Analisis Penilaian Guru Yang Efektif Pada Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.290Abstract
Penelitian ini menganalisis penilaian guru yang efektif dalam pencapaian kompetensi pengetahuan siswa, yang merupakan aspek penting dalam evaluasi pendidikan. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa pendidikan memiliki peran utama dalam membentuk individu yang siap menghadapi tantangan zaman dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana penilaian guru dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research, di mana informasi dikumpulkan dari berbagai sumber akademik seperti jurnal ilmiah, buku, dan artikel dalam database online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kompetensi pengetahuan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural. Teknik penilaian yang efektif seperti tes tertulis, tes lisan, dan penugasan membantu guru dalam mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa, memetakan tantangan belajar, dan meningkatkan proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik penilaian yang tepat dan cakupan pengetahuan yang menyeluruh sangat penting untuk mencapai pencapaian kompetensi pengetahuan siswa yang optimal. Dengan demikian, guru perlu menerapkan berbagai metode evaluasi yang komprehensif untuk mendukung perkembangan pengetahuan siswa secara efektif.
References
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699.
Arifin, A., Sholihah, H. J., & Hermawan, A. (2024). Analisis Soal Tes Keterampilan Berbahasa Pada Pat Bahasa Arab Sekolah Menengah Pertama. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2597–2620.
Atiratul Jannah. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758–2771.
Badrudin, B., Razabi, M. R., Rahmi, R. S., & Mulyani, S. (2024). Pengembangan Manajemen Penilaian Pendidikan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1788–1796.
Bintang, H., Darnah, E., Masta, N., Rinaldi, R., Guswantoro, T., & Sianturi, M. (2020). Analisis pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif siswa melalui pembelajaran integrasi flipped classroom dan PBL. Physics Education Research Journal, 2(2), 105–122.
DIKDAS, T. G. T. K. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru.
Fadlilah, D. R., Fauziah, A. S., & Miranto, S. (2024). Survei tingkat penalaran ilmiah peserta didik se-SMA Negeri Tangerang Selatan. Academy of Education Journal, 15(1), 516–522.
Fitri Mulyani, N. H. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109.
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11.
Idris, M. M., & Asyafah, A. (2020). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(1), 1–9.
Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1).
Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., Latuheru, R. V., & Hanafi, S. (2023). Pengantar Pendidikan. CV Rey Media Grafika.
Magfirotin, E. S., & Amir, M. F. (2024). Elementary School Students’ Conceptual and Procedural Knowledge in Solving Fraction Problems. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 15(1), 109–121.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Nabilla, H. A. (2024). Analisis Keterampilan Proses Dalam Mengkonstruksi Pengetahuan Melalui Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika Pada Siswa SMP. Universitas Jambi.
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132.
Salamah, U. (2018). Penjaminan mutu penilaian pendidikan. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 274–293.
Samsudin, M. A., & Iffah, U. (2019). Penilaian Autentik Pada Matapelajaran Pendidikan Agama Islam. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 4(1), 77–85.
Susanto, S. (2023). Pengembangan alat dan teknik evaluasi tes dalam pendidikan. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1(1).
Sutarna, N. (2016). Penerapan Metode Penugasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Peta Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 34–43.
Suwandi, S., Ulya, C., Wardani, N. E., Zulianto, S., & Setiyoningsih, T. (2024). Representasi Pengetahuan dan Keterampilan Berpikir Aras Tinggi dalam Modul Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Language Education and Literature, 9(2), 284–298.
Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 307–316.
Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan konsep instrumen evaluasi hasil belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1–9.
Yusuf, M. (2023). Evaluasi Metode Penilaian dalam Pendidikan Islam dalam Upaya Meningkatkan Ketepatan dan Objektivitas Penilaian Siswa. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 92–97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eva Safitri, Safitri, Eka Widyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.