurrahman, Pesantren, Madrasah, Sekolah, Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Abuddin, N. (2010). Sejarah Pendidikan Islam; pada periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ali, M. D. (1995). Lembaga-Lemabaga Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azra, A. (1998). Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Azra, A. (1999). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Ciputat: Logos wacana Ilmu.
Azra, A. (2006). Paradigma baru pendidikan nasional: rekonstruksi dan demokratisasi. Jakarta: Buku Kompas.
Azra, A. Azra, A. (2012). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.
Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Barus, M. I. (2017). Modernisasi Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra. Jurnal Al-Karim, Pendidikan, Psikologi dan Studi Islam.
Burhanuddin, J. (2012). Ulama dan Kekuasaan: Pergumulan Elit Muslim dalam Sejarah Indonesia. Bandung: Mizan.
Cinyong, J. (2009). Islamic Education In Southearn Thailand: Negotiating Islam, Identity and Modernity dalam Robert W. Hefner. Honululu: University Of Hawai Press.
Daulay, H. P. (2009). Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Dhofir, Z. (1994). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
El Iqbali, M. M., & Susilowati. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Fadhillah, M. (2017). Aliran Progersivisme dlam Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Hasan, N. (2008). The Salafi Madrasa of Indonesia , dalam Farish A. Noor (eds), The Madrasa In Asia: Political Activism and Transnational Linkages. Amsterdam: Amsterdam University Press.
Hasbullah. (1999). Kapita Selecta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nasution, H. (1996). Pembaharuan Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.
Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100
Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.
Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.
Pratama, I. P. (2019). Reformasi Pendidikan Islam Di Indonsesia. Jurnal PAI Raden Fatah.
Ramayulis, (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Saefudin, A. (1995). Desekularisasi Pemikiran Landasan Islami. Bandung: Mizan. Samsudin. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Di Era Disrupsi. Journal of Chemical Information and Modeling.
Sanaky, H. A. (2003). Paradigma Pendidikan Islam; Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Sholeh. (2017). Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Konsep Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Syed Naquib Al-Attas. Jurnal Al-Hikmah.
Sudjana, N. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Zuhriansah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.