Pembelajaran Proyek Sains Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun

Authors

  • Maryani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Suparni UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Hindun UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.340

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh peneliti yaitu kurangnya guru menerapkan konsep-konsep pembelajaran proyek sains, kurangnya guru dalam menerapkan konsep-konsep perkembangan sosial emosional anak Rumusan masalah penelitian ini yaitu, 1) bagaimanakah konsep penerapan pembelajaran proyek sains dalam meningkatkan sosial emosional padda anak usia ddini 5-6 tahun di taman kanak-kanak Pembina negeri kecamatan singkut kabupaten sarolangun provinsi jambi, 2) bagaimanakah konsep sosial emosional anak melalui pembelajaran proyek sains pada anak usia dini 5-6 tahun di taman kanak-kanak Pembina negeri kecamatan singkut kabupaten sarolangun provinsi jambi, 3) faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan guru kurang optimal dalam melaksanakan pembelajaran proyek sains dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak pada anak usia dini 5-6 tahun di taman kanak-kanak Pembina negeri singkut kabupaten sarolangun provinsi jambi. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptip. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, Display data, verifikasi data dan ujian kepercayaan menggunakan tringgulasi data. Lokasi penelitian dilakukan di taman kanak-kanak Pembina negeri singkut kabupaten sarolangun provinsi jambi. Hasil dari penelitian ini yaitu konsep penerapan pembelajaran proyek sains di taman kanak-kanak Pembina negeri singkut kabupaten sarolangun provinsi jambi sudah bisa dikatakan cukup baik, dikarenakan bantuan dari metode kegiatan pembiasaan yang dilakukan oleh guru. Konsep penerapan proyek sains dalam meningkatkan sosial emosional anak di taman kanak-kanak Pembina negeri singkut kabupaten sarolangun provinsi jambi juga bisa dikatakan cukup baik walaupun masih ada beberapa anak yang belum mampu melakukan kegiatan proyek sains. Meski terdapat faktor penghambat dalam penerapan pembelajaran proyek sains yaitu dari rendahnya kompetensi guru beserta media dan fasilitas yang ada disekolah, kurangnya kepedulian guru dalam mengenal dan menerapkan perkembangan sosial emosional anak dan keterbatas diwaktu.

References

Suyadi, Cooperative Learning (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2014), 27.

Sujiono, Yuliani Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Indeks, 2016), 52.

Moeslichatoen R, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak (Jakarta: Rineka Cipta,2004), 137.

Sujiono, Metode Proyek (Jakarta: Rineka Cipta,2004), 36.

Yeni Rahmawati, Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak (Surabaya: Kencana Prenada Media Group, 2007), 61-62.

Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011), 42.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinas (Mixed Metods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi, 433.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinas (Mixed Metods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi, 435-442

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Maryani, Suparni, & Hindun. (2024). Pembelajaran Proyek Sains Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 23–47. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.340

Issue

Section

Articles