Harmoni antara Pemikiran Pendidikan KH. Dewantara dan Kewajiban Belajar dalam Perspektif Hadits: Fondasi Pendidikan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.371Abstract
Pendidikan Islam di Indonesia telah menjadi fokus utama dalam pengembangan sistem pendidikan, dipengaruhi oleh tokoh-tokoh berpengaruh seperti KH. Dewantara, yang diakui sebagai bapak pendidikan Indonesia. Pendidikan Islam, sebagaimana ditekankan oleh ajaran agama, menggaris bawahi pentingnya menuntut ilmu tanpa batasan waktu dan tempat, sebagaimana disampaikan dalam beberapa hadits Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi pemikiran Pendidikan KH. Dewantara dengan Kewajiban belajar dalam perspektif Hadits. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan analisis data kualitatif deskriptif, mengumpulkan data dari literatur-literatur relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konsep pemikiran KH. Dewantara, kewajiban menuntut ilmu dalam Islam, dan relevansi pemikiran Dewantara dengan hadits tentang kewajiban menuntut ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi pemikiran Dewantara dengan hadits kewajiban belajar erat kaitannya, menggarisbawahi pentingnya ilmu dalam mempermudah urusan dunia dan mencapai tujuan manusia di dunia ini, sejalan dengan tujuan pendidikan menurut Dewantara dan ajaran Islam yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW.
References
Abdullah, Irwan. “Kh. Dewantara Dan Konsep Merdeka Belajar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 4, No. 1 (2017): 116.
Adawiyah, Rabiatul. “Integrasi Sains Dan Agama Dalam Pembelajaran Kurikulum Pai (Perspektif Islam Dan Barat Serta Implementasinya).” Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 15, No. 1 (2016): 99–124.
Amaliyah, Sania. “Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, No. 1 (2021): 1766-1770.
———. “Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara.” Urnal Pendidikan Tambusai 5, No. 1 (2021): 1766–70.
Ardiwansyah, Bayu, Heri Cahyono, And Iswati Iswati. “Potret Gerakan Intelektual Dan Institusi Pendidikan Islam Di Indonesia Beserta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.” At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 7, No. 1 (2023): 158–78.
Bahtiar Effendy. Islam Dan Pembaharuan Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2012.
Budiwati, Rini, And Endang Fauziati. “Merdeka Belajar Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, No. 1 (2022).
Febriyanti, Natasya. “Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, No. 1 (2021): 1631–37.
Fitroh, Ismaul, And Moh Imron Rosidi. “Taman Siswa: Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Tinjauan Historis.” Journal On Education 5, No. 2 (2023): 2677-2688.
Helaluddin. “Mengenal Lebih Dekat Dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif [Getting Closer To The Phenomenological Approach: A Qualitative Research].” Jurnal Research Gate 2, No. (1) (2018): 1–15.
Heru Juabdin Sada, Rijal Firdaos, Yunita Sari. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Nemui Nyimah Dalam Masyarakat Lampung Pepadun.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, No. 2 (2018): 311–23.
Kh. Dewantara. Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan: Pandangan Hidup, Falsafah, Dan Metode Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka, 1947.
———. Pendidikan: Landasan Kebudayaan Bagi Pembangunan Bangsa. Yogyakarta: Kanisius, 1946.
———. Pendidikan Dan Kebangsaan. Jakarta: Balai Pustaka, 1948.
———. Pendidikan Dan Kemanusiaan. Yogyakarta: Kanisius, 1948.
———. Pendidikan Kebangsaan: Rancangan Pendidikan Nasional Di Bidang Pendidikan Agama Dan Bahasa. Bandung: Tarsito, 2002.
———. Pendidikan Kebangsaan. Yogyakarta: Yasasan Tunas Bangsa, 1922.
———. Pendidikan Kewarganegaraan Dan Kebudayaan. Yogyakarta: Satya Wacana, 1947.
Ki Hadjar Dewantara. “Some Aspects Of National Education And The Taman Siswa Institute Of Jogjakarta.” Indonesia 4 (1967): 150–68.
M. Alfian. “Tantangan Pendidikan Islam Di Era Digital.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 6, No. 1 (2018): 1–15.
M. Mustofa, Dkk. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Padang: Get Press Indonesia, 2023.
Naela Sa’adah, Dan Astiti Saptarini. “Mengenal Psikologi Perkembangan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, No. 1 (2017): 257–60.
Nana Syaodih, Sukmadinata. Sejarah Pendidikan Islam: Dari Era Pembaruan Ke Era Globalisasi. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2008.
Niyarci. “Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara.” Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 2, No. 1 (2022): 46–55.
Nurcholish Madjid. Islam Doktrin Dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, Dan Kemodernan. Jakarta: Paramadina, 1996.
Nursapia Harahap. “Penlitian Kepustakaan.” Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi 8, No. 1 (2014): 68–73.
Perdana, Yusuf, Dan Rinaldo Adi Pratama. Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha, 2022.
Rahmah, Annisa Auliya, And Hudaidah Hudaidah. “Ideologi Ki Hajar Dewantara Tentang Konsep Pendidikan Nasional.” Erkala Ilmiah Pendidikan 1, No. 2 (2021): 68–72.
Rahman, Rifqi Aulia, Chairani Astina, And Nurul Azizah. “Kurikulum “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.” Taqdir 7, No. 2 (2021): 165–76.
Santika, Iffa Dian, And Binti Khoiriyah. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5, No. 1 (2023): 4827–32.
Soeratman, Darsiti. Ki Hajar Dewantara. Direktorat Sejarah Dan Nilai Tradisional, 1989.
Steeva Yeaty Lidya Tumangkeng, Joubert B. Maramis. “Kajian Pendekatan Fenomenologi: Literature Review.” Jurnal Pembanguan Ekonomi Dan Keuangan Daerah 23, No. 1 (2022): 17.
Suhartono, Dkk. Ki Hajar Dewantara Diperbanyak Dalam Rangka Pameran Tokoh Ki Hadjar Dewantara Di Museum Kebangkitan Nasional 27 April S.D 31 Mei 2017 Yang Diselenggarakan Oleh Museum Kebangkitan Nasional ”Pemikiran Dan Perjuangannya”. Diedit Oleh Djoko Marihandono. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2017.
Yanuarti, Eka. “Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13.” Jurnal Penelitian 11, No. 2 (2017): 237–65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Freddy Hermansyah lbs

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.