Keperluan Media Games Quiz Box Wordwall Pada Materi Meyakini Kitab-Kitab Allah dikelas VIII SMP NU Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.408Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media games quiz box Wordwall dalam pembelajaran materi meyakini kitab-kitab Allah di kelas VIII SMP NU. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei online menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media games quiz box Wordwall efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi. Siswa merasa terbantu dengan adanya visualisasi dan interaksi yang menarik dalam media Wordwall. Analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar siswa membutuhkan penggunaan teknologi dan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran, terutama untuk materi agama yang relevan dengan kehidupan mereka. Wordwall merupakan salah satu pilihan media yang potensial untuk meningkatkan pembelajaran materi meyakini kitab-kitab Allah. Media pembelajaran Wordwall dapat dijadikan sebagai salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran daring maupun tatap muka. Media ini mudah digunakan, murah, dan memiliki beragam pilihan dalam menyajikan materi dan soal.
References
Aisyah, J, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1), 1–11.
Anshori, S. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.61476/xy1xwh12
Fakhruddin, A., & Nurhidayat, E. (2020). Students’ Perception on Quizziz As Game Based Learning in Learning Grammar in Writen Discourse. Wiralodra English Journal, 4(2), 28–38. https://doi.org/10.31943/wej.v4i2.101
Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam [Implementation of Values Education in Islamic Religious Education]. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240.
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Hasanah, N., Ambarsari, I. F., Surur, M., Darmawati, L. E. S., & Rakhman, F. (2022). Training Motivasi Belajar Matematika Berbasis Thinking Smart Game Pada Siswa Mi Multiple Sarina. Journal of Community Empowerment and Innovation, 1(2), 62–68. https://doi.org/10.47668/join.v1i2.557
Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Mardhiatul Wardah. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3, 76–84. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/893/796
Mutanaffisah, R., Ningrum, R., & Widodo, A. (2021). Ketepatan pemilihan pendekatan, metode, dan media terhadap karakteristik materi IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.21831/jipi.v7i1.32622
Nugraheni, N. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117–126.
Panggabean, H. S., Hasanah, N. U., Ulfia, S., Hardiyanti, S. D., Astuti, P. W., Septianingsih, & Fitri, E. (2021). Upaya Guru PAI Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Education & Learning, 1(2), 6–11. https://doi.org/10.57251/el.v1i2.52
Purnasari, P. D., Sadewo, Y. D., & Barat, B. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik.
Rahmadanti, A., Amril, L. O., & Efendi, I. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 117–125. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.1086
Sarnoto, A. Z., Hidayat, R., Hakim, L., Alhan, K., Sari, W. D., & Ika, I. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 82–92. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2915
Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963
Setiawan, Y., & Andrianto, D. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Abung Pekurun. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 83–97. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.73
Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459–470. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.737
Tambunan, S. A. (2021). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di Kelas Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 23–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41883
Utami, F., Sheftyawan, W. B., Pratama, A. Y., & Supriadi, B. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 61. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i2.38890
Zahro, N. A. Q. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall. A b d i m a J u r n a l P e n g a b d i a n M a h a s i s w A, 2(1), 2878–2886.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadia Saputri, Putri Anggalia Puspita Sari, Hadma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.