Peran Teknologi Pendidikan Dalam Kemajuan Pendidikan Islam di Abad 21

Authors

  • M Choirul Muzaini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Umi Salamah STIT Al Mubarok Lampung Tengah

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.214

Abstract

Era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, pendidikan mengalami transformasi signifikan yang membawa berbagai peluang dan tantangan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran teknologi pendidikan dalam kemajuan pendidikan Islam di abad 21. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan jenis tinjauan literatur. Pengumpulan informasi dilakukan melalui pencarian berbagai sumber penting, termasuk sumber primer dari literatur yang membahas langkah-langkah penyusunan kegiatan pembelajaran dan lembar kerja siswa, serta beberapa literatur lain yang relevan dengan penelitian ini. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil kajian yang menunjukkan bahwa urgensi pendidikan Islam di abad 21 terletak pada adaptasinya terhadap teknologi dan globalisasi, sambil mempertahankan nilai-nilai dan tradisi intinya. Integrasi teknologi, kurikulum adaptif, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, dan kolaborasi global memungkinkan pendidikan Islam untuk berkembang dan membentuk generasi yang berpengetahuan dan berakhlak. Teknologi pendidikan meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan metode pembelajaran, meskipun tantangan infrastruktur dan kompetensi tenaga pendidik perlu diatasi. Dengan demikian, pendidikan Islam dapat terus berkembang sesuai tuntutan zaman sambil mempertahankan nilai-nilai intinya.

References

Alfi, A. M., Febriasari, A., & Azka, J. N. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam Melalui Teknologi. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.55606/religion.v1i4.249

Asniah, A., Evi, F., & Rijal, P. (2024). Peran pesantren sebagai lembaga pendidikan islam di indonesia. ILJ: Islamic Learning Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v2i1.1371

Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Rahma, M., Salbiah, S., & Soleha, I. J. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.504

Barokah, J. (2023). Tren dan Perkembangan dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pendidikan Agama Islam. Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5), Article 5.

Daheri, M. (2023). Pembaruan Pendidikan Islam dalam Era Society 5.0. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 22(2), Article 2. https://doi.org/10.29138/lentera.v22i2.1310

Fauzi, M., & Arifin, M. S. (2023). Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan islam. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.217

Fredlina, K. Q., Putri, G. A. M. A., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2021). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Era New Normal. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13808

Hadisi, L., & Muna, W. (2021). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran ( E-learning ). Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikroj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 33–41. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006

Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. QUALITY, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.7503

Hasibuan, N. (2016). Pengembangan Pendidikan Islam Dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.313

Huraerah, A. J. A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2024). Pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap pendidikan indonesia. Journal of Islamic Education Policy, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jiep.v8i2.2715

Liriwati, F. Y., Marpuah, S., Wasehudin, & Zulhimma. (2024). Transformasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah; Menyongsong Era Pendidikan Digital. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i1.103

Mahbuddin, A. N. G. (2020). Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran PAI. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 183–196. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2312

Manan, A. (2023). Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni dalam Era Digital. Scholastica: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), Article 1.

Melisawati, S., & Jamilus, J. (2024). Membangun Generasi Unggul: Menjelajahi Strategi Pengembangan SDM di Lembaga Pendidikan Islam Era Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5689–5697. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4519

Muchasan, A., & Rohmawan, D. (2024). Pemanfaatan Teknologi Di Pesantren ( Dampak Dan Solusi Dalam Konteks Pendidikan ). Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.55148/inovatif.v10i1.849

Muzaini, M. C., & Fadhilah, N. (2022). Strategi Contekstual Teaching and Learning pada Pembelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum. Attractive : Innovative Education Journal, 4(3), 265–276. http://dx.doi.org/10.51278/aj.v4i3.498

Muzaini, M. C., & Fadhilah, N. (2023). Manajemen Sumber Daya Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Bandar Mataram. Waniambey: Journal of Islamic Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.653

Muzaini, M. C., Rahayu, R., Rizky, V. B., Najib, M., Supriadi, M., & Prastowo, A. (2023). Organisasi Integrated Curriculum dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Life Skill di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 598–612. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7369

Muzakky, R. M. R., Mahmuudy, R., & Faristiana, A. R. (2023). Transformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0. Aladalah: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3), Article 3.

Nugraha, M. T., Saepuloh, U., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2020). Pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di islamic boarding school. Waniambey: Journal of Islamic Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.53837/waniambey.v1i2.250

Nugroho, M. A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.30-60

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11268

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275

Qurtubi, A., Ramli, A., Mahmudah, F. N., Suwarsito, S., & Nasril, N. (2024). Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Digitalpreneurship Sebagai Solusi Dalam Menghadapi Tantangan Era Teknologi Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9386

Rahayu, S. (2024). Media Pembelajaran Konsep Dasar, Teknologi dan Implementasi Dalam Model Pembelajaran (Cet. Ke-1). umsu press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Aj_8EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR9&dq=teknologi+juga+memungkinkan+akses+yang+lebih+luas+dan+merata+terhadap+sumber-sumber+belajar,+termasuk+literatur+klasik+Islam+dan+kajian+kontemporer,+yang+sebelumnya+sulit+diakses+oleh+banyak+kalangan.&ots=-u6EiwKhCP&sig=lk_zChU8ZZD_BxD8qmXzrxdbWCE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rohman, M. (2024). Pengelolaan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Relevan Dan Adaptif Terhadap Tantangan Zaman. Unisan Jurnal, 3(2), Article 2.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113

Sabri, A. (2020). Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0 (Cet. Ke-1). Deepublish.

Saepudin, J. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Keterampilan Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Garut. Penamas, 32(2), Article 2. https://doi.org/10.31330/penamas.v32i2.351

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Karwanto, Supriyono, Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., Sofiyana, M. S., & Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104–126.

Sumantri, A., Tamyis, & Ekowati, E. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam. Unisan Jurnal, 3(1), Article 1.

Suyuti, S., Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Syahrijar, I., Supriadi, U., & Fakhruddin, A. (2023). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Melalui Pembelajaran Berbasis Digital (Studi Eksploratif di SMA Negeri 15 dan SMA Alfa Centauri Kota Bandung). Journal on Education, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2389

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Wati, S., & Nurhasannah, N. (2024). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 149–155. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p149-155

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2024). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12–12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115

Zainuddin, Z., & Martedi, F. (2023). Rekontruksi Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun di Era Society 5.0. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 21(1), Article 1.

Zanah, S. S., Salsabila, C., & Rachman, I. F. (2024). Transformasi Inovasi Dalam Peningkatan Literasi Digital Untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030. Merdeka : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), Article 5. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1334

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

M Choirul Muzaini, Prastowo, A., & Salamah, U. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Kemajuan Pendidikan Islam di Abad 21. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 70–81. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.214

Issue

Section

Articles