Integrasi Nilai Iman, Islam, Dan Ihsan Dalam Membangun Kepribadian Muslimah Di Era Digital

Authors

  • Ayu Era Wardhani Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo
  • Nur’Aini Istiqomah Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo
  • Nur Luthfiah Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.872

Abstract

Dalam era digital yang berkembang pesat, tantangan dan peluang baru muncul bagi Muslimah dalam membangun kepribadiannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana iman, islam dan ihsan dapat berperan dalam membentuk kepribadian Muslimah yang kuat dan berkualitas di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini dapat diutarakan Pertama, Tekanan sosial dan standar kecantikan yang tidak realistis, dengan demikian tidak sedikit kaum Muslimah yang terpapar pada standar kecantikan dan gaya hidup yang sering kali tidak realistis dan bertentangan dengan nilai-nilai islam. seperti contoh menggunakan hijab tetapi tidak menutup aurat, menggunakan pakaian tertutup tetapi membentuk lekukan tubuh, foto dengan gaya yang berlebihan/tidak sesuai syariat islam dan lain sebagainya. Kedua, Penyebaran konten negative, yang tidak sesuai dengan nilai-nilai islam, seperti konten pornografi, kekerasan, ujaran kebencian dan informasi yang menyesatkan. Ketiga, Kecanduan teknologi dan Media sosial, Dampak dari kecanduan teknologi yakni dapat mempengaruhi Kesehatan mental dan fisik, serta mengganggu kualitas interaksi nyata sehingga membuat Muslimah lebih sulit fokus pada tujuan hidup yang lebih besar.

References

Agam, Muhammad, Nalf Saujani, Muhammad Andika Apriansyah, Aisyah Munadiya Khoiroh, Naila Nur Hikmah, Nur Wulan Ramadhani, Tiara Sisdayanti, and Rika Widawati. 2024. “Kolaborasi Iman , Islam , Dan Ihsan : Menggapai Makna Hidup Yang Sesungguhnya.” 2(2).

Aisyah, Siti. 2024. “Integrasi Pendidikan Islam Dalam Membangun Kepribadian Muslim Yang Tangguh Dalam Menghadapi Tantangan Zaman.” Al-Ilmi : Journal of Islamic Education 1:86–112.

Amala, Yuntafaul, Muhammad Thohir, Viola Eva Reditiya, Nabila Intan, and Permata Sari. 2023. “Refleksi Mahasiswa Dalam Berkeadaban Digital Melalui ChatGPT.” Intelektual; Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 13(2):109–28.

Awwalina, Linlin Sabiqa. 2023. “Pembentukan Akhlak Berlandaskan Keimanan: Landasan Filososfis-Teologis Dalam Kurikulum PAI Pada Mata Pelajaran Aqidah AKhlak Di Madrasah Ibtidaiyah.” Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(3):289–310.

Dalimunthe, Amsal Qori, and Neng Nurcahyati Sinulingga. 2023. “Implementasi Pendidikan Islam Era Digital Dalam Membina Akhlak Mulia Generasi Islam.” Paedagoria; Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kepribadian 6356:362–70.

Depita, Teti. 2024. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif ( Active Learning ) Untuk Meningkatkan Interaksi Dan Keterlibatan Siswa.” Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah 03(01):55–64.

Dwikirani, Cynthia, and Auliya Ridwan. 2024. “Social Studies in Education Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Di Era Digital: Tinjauan Sosial- Edukasi Berbasis Teori Amin Abdullah.” 02(02):139–56.

Husna, Syuhadatul, and Nurul Hikmah. 2024. “Relevansi Filsafat Pendidikan Islam Dengan Tantangan Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Muslim.” Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 1(4).

Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.

Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.

Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100

Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.

Malik, Abdul. 2021. “Psikologi Pendidikan Dan Strategi Membentuk Kepribadian Islami Perspektif Al-Qur’an.” Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4(1):12–24.

Malyuna, Sita Isna, and Masruroh Lubis. 2023. “Integrasi Materi Pembelajaran Iman, Islam, Dan Ihsan Dalam Upaya Mnecegah Dekadensi Moral Di Era Digital.” (61):92–104.

Mansyuriadi, M. Irwan. 2022. “Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Peserta Didik.” 4:14–22.

Masruroh, Siti. 2021. Implementasi Nilai Iman,Islam Dan Ihsan Pada Pendidikan Agama Di Perguruan Tinggi Umum. Bandung: Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Miramadhani, Avieni, and Eko Nursalim. 2024. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Islam : Solusi Menghadapi Krisis Moral Di Era Global.” Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan 2(2):262–70.

Muhyiddin, Ahmad Shofi, and Wiwik Wijayanti. 2022. “‘ Dzikir Ajeg Sewelasan ’ Sebagai Dakwah -Bimbingan Spiritual Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Di Era Globalisasi.” International Conference of Da’wa and Islamic Communication 1:77–92.

Muluk, Muchamad Saiful. 2024. “Profil Kepribadian Muslim Digital : Integrasi Dzikir , Fikir , Ilmu Dan Amal.” 1(2):222–39.

Ningrum, Mita Kurnia, and Nur Hidayat. 2023. “Integrasi Materi PAI Dalam Upaya Pencegahan Dekadensi Moral Di Era Digital.” Pendes: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(3).

Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.

Rizfani, Muhammad, and Muhammad Mauladi. 2024. “PENDIDIKAN AGAMA DI ERA DIGITAL.” Journal Islamic Education 3(1):145–54.

Romlah, Sitti, and Rusdi. 2023. “Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika.” Al-Ibrah 8(30).

Setiawan, Priatna Agus. 2024. “Mutiara Iman , Islam , Dan Ihsan Melalui Tadabur Al-Qur ’ an.” Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 4(1):360–77.

Siregar, Adek Kholijah. 2021. “Pembentukan Manusia Ihsan Dan Karakter Rabbani Dalam Al- Qur ’ an.” 1219–32.

Wilda, Almas, Pradnya Megananda, Dewi Novia Karlina, Yayang Lowissazativa, Uin Maulana, Malik Ibrahim, and Pendidikan Islam. 2024. “Penerapan Sifat Asmaul Husna Dalam Penjagaan Iman, Islam, Dan Ihsan Terhadap Karakter Santri Pp. Al-Mukhlisin Batu.” 9:172–81.

Wirayuda, Abidin Pandu, Ahmad Fahrezi, Dayintasya Ratih Pasama, Meilisa Ani, Aditia Muhammad Noor, Tantangan Dalam, Era Digital, Abidin Pandu Wirayuda, Ahmad Fahrezi, Dayintasya Ratih Pasama, Meilisa Ani, Aditia Muhammad Noor, and Universitas Brawijaya. 2023. “Islam Dan Tantangan Dalam Era Digital : Mengembangkan Koneksi Spiritual Dalam Dunia Maya.” Al-Aufa; Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman 05(01):1–27.

Yani, Ade Najira, Juliani, Dandi Wijaya, and Nurhayati. 2024. “Pendidikan Agama Islam Sebagai Landasan Spiritual Dalam Era Globalisasi.” Mesada: Journal of Innovative Research 01:161–70.

Yugo, Tri, and Dedih Surana. 2024. “Ihsan Dalam Tinjauan Aksiologi Filsafat Islam.” Tamadduna: Jurnal Peradaban 1(2):1–20.

Zulyatina, Riza Natania, and Amilah Munadziroh. 2024. “Menghadapi Ghazwul Fikri : Bagaimana Budaya Populer Menjadi Tantangan Bagi Keyakinan Islam Di Era.” Socio Religia 5(2):67–81.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Ayu Era Wardhani, Nur’Aini Istiqomah, & Nur Luthfiah. (2025). Integrasi Nilai Iman, Islam, Dan Ihsan Dalam Membangun Kepribadian Muslimah Di Era Digital. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 141–149. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.872

Issue

Section

Articles