Menggali Keteladanan Abdullah Bin Umi Maktum Sebagai Model Kemandirian Bagi Pendidikan Anak Tuna Netra
Studi Kasus di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1763Keywords:
Keteladanan, Abdullah bin Umi Maktum, anak tunanetraAbstract
Keteladanan tokoh sejarah memiliki peran penting dalam membentuk kemandirian anak tunanetra di lingkungan pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan menggali nilai-nilai kemandirian Abdullah bin Umi Maktum sebagai figur inspiratif yang relevan untuk diaplikasikan pada pendidikan di Sekolah Luar Biasa Negeri Boyolali. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang diperkaya dengan wawancara sederhana terhadap siswa tunanetra, untuk memperoleh perspektif konseptual dan pengalaman nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Abdullah bin Umi Maktum merepresentasikan semangat keberanian, kepercayaan diri, dan peran aktif dalam masyarakat, yang dapat menjadi model pembelajaran kontekstual bagi anak tunanetra. Implikasi penelitian ini menegaskan perlunya integrasi nilai-nilai keteladanan Abdullah bin Umi Maktum ke dalam kurikulum SLB sebagai strategi untuk memperkuat kemandirian, meningkatkan kepercayaan diri, dan mendorong partisipasi sosial anak tunanetra di Indonesia
References
Al Aziz, H., Indonesia, A. R., Al Husaini, F. A., Dipawijaya, F., Isnanto, I. H., & Siregar, R. S. (2023). Internalisasi Nilai Hasthalaku melalui Braille Comic sebagai Strategi Pendidikan Karakter Siswa Tunanetra. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7503-7514. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5450
Amelia, R., Putri, K. A., Natalia, N., Sahna, A. R., Fahmy, Z., & Masfia, I. (2024). Analisis Peran Guru Dalam Mengenalkan Pendidikan Seksual Pada Remaja Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 5(3), 807-813. https://doi.org/10.55583/jkip.v5i3.909
Amin, M., & Rahardjo, A. B. (2023). Penguatan Religiusitas Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Umum Formal. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.75363
Ansari, M. I., Barsihanor, B., & Nirmala, N. (2021). Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mengembangkan Emosional Anak Autisme di Kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 28
Anurogo, D., & Napitupulu, D. S. (2023). Esensi Ilmu Pendidikan Islam: Paradigma, Tradisi dan Inovasi. Malang: Pustaka Peradaban.
Azizah, A. N. (2023). Peran Guru PAI dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Inklusif di Sekolah Dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(7), 81–93. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/1153
Farida, H., Hijriati, H., Ria, C. S., Rozah, R., & Rafita, M. (2024). Analisis Keterampilan Kemandirian Makan dan Minum Anak Tunanetra di TK Sarena Jaya. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 52-59. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.964
Haryanti, C. F., Wijayanti, P., & Winarti, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Braille Berbasis Masalah Dengan Bantuan Audio Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Tunanetra. Pi: Mathematics Education Journal, 6(2), 73-86. https://doi.org/10.21067/pmej.v6i2.8363
Ilfah, A., Nasution, U. N., Ritonga, A. A., & Farabi, M. A. (2024). Pendidikan Inklusi dalam Al-Qur’an Q.S Abasa Ayat 1-11. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i2.1422
Karadita, S., Anindita, D., Khoiriyah, W. P., Masfia, I., & Fahmy, Z. (2024). Pendidikan Karakter Kemandirian Tunanetra di SLB Negeri 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 22543-22552.
Khoirunnisa, E. C. (2022). Peran Guru Pai Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas IX Di Smp Terpadu Ponorogo [Diploma, IAIN PONOROGO]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/19236/
Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology. Los Angeles: SAGE.
Nasaruddin, N. (2024). Metode Penelitian Kombinasi. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), Padang : CV. Gita Lentera https://books.google.co.id/books?id=rFErEQAAQBAJ&lpg=PA34&ots=IdC33zP6a9&dq=triangulasi%20data%20yang%20memadukan%20wawancara%2C%20observasi%2C%20dan%20analisis%20dokumen%2C%20&lr&hl=id&pg=PP3#v=onepage&q&f=false
Noor, A. S., Titiyani, L., Prazeti, N. E., Sasmita, R. P., & Mayasari, M. (2024). Peran Komunitas Tunanetra Dalam Membangun Hubungan Serta Membentuk Identitas Diri Bagi Penyandang Disabilitas Tunanetra. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7696-7702.
Oktaviani, F., & Harsiwi, N. E. (2024). Tantangan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi SDN Gebang 1. Journal of Special Education Lectura, 2(1), 24-30. https://doi.org/10.31849/jselectura.v2i1.20995
Pebiani, A., Genial, C., Nur, J., Fitri, K., Azmi, R., & Hamidah, S. (2024). Pentingnya Pendidikan Agama Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(3), 249-255. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.870
Pransiska, T. (2017). Kejayaan Islam dan Kontribusi Para Muslim Difabel: Sebuah Pendekatan Historis. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 5(2), 164-167
Pulungan, E. A. B. (2023). Konsep Islam Tentang Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Edukatif, 1(2), 156 https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/281
Putra, P. H., Herningrum, I., & Alfian, M. (2021). Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Konsep, Tanggung Jawab dan Strategi Implementasinya). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 80-95. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.55
Rahma, A. (2020). Penerapan Kurikulum Fungsional dalam Pengembangan Kemandirian Anak Tunanetra di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Pendidikan Inklusif, 5(2), 30-40.
Rinaldho, R., Pratama, R. A., Ramadhan, N., Wismanto, W., & Nuradillah, N. (2024). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(2), 13-25. https://doi.org/10.55606/concept.v3i2.1140
Rini, A. P., Firmansyah, N. F., Widiastuti, N., Christyowati, Y. I., & Fatirul, A. N. (2023). Pendekatan terintegrasi dalam pengembangan kurikulum abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(2), 171-182. https://doi.org/10.55927/jiph.v2i2.3942
Sari, R. A., Maulida, A. N. S., Pradana, D. H., & Laraswati, V. (2023). Memahami Hambatan Penglihatan dan Penerapan Model Pembelajarannya. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 2, No. 2, pp. 228-237).
Sulaiman, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di SDN Pekuncen Kota Pasuruan. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 16(1), 159–179. https://doi.org/10.30739/darussalam.v16i1.3261
Suyanto, A. (2018). Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1), 50-58.
Syamsuardi, E. M., Ridha, A., Yolanda, D., & Hudia, T. (2024). Peran Guru Dalam Membentuk Lingkungan Belajar Multikultural Yang Inklusif. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 63–77. Https://Ojs.Unsiq.Ac.Id/Index.Php/Paramurobi/Article/View/6357
Umiati*, U., & Sufi, I. S. (2024). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural: Membentuk Karakter Siswa Menuju Indonesia Emas 2045. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(1), 114–129. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i1.29285
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Istithoah Hanif Islami, Muhammad Zumaruddin, Salmaa Rihhadatul 'Aisy, Devi khoirunisa, Zidni Rahma Hanifa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.