Peran Pengembangan Kompetensi Sosial Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Inklusif Bagi Peserta Didik di SD Al-Ulum Islamic School
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.412Abstract
Kompetensi sosial yang dimiliki guru sangat berpengaruh terhadap kemampuan guru dalam mendukung keberagaman dan menciptakan suasana belajar yang aman bagi semua peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kompetensi sosial guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif di SD Al-Ulum Islamic School. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan berbagai strategi, seperti pengelolaan kelas yang inklusif, komunikasi yang efektif, serta kolaborasi dengan orang tua dan komunitas. Namun, terdapat tantangan dalam hal sumber daya dan pelatihan yang perlu diatasi. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kompetensi sosial guru untuk memperkuat pendidikan inklusif dan perlunya dukungan yang lebih besar dari pihak sekolah dan pemerintah.
References
Ahmad, M. A. (2019). Komunikasi Sebagai Wujud Kompetensi Sosial Guru
Ayatullah. (2018). Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Arrohmaniyah NW Senyiur
Ayatullah. (2018). Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Arrohmaniyah NW Senyiur
di Sekolah. Jurnal Komodifikasi
Hartini, Rahmawati, R., & Asmin, E. A. (2021). Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen
Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan
Jatiningsih, O., Maya Mustika Kartika Sari, Habibah, S. M., Setyowati, R. N., Yani, M. T., & Adi, A. S. (2018). Penguasaan Kompetensi Profesional Guru oleh Mahasiswa Peserta Praktik pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan
Lestari, J. W., Bahari, Y., & Budjang, G. (2017). Implementasi Kompetensi Sosial Guru Sosiologi Dalam Berkomunikasi Dengan Peserta Didik Di MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi
Maslan. (2019). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kelas Terhadap Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran)
Masdul, muh. rizal. (2018). Komunikasi pembelajaran. Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman,
Muspiroh, N. (2015). Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi,
Pratiw, D. (2019). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Peserta Didik SMA Negeri 4 Parepare
Putra, B. J., & Jamal, J. (2020). Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Studi Guru Dan Pembelajaran
Rafli, M. F. (2019). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika. September.
Rombean, C., Rahmadi, P., & Appulembang, O. D. (2021). Pentingnya Penyampaian Informasi Yang Tepat Untuk Membangun Komunikasi Efektif Kepada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar [the Importance of Delivering Information Appropriately in Building Effective Communication to Grade 3 of Primary Students]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education
Wulandari, S. (2017). Empati Guru dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Mendukung. Jurnal Psikologi Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fahrullah Agustinus, Ramanda Aryan Febriadi, Ade Irma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.