Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.879Abstract
Pendidikan yang berkualitas sangat bergantung pada pemilihan model pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri Gebangsari 2. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental, melibatkan pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model TGT, rata-rata skor pretest siswa adalah 27.50, yang tergolong rendah. Setelah penerapan model TGT, rata-rata skor posttest meningkat menjadi 66.25, menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman materi. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0.012, yang menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Selain itu, rata-rata N-Gain sebesar 0.65 mengindikasikan bahwa model TGT cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, di mana siswa aktif berdiskusi dan saling membantu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar, serta memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran yang lebih relevan di dunia pendidikan saat ini.
References
Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JIPMat, 5(1), 36–48. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5478
Fajri, P., Putri, D., Wulan, T., Azizah, A., Tri, S., & Lilis, W. (2024). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournament ( TGT ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pancasila Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 784–793.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.
Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100
Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.
Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.
Labbaika, W. (2024). Pengaruh Inovasi Pendidikan Melalui peningkatan Profesional Pendidik Dalam pendidikan profesi guru. Cendekia Pendidikan, 3(6), 101–112.
Laily, A. N., Indriani, A., & Mayasari, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 27–36. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.4078
Meidawati, S. A. N. B. R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117
Muhammad Ikhsan, & Muhammad Syafiq Humaisi. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.45
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Verdinandus Lelu Ngono, & Taufik Hidayat, W. (2019). Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, 628–638. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lawina Septiyanto Putri, Jupriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.