Peran Pengembangan Kompetensi Sosial Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Inklusif Bagi Peserta Didik di SD Al-Ulum Islamic School

Authors

  • Fahrullah Agustinus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ramanda Aryan Febriadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ade Irma Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.412

Abstract

Kompetensi sosial yang dimiliki guru sangat berpengaruh terhadap kemampuan guru dalam mendukung keberagaman dan menciptakan suasana belajar yang aman bagi semua peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kompetensi sosial guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif di SD Al-Ulum Islamic School. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan berbagai strategi, seperti pengelolaan kelas yang inklusif, komunikasi yang efektif, serta kolaborasi dengan orang tua dan komunitas. Namun, terdapat tantangan dalam hal sumber daya dan pelatihan yang perlu diatasi. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kompetensi sosial guru untuk memperkuat pendidikan inklusif dan perlunya dukungan yang lebih besar dari pihak sekolah dan pemerintah.

References

Ahmad, M. A. (2019). Komunikasi Sebagai Wujud Kompetensi Sosial Guru

Ayatullah. (2018). Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Arrohmaniyah NW Senyiur

Ayatullah. (2018). Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Arrohmaniyah NW Senyiur

di Sekolah. Jurnal Komodifikasi

Hartini, Rahmawati, R., & Asmin, E. A. (2021). Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen

Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan

Jatiningsih, O., Maya Mustika Kartika Sari, Habibah, S. M., Setyowati, R. N., Yani, M. T., & Adi, A. S. (2018). Penguasaan Kompetensi Profesional Guru oleh Mahasiswa Peserta Praktik pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan

Lestari, J. W., Bahari, Y., & Budjang, G. (2017). Implementasi Kompetensi Sosial Guru Sosiologi Dalam Berkomunikasi Dengan Peserta Didik Di MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi

Maslan. (2019). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kelas Terhadap Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran)

Masdul, muh. rizal. (2018). Komunikasi pembelajaran. Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman,

Muspiroh, N. (2015). Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi,

Pratiw, D. (2019). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Peserta Didik SMA Negeri 4 Parepare

Putra, B. J., & Jamal, J. (2020). Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Studi Guru Dan Pembelajaran

Rafli, M. F. (2019). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika. September.

Rombean, C., Rahmadi, P., & Appulembang, O. D. (2021). Pentingnya Penyampaian Informasi Yang Tepat Untuk Membangun Komunikasi Efektif Kepada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar [the Importance of Delivering Information Appropriately in Building Effective Communication to Grade 3 of Primary Students]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education

Wulandari, S. (2017). Empati Guru dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Mendukung. Jurnal Psikologi Pendidikan.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Fahrullah Agustinus, Ramanda Aryan Febriadi, & Ade Irma. (2024). Peran Pengembangan Kompetensi Sosial Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Inklusif Bagi Peserta Didik di SD Al-Ulum Islamic School. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 169–176. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.412

Issue

Section

Articles