Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas VIII MTs Al Huda Sumobito Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.325Abstract
Ilmu tajwid merupakan kaidah cara membaca huruf al-Qur’an secara baik dan benar. Kemampuan membaca al-Qur’an adalah mampu melafalkan bacaan ayat al-Qur’an sesuai tajwidnya, makharijul huruf,kelancaran/tartil saat membaca al-Qur’an. Kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTs Al Huda rata- rata sudah baik, akan tetapi hasil belajar materi tajwid yang khususnya materi hukum bacaan mad pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis masih ada di bawah rata-rata, sangat sayang sekali jika bacaan al-Qur’an sudah baik tetapi belum memahami dengan benar mengenai kaidah- kaidah hukum tajwid.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemahaman tajwid dengan kemampuan membaca al-Qur’an kelas VIII siswa MTs AlHuda Sumobito Jombang. Desain penelitian ini menggunakan field Research. Jenis penelitian kuantitatif, pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan Tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dengan 38 responden. Hasil penelitian :1) Pemahaman ilmu tajwid “sangat baik” karena berada di interval 74-100 dengan prosentase 71%. 2) Kemampuan membaca al-Qur’an “sangat baik” karena berada di interval 74-100 dengan presentase 81%. 3) Hasil perhitungan korelasi sebesar 0,763, yakni nilai r terletak antara 0,70-0,90 yang memiliki interprestasi “tinggi”. Maka dapat diketahui bahwa adanya hubungan antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs AlHuda Sumobito Jombang.
References
Afifah, Siti Nur, Rohmad. (2022). “Pemahaman Ilmu Tajwid Melalui Metode Sorogan Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an”, Jurnal Dirasah, 67.
Agustiawan,Yosi. (2021). Pedoman Praktis Penelitian Kuantitatif dengan SPSS, Jombang:Unipdu Press.
Al-Qur’an ku. (2018). Jakarta: Lautan lestari.
Amalia, Endang dan Widarti. (2022). “Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini”,914.
Annisa, Yulia, Dedih Surana. (2022). “Studi Deskriptif terhadap Pembelajaran Ilmu Tajwid Pola K.H. Saefudin Ahmad dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an” Jurnal Islamic Education, 132.
Dinda, Wira Restia, Arman Husni. (2023). “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Muslim Pro sebagai Media Pembelajaran terhadap Pemahaman Hukum Tajwid siswa di MTSS Nurul Falah Solok Selatan”, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 776.
Margono. (2005). Metedologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Milatuchulwiyah. (2018). Pengaruh Pemahaman Ilmu Tajwid terhadap kemampuan membaca Al -Qur’an pada mata Pelajaran Tahsinul Qur’an Siswa MTs Yayasan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mathalul Huda Ambarawa Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017. “Skripsi” IAIN METRO.
Muhid, Abdul. (2012). Analisis Statistik. Sidoarjo: Zifatma Publishing.
Nadhifah Ismi Rahmawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Ifham Al- Murid Fi Ilmi Al- Tajwid Terhadap Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri Asrama Darul Qur’an Pondok Pesantren Bidayatul Bidayah Mojogeneng Jatirejo Mojokerto “Skripsi”. Fakultas Agama Islam UNIPDU Jombang.
Ni’mah, Siar, Firdaus, Amir Hamzah. (2021). “Korelasi Hasil Belajar Ilmu Tajwid dengan Tingkat Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Prodi IAT IAI Muhammadiyah Sinjai”, Jurnal Kajian Al-Qur’an dan Tafsir, 1.
Rizki Ocha Santina,dkk. (2021). “Analisis Peran Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6.
Ruslan, Rosady. (2013). Metedologi Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sayuti,Ilmu Tajwid Lengkap tk.: Sangkala, t.th.
Sugiyono. (2015). Statistik Non Parametrik,Jakarta: Cv. Alfabeta
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
Sujarweni,V. Wiratna. (2014). Metedologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Pres.
Tamam Abas, Muhammad Iqbalut. (2023). Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid dengan Kemampuan Membaca al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al Khidmah Bojong Gede. “Skripsi” STAI NIDA EL-ADABI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfiya Kusumawati, M Yahya Ashari, Amrulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.