Penerapan Metode Pembiasaan Sholat Pada Anak Usia Dini

(Studi di Raudhatul Athfal Al- Ittihad Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat)

Authors

  • Ja’far Amirudin Universitas Garut, Jawa Barat
  • Elih Herlina Universitas Garut, Jawa Barat
  • Hani Siti Nuraeni Universitas Garut, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.258

Abstract

Metode pembiasaan sholat memerlukan pembiasaan-pembiasaan agar pendidikan tersebut bisa menjadi jati diri anak yang akhirnya akan membentuk karakter anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan sholat pada anak usia dini. Pendekatan penelitian ini  menggunakan metode kualitatif deskriptif, informan kunci dalam penelitian ini adalah guru kelas dan guru pendamping, sedangkan kepala sekolah dan anak didik dijadikan sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Raudhatul Athfal Al-Ittihad untuk memperkuat pemahaman anak-anak tentang ajaran islam dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta membentuk karakter yang baik sesuai dengan ajaran agama. Nilai-nilai agama yang ditanamkan di Raudhatul Athfal Al-Ittihad adalah mencakup nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Ketiga nilai tersebut terperinci dalam beberapa materi, yaitu Aqidah, Fiqh, Akhlaq, Do’a harian dan penanaman nilai-nilai agama pada anak didik.

References

Ahmadi, Abu., Drs., H., Munawar Sholeh, Psikologi Perkembangan. Cetakan I.Jakarta : Rineka Cipta. 2005

Clark, , Eve V, Old and New Words Forms for New Meaningdalam Men dan Ratna, coining new words: 2000.

Darajat, Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: CV Ruhama, 1995) dalam skripsi Parsaulian, Sari Domu, Studi Perkembangan Kemampuan Menghapal Surat Al-Fatihah Anak Usia 5 Tahun Di Kampung Teleng PadangSidempuan,2007.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. 2008

Djamiatul Islamiah. Jurnal Pendidikan Agama Bagi Anak antara Karakteristik dan Treatment. 2008

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. Mengenal Penelitian TindakanKelas. Jakarta : PT Indeks. 2009

Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : Remaja Karya. 1995

Santrock, John W., Psikologi Pendidikan. Cetakan ke 2. Jakarta : Kencana. 2008

Hasnawati, ‘Urgensi Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Dalam Membentuk Kepribadian Islami’, Jurnal Pendidikan, Vol 2, No (2019), 3

Baharuddin, Ismail, ‘Upaya Orangtua Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini’, 08.02 (2016), 92–106

Etivali, Adzroil Ula Al, and Alaika M. Bagus Kurnia, ‘Pendidikan Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Penelitian Medan Agama, 10.2 (2019), 212–36

Hasanah, Hasyim, ‘Teknik-Teknik Observasi’, 8.1 (2017), 21

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Amirudin, J., Herlina, E., & Siti Nuraeni, H. (2024). Penerapan Metode Pembiasaan Sholat Pada Anak Usia Dini: (Studi di Raudhatul Athfal Al- Ittihad Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat). IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 82–90. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.258

Issue

Section

Articles