Tinjauan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.363Abstract
Pendidikan agama Islam (PAI) memainkan peran penting dalam pembelajaran di sekolah-sekolah umum dan madrasah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penerapan pendekatan pembelajaran aktif (active learning) dalam PAI, serta dampaknya terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Pustaka (library research), pengumpulan data dilakukan dengan mencari, mengumpulkan, dan merekontruksi informasi dari berbagai sumber yang relevan, seperti buku, jurnal ilmiah, serta hasil-hasil penelitian terdahulu yang sudah dipublikasikan, yang secara khusus mengkaji berbagai metode active learning seperti role playing, experiential learning, dan dialog tanya jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan active learning dapat meningkatkan partisipasi siswa, pemahaman konsep, serta sikap sosial mereka. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasi, seperti perbedaan kemampuan siswa dan kesiapan guru, pendekatan ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif. Active learning dalam PAI tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
References
Anjarwati, A., Festawanti, E. D., Wulandari, Y., & Rahmadhini, F. (2022). Pemahaman Tentang Sistem Pencernaan Manusia dan Hewan Siswa SDN Sukabumi 6 Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 1(2).
Dimyati, M. (2001). Dilema Pendidikan Ilmu Pengetahuan. Malang: IPTPI Cabang Malang.
Fatkhurrohman, M., (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.
Hamid, M. S., (2011). Metode Edu Tainment Menjadikan Siswa Kreatif dan Nyaman di Kelas. Jogjakarta: Diva Press.
Handayani, E. P., & Rohman, A. (2020). Paradigma Bahagia itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3).
Hanggara, Y., & Zendato, I. J. (2017). Penerapan Model Pembelajaran ARCS dan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1).
Himmawan, D., & Rusydi, I. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Mts Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2).
Jannah, E. S. N., (2019). “Penerapan Metode Pembelajaran “Active Learning-Small Group Discussion” di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran.” Fondatia 3(2).
Katshir, I., (2001). Tafsir al-Qur'an al-Azim, Terj. Abu Abdurrahman, jilid 3. Jakarta: Pustaka Azzam.
Nurdyansyah, N., & Andiek, W. (2015). Managemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Asdimahasatya.
Subhan,. (2013). "Penerapan Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Nurul Hidayah”. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Supriatna, N., Asy’ari, H., & Zamroni, M. A. (2024). Implementasi Active Learning dalam Pembelajaran PAI di SMK Negeri Tegalwaru Purwakarta. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(1).
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Toha, S. M. (2018). Pelaksanaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1).
Uno, Hamzah. (2012). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Winata, K. A., Solihin, I., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Moderasi Islam dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2).
Zaman, B. (2020). Penerapan active learning dalam pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diva Anif Nafiah, Falya Hamidah, Siti Mufidah, Salmaa Rihhadatul ‘Aisy, Badrus Zaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.