Manajemen Pembiayaan Pada Lembaga Pendidikan Islam
Studi di MTsN 9 Nganjuk Provinsi Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.176Abstract
Lembaga pendidikan tidak terlepas dari masalah-masalah keuangan. Hal ini bukanlah merupakan tugas yang ringan karena tidak hanya berkaitan dengan permasalahan teknis tetapi mencakup beberapa problem yang sangat rumit dan komplek, baik berkaitan dengan perencanaaan, pendanaan, peningkatan kualitas pendidikan juga menuntut manajemen pendidikan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, serta evaluasi pembiayaan pendidikan di MTsN 9 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah kepala madrasah, bendahara madrasah dan tata usaha. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan pembiayaan dilakukan melalui penyusunan RKAM yang melibatkan analisis kebutuhan, perencanaan pengeluaran, dan konsultasi dengan kepala madrasah, bendahara, tata usaha, dewan guru, dan komite. RKAM membantu memperkirakan kebutuhan biaya untuk satu tahun ajaran. (2) Pelaksanaan pembiayaan mencakup penerimaan dan pengeluaran dana dari tiga sumber utama yaitu dana BOS, dana komite, dan usaha madrasah. Dana BOS dicairkan dua kali setahun dan menjadi sumber utama. Dana komite dan usaha madrasah digunakan untuk kebutuhan operasional dan mendadak, dengan pengelolaan dana melalui prosedur ketat untuk memastikan efisiensi dan efektivitas. (3) Pengawasan dilakukan oleh pihak internal dan eksternal untuk memastikan dana digunakan sesuai rencana. Pengawasan internal dilakukan rutin, sedangkan pengawasan eksternal dilakukan empat kali tiap semester. (4) Evaluasi dilakukan setiap tiga bulan oleh kepala madrasah untuk memastikan penggunaan anggaran sesuai RKAM. Proses evaluasi meliputi pengecekan laporan pengeluaran, pemantauan kendala, dan penilaian efektivitas serta efisiensi penggunaan dana. Evaluasi ini membantu pengambilan keputusan untuk perbaikan pengelolaan dana di masa depan dan memastikan pembiayaan berjalan sesuai rencana dan tujuan yang diharapkan.
References
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi dan Program Pendidikan. Perdana Publishing.
Annas. (2024, Februari 17). Wawancara di Ruang TU MTsN 9 Nganjuk [Komunikasi pribadi].
Arifudin, O., Mayasari, A., & Ulfah. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1).
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).
Fattah, N. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan (Cet Ke-6). Remaja Rosdakarya.
Gunawan, I., & Benty, D. D. N. (2017). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Alfabeta.
Handoko, T. H. (2016). Manajemen (edisi cet ke-2). Balai Pustaka Fakultas Ekonomi.
Hernudin, M. (2024, Mei). Wawancara di Ruang Kepala Madrasah MTsN 9 Nganjuk [Komunikasi pribadi].
Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Widina Bhakti Persada.
Labetubun, M. A. H., Kembauw, E., Hasan, M., & Arifudin, O. (2021). Sistem ekonomi Indonesia. Widina Bhakti Persada.
Masditou. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu. Jurnal ANSIRU PAI, 1(2).
Matin. (2014). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada.
Mesiono, Suswanto, Lubis, R. R., & Haidir. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Imam Muslim Serdang Bedagai. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(1).
Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Ar-Ruzz Media.
Nasser, A. A., Arifudin, O., Barlian, U. C., & Saur, S. (2022). Istem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1).
Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.
Nur, M., Cut Zahri, H., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiahkuala, 4(1).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 2 ayat 1. (t.t.).
Sukur, M., & Pusvitasari, R. (2020). Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan(Studi Kasus Di SD Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo). Jurnal Altanzim Manajemen Pendidikan Islam, 4.
Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. PT. Rineka Cipta.
Suyanto, B., & Sutinah. (2011). Metode Penelitian sosial. Kencana Prenada Media Group.
Syam, T. (2024, Februari 17). Wawancara di Ruang TU MTsN 9 Nganjuk [Komunikasi pribadi].
Terry, G. R., & Rue, L. W. (2010). Dasar-dasar Manajemen (Cet. ke11). Bumi Asara.
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara Pasal 3 ayat 1. (t.t.).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 46 ayat 2. (t.t.).
Waliyah, S., & Dini, S. H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 di SMK Gazza Wiguna 1. Transformasi Manageria, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siska Yulia Weni, Isfaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.