Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Merenungkan Kekuasaan Allah SWT

Authors

  • Melanie Putri Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Meli Tri Khasanah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Muhammad As’ari Safutro Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Abdul Azis Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.343

Abstract

Dari analisis kebutuhan yang telah dilakukan, pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh guru Al-Qur'an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pada materi merenungkan kekuasaan Allah SWT. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE. Melalui beberapa tahapan yaitu analisys, design, development, implementation, dan evaluation. Kualitas media diukur dengan melakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Hasil validasi materi pada multimedia pembelajaran diperoleh hasil 91,7%, sedangkan validasi media diperoleh hasil 90% dengan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Hasil praktikalitas multimedia pembelajaran pada guru adalah sebesar 96 %, sedangkan hasil multimedia pembelajaran terhadap siswa adalah 93,46 % dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu produk multimedia pembelajaran pada materi merenungkan kekuasaan Allah SWT dapat digunakan dan diimplementasikan dalam pembelajaran.

References

Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Arikunto. (2020). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Cholid, N. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran. FATAWA PUBLISHING.

Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.

Fuada. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) Untuk Pembelajaran Workshop Instrumen Industri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan.

Hamdunah. (2015). Jurnal Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan Website pada Materi Lingkaranan dan Bola. STKIP PGRI SUMBAR.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet.

Mulyatiningsih, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.

Muslimah. (2024). Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Investigating Islamic Religious Education Teacher Beliefs Toward Multimedia Learning. 19(1), 23–40. https://doi.org/10.21043/edukasia.v19i1.25952

Nurhasanah, enung. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Bebasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3155–3159. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1960

Purnama dkk, Y. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII. 3(1).

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute Perum Sekar Indah II.

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Salsabila, U. H., Rifki, M., Oktavianda, T., Annisa, & Fauzan Abid, D. (2024). Integrasi Teknologi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 136–147. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i1.133

Setiawan, A., & Suryani, N. (2017). Urgensi Pemanfaatan Multimedia pada Pendidikan Agama Islam Jenjang SMK. 15(02), 1–11.

Setiawan, Z., & Dkk. (2023). Buku Ajar Multimedia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Zahwa, F. A. (2022). PEMILIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. 19(01), 61–78.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Melanie Putri, Meli Tri Khasanah, Muhammad As’ari Safutro, & Abdul Azis. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Merenungkan Kekuasaan Allah SWT. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 13–22. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.343

Issue

Section

Articles