Peran Guru Penggerak Dalam Menciptakan Iklim Supervisi Klinis di Sekolah

Authors

  • Afriani Universitas Riau
  • Yolanda Amirah Naudal Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.424

Abstract

Dalam Kurikulum Merdeka pemerintah mempunyai inovasi untuk meningkatkan kualitas guru yaitu melalui program guru penggerak. Artikel  ini  mengulas  dan  merangkum literatur  yang  ada  tentang  apa  yang  diketahui  dari  peran guru penggerak dalam menciptakan supervisi klinis disekolah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode studi kepustakaan atau literatur review. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan supervisi, Kepala Sekolah diperbolehkan untuk membentuk Tim Kerja yang akan menjadi perpanjang tangan dari Kepala Sekolah. Tim Kerja ini biasanya dikoordinatori oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum bersama beberapa orang guru yang memiliki pengalaman dan pemahaman yang baik dalam proses pembelajaran di kelas. Dan jika di sekolah tersebut telah ada guru yang menjalankan Program Pendidikan Guru Penggerak, baiknya dilibatkan untuk menjadi salah satu Tim Kerja Kepala sekolah untuk membantu kegiatan supervisi pembelajaran di kelas. Guru penggerak diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang kondusif untuk supervisi klinis dengan membangun budaya keterbukaan, kerja sama, dan evaluasi yang konstruktif.

References

Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2012). How to Write a Literature Review. Journal of Criminal Justice Education, 24(2), 218–234

Hamalik, O. (2011). Curriculum and learning. Earth Script.

Depdiknas. (2003). Undang - undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Zitteliana (Vol. 19, Issue 8, pp. 159–170).

Irayati, M., Wijayanti, M., Puspitawati, S., Rafael, S., & Wijayanti, W. (2022). Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik. Pendidikan Guru Penggerak, 1–106.

Iriyani, D. (2008). Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Maret, 2(2), 278–285.

Lubis, R. R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I. E., & Lubis, Y. H. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Pemerataan Kualitas Kinerja Guru. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 33(1), 70–82. https://doi.org/10.52030/attadbir.v33i1.170

Mangolo, P. V. C., Tambingon, H. N., Rawis, J. A. M., & Mangantes, M. L. (2022). IK_29"Supervisi dan Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Guru Penggerak". Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3915–3928. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7228

Nasution, I. (2021). Suprvisi Pendidikan. In Supervisi Pendidikan.

Nurcholiq, M. (2018). Mochamad Nurcholiq, Supervisi Klinis,Vol.1, No. 1, Maret 2017. Journal EVALUASI, 1(1), 1.

Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Dan, G., & Kependidikan, T. (2023). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Rosi Tiurnida Maryance, S. S. . M. P., Dr. Citra Dewi, S. P. . M. P., Muhammad Yani, M. P., Sanwil, M. A., Fatniaton Adawiyah, S. P. . M. P., Tasdin Tahrim, S. P. . M. P., Wirda, M. P., Reni Septrisia, M. P., Sayed, S. P. I. . M. P., & Bahera, M. P. I. (2022). Teori Dan Aplikasi Supervisi Pendidikan. In Teori Dan Aplikasi Supervisi Pendidikan.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Saharudin, S., Syaifuddin, M., & Syahraini Tambak. (2022). Supervisi Pendidikan. In Jurnal Ilmu Multidisplin (Vol. 1, Issue 2).

Supardi. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111–121.

Yayan dkk. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 11(1), 1–14.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Afriani, & Yolanda Amirah Naudal. (2024). Peran Guru Penggerak Dalam Menciptakan Iklim Supervisi Klinis di Sekolah. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 225–233. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.424

Issue

Section

Articles