Efektivitas Program Tahfidz Al-Qur'an Dalam Membentuk Sikap Religius Siswa di MI Al-Ifadah
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.613Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas program tahfidz Al-Qur'an dalam membentuk sikap religius siswa di MI Al Ifadah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan guru tahfidz, wali murid, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz Al-Qur'an yang diimplementasikan sebagai program unggulan madrasah telah memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter religius siswa. Program ini mengadopsi metode pesantren tradisional dengan sistem hafalan dan sorogan yang terintegrasi dalam jadwal pembelajaran reguler. Dampak program terlihat dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an dan pengaplikasiannya dalam ibadah sehari-hari, khususnya dalam bacaan shalat. Meskipun masih menghadapi tantangan seperti perlunya penguatan kemampuan dasar baca tulis huruf hijaiyah dan kendala mood siswa, program ini telah berkontribusi dalam pembentukan karakter positif seperti kedisiplinan, kesabaran, dan komitmen. Keberhasilan program didukung oleh sistem evaluasi yang terstruktur dan kolaborasi antara guru dan orang tua dalam pendampingan pembelajaran. Untuk meningkatkan efektivitas program, diperlukan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih komprehensif dan penguatan kolaborasi antara sekolah dan orang tua.
References
Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas Program Tahfidz Al Quran Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Islamic Education Manajemen, 6(1). doi: https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10689
Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.
Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100.
Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.
Mukmin, A. A., Amaluddin, M. R., & Ismail, N. (2023, 9). Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an Di MI Al-Hijriyah Karya Mulya Kota Prabumuli. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(3). Retrieved from https://jurnal.faiunwir.ac.id
Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.
Putri, E. J., Akmalia, R., Tantri, Arya, Ubaidillah, M., & Solih, M. (2024). Implementasi Program Tahfidz Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Di Smp-It Nurul Ilmi Medan. Jurnal Pendidikan Manajemen Pendidikan, 9(3). doi:http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i3.6586
Shohib, M., & Aziz, I. N. (2024, 3). Pendampingan Guru Taman Pendidikan al-Qur’andalam Peningkatan Pemahaman Bacaan Melalui Program Tahsindan Tadabburdi Desa Mojopuro Gresik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 12-24. doi: https://doi.org/10.57060/community.v4i01.111
Zulfitria. (2017, 6). Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, 2 (April 2017):, 124-135.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Alfiah Aulia Rahma, Nur Kabibuloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.