Program Best Practices Series Dalam Mempromosikan Kompetensi Guru PAI di Jawa Timur

Authors

  • Moch Aulya Sulthon HM Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Sulanam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.334

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan Program Best Practice Series dalam mempromosikan kompetensi guru PAI di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik etnografi digital yang meliputi pengamatan sistematis, partisipasi, dan analisis praktik sosial dan budaya dalam kelompok atau komunitas tertentu secara online. Berkenaan hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa meningkatnya kompetensi guru PAI di Jawa Timur dalam penerapan metode pembelajaran inovatif, pemanfaatan digital dalam pembelajaran, penguatan karakter, dan pengembangan kompetensi secara berkelanjutan. Para guru yang berpartisipasi memberikan umpan balik yaitu melaporkan terjadi peningkatan keterampilan, komunikasi, pemahaman konten pembelajaran PAI yang relevan. Maka diperoleh kesimpulan dari penelitian ini bahwasannya Program yang dilaksanakan yaitu Best Practice Series berhasil dalam mempromosikan kompetensi guru PAI di Jawa Timur. Program ini berkontribusi positif terhadapan peningkatan mutu pendidikan agama islam melalui seminar yang menjelaskan metode – metode pembelajaran relevan, penggunaan digital, penguatan karakter dan inovatif. Kedepannya perlu dukungan secara berkelanjutan dari pemerintah dan lembaga pendidikan untuk mempraktekkan dan memperluas program ini untuk meningkatkan mutu pendidikan PAI secara menyeluruh.

References

Ali, Makhrus. 2022. “Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar.” Ar-Rusyd: jurnal pendidikan agama islam 1(2):94–111.

Anon. t.t. “Pais Jatim Berkarakter - YouTube.” Diambil 27 September 2024 (https://www.youtube.com/).

Asha, Lukman. 2019. “Langkah Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Curup.” FOKUS : Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 4(2):117.

Cikka, Hairuddin. 2020. “Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Di Sekolah.” gurutua 3(1):43–52.

Darling-Hammond, Linda, dan John Bransford. 2007. Preparing Teachers for a Changing World: What Teachers Should Learn and Be Able to Do. 1 ed. San Francisco: John Wiley & Sons.

Fullan, Michael. 2015. The New Meaning of Educational Change, Fifth Edition. 5 ed. New York: Teachers College Press.

Good, Thomas L., dan Jere E. Brophy. 2008. Looking in Classrooms. 10 ed. Boston: Pearson/Allyn and Bacon.

Joyce, Bruce, dan Beverley Showers. 2003. “Student Achievement through Staff Development.” Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development 3.

Judrah, Muh, Aso Arjum, Haeruddin Haeruddin, dan Mustabsyirah Mustabsyirah. 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral.” Journal of Instructional and Development Researches 4(1):25–37.

K, Abdullah, dan Fahmiah Akilah. 2020. “Relevansi Kurikulum 2013 Dengan Pembelajaran PAI Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10(1):11–23.

Lanu, Gita Saraswati Baceba, Marcus Bartolomeus Serhalawan, Novtu Mercy Lombu, Fitriani Fitriani, dan Erni Murniarti. 2024. “Manajemen Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Mengajar Di Sekolah.” Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2(7):214–24.

Mandopa, Andi Saputra, Alwendi, dan Erwina Azizah Hasibuan. 2024. “Sosialiasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Untuk Mempromosikan Penerimaan Siswa Baru Di SMAN 4 Padangsidimpuan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri (JPMM) 2(02):67–71.

Ma’rifataini, Lisa Diyah. 2017. “Best Practice Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah (SMA/SMK).” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 1(1).

Musyaropah, Aliyatul. 2024. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran PAI.” Jurnal Ilmiah Sultan Agung 3(1):363–71.

Ningrum, Sukma Ayu, Bahtiar Siregar, Ahmad Ridwan, Deva Nakia, Suriyadi Suriyadi, dan Ismalia Putriana Simbolon. 2024. “Kompetensi Guru Agama Islam Dalam Membangun Suasana Belajar Yang Efektif.” Journal on Education 6(2):14994–99.

Pais Jatim Berkarakter, dir. 2024a. Diseminasi Best Pactice Pembelajaran PAI pada TK.

Pais Jatim Berkarakter, dir. 2024b. Diseminasi Best Practice Pembelajaran PAI Part 8.

Pais Jatim Berkarakter, dir. 2024c. Pembelajaran PAI “Model Pembelajaran SAVI Berbasis Media ICT.”

Pais Jatim Berkarakter, dir. 2024d. Penggunaan Padlet, Quizizz & G-Meet Dalam Blended Learning.

Rianti, Rina, dan Agus Setiawan. 2024. “Inovasi Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka Di Era Society 5.0.” Samarinda International Journal of Islamic Studies 1(1):45–65.

Ridwanulloh, Ridwanulloh, Dian Mohammad Hakim, dan Ari Kusuma Sulyandari. 2024. “Peran Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memebentuk Karakter Religius Siswa Di SMK Shifa’kalipare Malang.” Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan 9(6):215–26.

Rosaliza, Mita, Hesti Asriwandari, dan Indrawati Indrawati. 2023. “Field Work: Etnografi Dan Etnografi Digital.” Jurnal Ilmu Budaya 20(1):74–103.

Zakariduan, Muhammad Febrin, dan Muh Ihsan. 2024. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas II SD Negeri 012 Bontang Selatan Tahun Pembelajaran 2022/2023.” NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 2(1):23–36.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Moch Aulya Sulthon HM, & Sulanam. (2024). Program Best Practices Series Dalam Mempromosikan Kompetensi Guru PAI di Jawa Timur . IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 1–12. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.334

Issue

Section

Articles