Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mengembangkan Karakter Siswa di SD HJ. Isriati Baiturrahman 2 Semarang

Authors

  • Dani Rizky Saputra UIN Walisongo Semarang
  • M. Rikza Chamami UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.712

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi muda melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan penanaman nilai-nilai moral. Di era digital, tantangan pembentukan karakter siswa semakin kompleks, terutama dengan maraknya media sosial seperti TikTok yang sering memuat konten negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi efektif guru dalam membentuk karakter siswa yang positif sesuai prinsip Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru meliputi menjadi teladan dalam sikap dan tutur kata, menyajikan pembelajaran praktik yang kreatif, memberikan hukuman mendidik tanpa kekerasan, serta mengembangkan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Tantangan utama yang dihadapi adalah pengaruh negatif media sosial dan kurangnya partisipasi orang tua dalam pembentukan karakter anak di rumah. Guru berperan penting dalam memberikan edukasi terkait penggunaan media sosial secara bijak, membatasi penggunaan gawai di sekolah, dan memantau perkembangan karakter siswa melalui kolaborasi dengan orang tua. Simpulan penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan kolaboratif antara sekolah, keluarga, dan lingkungan untuk membentuk karakter siswa secara holistik di era digital.

References

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975

Aulia, K., Wardinasahira, P., Cintani, N. L., Nisrina, N. A., & Sholihatin, E. (2023). Dampak Penggunaan Teknologi Internet Melalui Tiktok Akun Gosip Terhadap Etika Berbahasa. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i2.230

Elsa Totti Bakistuta, & Abduh, M. (2023). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Tindak Tutur Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1201–1217. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6243

Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 02(1998), 1–11.

Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.

Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100.

Kementerian PPPA. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak Deputi Tumbuh Kembang Anak. Kementerian Peberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, 42.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614

Muthmainnah Biduri, Muhammad akhir, & Rahmatiah. (2023). Dampak Media Sosial (TikTok) Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas VI SD Negeri Bontorannu II Kecamatan Mariso Kota Makassar. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan. https://doi.org/10.58738/jkp.v2i1.205

Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.

Nasarudin, N., Syafii, A. H., Nurjannah, N., Muhirdan, M., Husnan, H., & Marlina, H. (2024). Model Manajemen Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam Menanamkan Pendidikan Karakter pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 893–904. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V8I5.6093

Ningrum, A. W., Nurhayati, A., & Marhani, M. (2023). Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Perubahan Karakter Tindak Tutur Siswa. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik). https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n02.p104 110

Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal. PEMA (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Tang, A. (2020). Hak-Hak Anak dalam Pasal 54 UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Jurnal Al-Qayyimah, 2(2), 98–111. https://doi.org/10.30863/aqym.v2i2.654

Umar, S. H., & Umawaitina, M. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Program Sekolah Sehat dan Ramah Anak di SMP Negeri 7 Kota Ternate. Jurnal Geocivic. https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1464

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480

Zaenuddin. (2018). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak (SRA) (Studi Kasus Pada Sd Negeri 1 Ampenan Kota Mataram). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak (SRA) (Studi Kasus Pada Sd Negeri 1 Ampenan Kota Mataram).

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Dani Rizky Saputra, & M. Rikza Chamami. (2025). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mengembangkan Karakter Siswa di SD HJ. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.712

Issue

Section

Articles