Analisis Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Hapni Laila Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.194

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh mahasiswa di abad ke-21. Keterampilan berpikir kritis ini mencakup keterampilan mengidentifikasi masalah, memilih dan mengevaluasi masalah, mengorganisir masalah, serta mencari solusinya secara tepat dan logis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah PAI di Universitas Negeri Medan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Penelitian dilakukan di beberapa jurusan di Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam perkuliahan PAI di Universitas Negeri Medan telah berjalan dengan baik. Ini dapat dilihat dari keempat indikator berpikir kritis yang diteliti semuanya berada dalam kategori baik yaitu mencakup pengembangan kemampuan dalam mengidentifikasi dan menganalisis masalah, pengembangan kemampuan dalam mencari solusi untuk memecahkan masalah nyata secara kreatif dan logis, sikap dan keperdulian mahasiswa terhadap masalah sosial yang ada disekitarnya dan pengembangan kemampuan bersikap dan berpikir kritis. Namun demikian pengembangan model pembelajaran PAI yang inovatif yang membangun kemampuan berpikir kritis mahasiswa masih perlu terus dilakukan. Diantara model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa adalah model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran berbasis proyek.

References

Anugraheni, I. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menumbuhkan Berpikir Kritis Melalui Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 261–267. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.197

Dian, D., Indayanti, A. N., Irfan Fanani, A., & Nurhayati, E. (2023). Optimizing Islamic Religious Colleges In Facing The Era of Globalization. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 58–77. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.326

Fachurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media.

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396

Ibrahim, I., Sujadi, I., Maarif, S., & Widodo, S. A. (2021). Increasing Mathematical Critical Thinking Skills Using Advocacy Learning with Mathematical Problem Solving. Jurnal Didaktik Matematika, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.24815/jdm.v8i1.19200

Laras Fitri Aini Hasibuan, Haliza Rahmania Putri, Hendriadi Hasibuan, Ratri Aulia Wijaya, Rama Ardiansyah Tumangger, & Hapni Laila Siregar. (2024). The Influence Of Islamic Religious Education In Forming Discipline Character In Students At Medan State University. International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Culture, and Social Humanities, 2(2), 187–202. https://doi.org/10.59024/ijellacush.v2i2.862

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063

Maričić, S., & Špijunović, K. (2015). Developing Critical Thinking in Elementary Mathematics Education through a Suitable Selection of Content and Overall Student Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180, 653–659. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.174

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Mulyana, R. (2018). Model pembelajaran nilai melalui pendidikan agama Islam. Saadah Pustaka Mandiri.

Murniati, A., & Hermawan, A. (2018). E-Problem Based Learning (E-PBL) Pada Mata Kuliah Akuntansi Manajemen Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i1.25

Nurmayani, N., Syarifah, S., Rahmilawati, R., Hapni, LS. (2024). Implementation of Education 4.0-based Outcome Based Education (OBE) in Social Science Learning Innovation Courses in Elementary School Teacher Education Study Program. Proceedings of the 5th International Conference on Innovation in Education, Science, and Culture. http://dx.doi.org/10.4108/eai.24-10-2023.2342046

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.

PISA. (2018). ASSESSMENT AND ANALYTICAL FRAMEWORK. © OECD 2019. https://doi.org/10.1787/acd78851-en

Priatna, N., Lorenzia, S. A., & Widodo, S. A. (2020). STEM education at junior high school mathematics course for improving the mathematical critical thinking skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 1173–1184. https://doi.org/10.17478/JEGYS.728209

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. In Prosiding Seminar Nasional , 160, 160–175.

Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7–12. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Siregar, H. L. (2018). Integrasi sains dan Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Digital Repository Universitas Negeri Medan, 2(1), 502-506.

Siregar, HL, & Ramli, R. (2020). DEVELOPMENT OF INTEGRATED CHARACTER EDUCATION MODELS IN PAI LEARNING AT UNIVERSITY. Tadib Journal of Islamic Education, 9(1), 116-129. https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6339

Siregar, H. L., Nurmayani, E. K., & Kurniawati, E. (2022, July). Analysis of Competence Development of the 21st Century in Islamic Religious Education Subject. In ICSST 2021: Proceedings of the 1st International Conference on Social, Science, and Technology, ICSST 2021, 25 November 2021, Tangerang, Indonesia (p. 100). European Alliance for Innovation.

Siregar, H. L., Syihabuddin, Hakam, K. A., & Komalasari, K. (2020). Application of project based learning (PJBL) inislamic religious education courses (an alternative solution to the problem of learning PAI at PTU). Journal of Critical Reviews, 7(1), 21–28. https://doi.org/10.22159/jcr.07.01.05

Tan, Charlene. (2014). Islamic Education and Indoctrination. New York: Routledge.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Laila Siregar, H. (2024). Analisis Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 134–150. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.194

Issue

Section

Articles