Pemikiran Pendidikan Islam Dalam Pandangan Muhammad Abduh
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.332Abstract
Pendidikan islam sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai ajaran agama islam pada ruang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemikiran pendidikan islam dalam pandangan muhammad abduh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data dokumentasi pada buku, dan artikel ilmiah pada jurnal, serta dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diutarakan bahwa muhammad abduh adalam salah satu tokoh islam modern, yang banyak melakukan pembaharuan dari segi pendidikan social dan politik umat islam yang mengalami ketertinggalan, yang di sebabkan umat islam saat itu di pengaruhi paham jumud atau pemikiran yang statis, yang tidak mau melakukan pembaharuan pemikiran yang di anggap Muhammad abduh adalah suatu kebodohan, menurut Muhammad abduh dalam Al-Qur’an banyak ayat yang menyerukan umat islam untuk berfikir. Melalui pemikiran akan tercipta ilmu pengetahuan, ia pun membenarkan pendapat penulis barat yang mengatakan umat islam mengalami kemunduran di sebabkan paham jabariah. Muhammad abduh melakukan pembaharuan-pembaharuan dalam sistem pendidikan, kurikulum dan tujuan pendidikan itu sendiri. Menurutnya pendidikan klasikal yang selama ini di terapkan di banyak lembaga pendidikan harus di lakukan pembaharuan, dengan cara memulainya pada sistem pendidikan yang ada di Al-Azhar yang di anggapnya pusat pendidikan islam dunia.
References
Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.
Andik Wahyun Muqoyyidin,”Pembaharuan pendidikan islam menurut Muhammad abduh” IIP,Vol.XXVIII.No.2 (2013) 1434 120733-ID-pembaruan-pendidikan-islam-menurut-muham.pdf
Cahaya Khaeroni,”Gagasan pembaharuan pendidikan islam Muhammad abduh” At-Tajdid, Volume, 1, No 1 (Januari-juni 2017) 340-605-1-SM.pdf
Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.
Fatkhur Rohman,” Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad abduh” Raudah, Vol.IV,No.1 (Januari-Juni2016),ISSN2338-2163 file:///D:/MK%20PIAUD%202020/Pemikiran%20Islam%20Klasik%20&%20Modern/bahan%20Muhammad%20abduh/63-213-1-PB.pdf
Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.
Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.
Hatta, Ahmad, Tafsir Qur’an Perkata, dilengkapi dengan asbabun nuzul & terjemah, (Jakarta : Maghfinh Pustaka, 2009)
Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.
Indra setia pohan,”Konsep Pemikiran pendidikan islam Muhammad abduh” indra setia pohan.pdf
Khairiyanto,”Pemikiran Jamaludin al-Afghani dan Muhammad abduh serta Relasinya dengan Realitas social di Indonesia” IJITP, Volume,1 No.2, (Desember 2019) Khairiyanto.pdf
Komaruzaman,”Studi pemikiran Muhammad abduh dan pengaruhnya terhadap pendidikan di Indonesia” Tarbawi, Vol.3 No.01 (2017) 90-101 256454-studi-pemikiran-muhammad-abduh-dan-penga-89ddf862.pdf
Moh. Khozin,”Muhammad abduh dan Pemikiran-pemikirannya” Sastranesia, Vol.3 No.3 (2015) Muhammad_Abduh_dan_Pemikiran-Pemikirannya.pdf
Nasution, Harun. 1987. Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazillah. Jakarta: UI Press.
Nurlaelah Abbas,”Muhammad abduh: Konsep Rasionalisme dalam islam” Jurnal Dakwah Tabligh, Vol.15, No.1, (Juni 2014) 51-68 76907-ID-none.pdf
Nasrudin Yusuf,”Perbandingan pemikiran Muhammad abduh dan Rasyid ridha tentang pendidikan” Jurnal Setia Budaya, Vol.8 No.01 (Januari-juli 2011) Nasrudin Yusuf.pdf
Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.
Ridwan,” Pesona Pemikiran Muhammad abduh” Ridwan.pdf
Rusli,Ris’an Pemikiran teologi islam modern, (Jakarta : Kencana, 2018) 31
Sedgwick, Mark. 2010. Muhammad Abduh. London: Oneworld Publications
Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.
Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sabrun Jamil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.