Kebijakan Pendidikan Dalam Mengatasi Masalah Kualitas, Kuantitas Efektivitas dan Efisiensi

Authors

  • Abd. Muiz Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Rohmatul Anisah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Untung Khoiruddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Erwin Indrioko Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.272

Abstract

Kebijakan dalam pendidikan menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa pendidikan di Indonesia dapat berkembang secara menyeluruh dan berkelanjutan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi kebijakan untuk meningkatkan kondisi pendidikan secara menyeluruh. Metode penelitian ini menggunakan Review Literature, Data dikumpulkan dari berbagai sumber tertulis, termasuk artikel, dokumen, dan literatur terkait, yang kemudian dianalisis untuk menemukan strategi yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan empat fokus utama: (1) pengembangan kurikulum, pelatihan guru, dan evaluasi sekolah, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran, (2) peningkatan aksesibilitas pendidikan melalui alokasi anggaran, beasiswa, dan insentif, sehingga pendidikan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat, (3) inovasi dalam pembelajaran seperti integrasi teknologi dan metode pembelajaran berbasis proyek, yang bertujuan untuk membuat proses belajar mengajar lebih relevan dan menarik, (4) optimalisasi efisiensi pendidikan dengan transparansi, akuntabilitas, dan penggunaan data, untuk memastikan pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien. Implementasi kebijakan holistik ini diharapkan mampu mengatasi berbagai masalah pendidikan dan membentuk generasi yang kompeten untuk menghadapi era globalisasi, serta mendorong kemajuan bangsa secara keseluruhan.

References

Abdurrahman. (1987). Beberapa Pemikiran Tentang Otonomi Daerah. Jakarta : Media Sarana Press

Arcana, I. N., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2015). Studi Evaluatif Tentang Kualitas Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd Gugus Inti Kecamatan Abang,

Aslam, H. D. (2013). School-Based Management in Oman: Principals†™ Views and Understanding. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 2(3), https://doi.org/10.6007/ijarped/v2-i3/2

Aulia Alfirzan,dkk.2021. Kebijakan Pendidikan, Implementasi Kebijakan Pendidikan. Padang: Jurnal Pendidikan Tambusai

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Batubara, H. H., & Arian, D. N. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sdn Sungai Miai 5 Dan Sdn Surgi Mufti 4 Di Banjarmasin, 3,

Biltagy, M. (2013). Quality of Education, Earnings and Demand Function for Schooling in Egypt: An Economic Analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy 2012), https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.123

Caldwell, B. J. (2005). Management. Paris: The International Institute for Educational Planning (IIEP).

Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Jogjakarta. Gajah Mada University Press

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

E. Mulyasa, 2009 Manajemen Berbasis Sekolah, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Fasli jalal, Dedi Supriadi. 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi

Daerah, Adicita Karya Nusa, Yogyakarta.

Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.

H.A.R. Tilaar. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Indonesia, Rineka Cipta,

Jakarta.

H.Yuningsih,2015.Kebijakan Pendidikan Islam Masa Orde Baru,UIN Bandung: Jurnal Pendidikan Islam

Hamid, H. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan

Hasbullah, 2015. Kebijaka Pendidikan dalam perspektif teori, Aplikasi dan Kondisi obyektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Rajawali Pres

Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.

Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.

Ihsan; Djailani; AR; Sakdiah Ibrahim. (2014). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 62 Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(2).

Kiragu, J. W., King’oina, J. O., & Migosi, J. A. (2013). School-based management prospects and challenges: A case of public secondary schools in murang’a south district. International Journal of Asian Social Science, 3(5), Retrieved from http://www.aessweb.com/journal-detail.php?id=5007

Kunandar. 2007. Guru Profesional, Implementasi KTSP dan persiapan menghadapi sertifikat Guru, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Marjohan, 2009, School Healing Menyembuhkan Problem Sekolah, Pustaka Insan Madani, yogyakarta.

Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1),

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86

Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.

Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.

Sunaryo Kartadinata. 2019. Pendidikan Generasi Milenial, anonim

Supardi, 2013, Sekolah Efektif Konsep Dasar & Praktiknya, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Syafaruddin, 2008, Efektivitas Kebijakan Pendidikan, PT Rineka Cipta, jakarta

Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Abd. Muiz, Anisah, R., Khoiruddin, U., & Indrioko, E. (2024). Kebijakan Pendidikan Dalam Mengatasi Masalah Kualitas, Kuantitas Efektivitas dan Efisiensi. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 46–64. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.272

Issue

Section

Articles