Strategi Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Siswa RA Bait Al-Arqam

Authors

  • Maulia Rahmawati Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Vika Nurul Mufidah Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.771

Abstract

Keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan yang disertai dengan pengarahan dan pendampingan belajar merupakan dasar yang kuat bagi siswa dalam mencapai prestasi akademik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai strategi keterlibatan orang tua dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di RA Bait Al-Arqam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi yang melibatkan wawancara mendalam yaitu menggunakan semi terstruktur sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari orang tua siswa, guru dan kepala madrasah yang memberikan wawasan mengenai peran serta keterlibatan orang tua dalam proses belajar mengajar. Hasi penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua sangat berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa. Beberapa strategi yang diidentifikasi meliputi: (1) komunikasi rutin antara orang tua dan guru, (2) partisipasi aktif dalam kegiatan sekolah, dan (3) dukungan emosional serta motivasi belajar  di rumah. Penelitian ini juga menemukan adanya tantangan dalam keterlibatan orang tua, seperti kesibukan kerja dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya peran mereka dalam pendidikan anak. Dari temuan ini, disarankan agar sekolah mengembangkan program yang memfasilitasi keterlibatan orang tua lebih lanjut dan memberikan pelatihan tentang cara efektif untuk mendukung pendidikan anak di rumah.

References

Agustine, C. K. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa Sma Semen Gresik Universitas Muhammadiyah Gresik].

Alfira, D., & Siregar, M. F. Z. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Komunikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 15-15.

Aminati, K., Rokhmaniyah, R., & Chamdani, M. (2022). Pengaruh keterlibatan orang tua dalam belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas v sekolah dasar negeri sekecamatan Buluspesantren tahun ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1).

Azwar, S. (2005). Tes prestasi dan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Burhamzah, M., Fatimah, S., Asri, W. K., & Mannahali, M. (2023). Pelatihan Pengembangan Diri, Bakat, dan Kreativitas untuk Remaja di Era Global. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(04), 737-745.

Dhitaningrum, M. (2013). Hubungan antara persepsi mengenai dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2).

Eliyanti, T., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2023). Analisis Keterlibatan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 11-19.

Fitriana, D. (2020). Hakikat Dasar Pendidikan Islam. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 143-150.

Hakim, L., Luthfiyah, S. A. A., & Setiabudi, D. I. (2021). Strategi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Sebagai Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 9-14.

Haris, M. (2015). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. HM Arifin. Ummul Qura, 6(2), 1-19.

Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.

Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.

Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100

Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.

Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.

Irwan, I., Nuryani, N., & Masruddin, M. (2023). Kolaborasi Sekolah dengan Orang Tua dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1), 131-154.

Na'im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 32-52.

Natsir, N. F., Aisyah, A., Hasbiyallah, H., & Ihsan, M. N. (2018). Mutu pendidikan: kerjasama guru dan orang tua. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 311-327.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.

Pangastuti, R., Pratiwi, F., Fahyuni, E. F., & Kammariyati, K. (2020). Pengaruh pendampingan orangtua terhadap kemandirian dan tanggung jawab anak selama belajar dari rumah. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 132-146.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Putro, K. Z., Kurniawan, D., Amri, M. A., & Wulandari, N. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124-140.

Rahmawati, A. (2022). Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini. LovRinz Publishing.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722-731.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan, terj. Tri Wibowo BS Jakarta: Kencana.

Sulistiani, S., Robandi, B., & Riyadi, A. R. (2019). Hubungan antara keterlibatan orang tua dalam pendidikan dengan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 57-68.

Suryabrata, S. (1984). Psikologi pendidikan. Penerbit C.V. Rajawali. https://books.google.co.id/books?id=m0axswEACAAJ

Suryabrata, S. (2005). Psikologi pendidikan. PT Rajagrafindo. https://books.google.co.id/books?id=ewiyAQAACAAJ

Tolada, T. (2012). Hubungan keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di SDIT Permata Hati, Banjarnegara. Unpublished undergraduate’s thesis) Universitas Indonesia, Depok, Indonesia.

Ulfathana, S. A. (2023). Kerjasama Guru PAI dan Orangtua dalam Mengoptimalkan Belajar Anak Pasca Covid-19 pada Kelas V di MIN 39 Aceh Besar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry].

Yanti, M., & Rivaie, W. (2013). Kerjasama Guru Dan Orang Tua Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI Di SMA Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(6).

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Maulia Rahmawati, & Vika Nurul Mufidah. (2025). Strategi Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Siswa RA Bait Al-Arqam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 99–111. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.771

Issue

Section

Articles