Media Pembelajaran Guru Fiqih Dalam Menanamkan Ketaatan dan Pemahaman Tata Cara Ibadah Sholat Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.170Abstract
Media memegang peran penting dalam proses belajar mengajar, terutama pada pembelajaran fiqih, dimana media akan memberikan suasana yang menyenangkan, sehingga menarik minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran guru fiqih dalam menanamkan ketaatan dan pemahaman tata cara ibadah sholat pada siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui penelitian terdahuu berupa jurnal ilmiah dan buku, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasal penelitian ini ditemukan beberapa media pembelajaran dalam menanamkan ketaatan dan pemahaman tatacara sholat, diantaranya; menggunakan video animasi, media berbasis animasi 3 dimensi, media audio visual, media pembelajaran poster, game kuis fiqih dengan menggunakan construct 3, media power point, media audio visual, dan guru yang memberikan teladan dengan mengikuti shalat berjama’ah bersama, membiasakan dengan mewajibkan siswa/siswinya dalam melaksanakan shalat berjama’ah bersama.
References
Abdul, W. (2022). Eksistensi dan Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Kolonial Belanda. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 4613.
Abdurrosyid, Mahmutarom, Ifada, R. E., & Muh.Syifuddin. (2022). Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Analisis Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 88–109.
Ach.Khusnan. (2022). Peningkatan Keterampilan Sholat Dalam Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan Video Animasi. INDONESIA ISLAMIC EDUCATION JOURNAL, 1(1), 26.
Ahda, A., Nyoman, S., & Made, P. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Pengenalan Tata Cara Wudhu Dan Sholat Berbasis Animasi 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Karangasem. KARMAPATI, 8(2), 197.
Ahmad, F. (2023). Peranan Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Shalat MTs Al-IHSAN. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(5), 324–337.
Ambi, N. A., & Asti, H. (2023). Pembuatan Game Kuis Fiqih Dengan Menggunakan Construct 3 Di MA Sukamiskin. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 6(5), 603.
Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.
Badrudin, Yedi, P., & Siregar, C. N. (2017). Pesantren Dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1), 133–272.
Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.
Fitriani, Hasan, B., & Ujang, D. (2023). Tanggung Jawab Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045. Journal Education and Development, 11(2), 155.
Fitriyah, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smpit. Jurnal ESEMA, Islamic Educationel Management, 3(2), 118.
Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.
Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.
Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.
Ita, N., & Dewi, Z. K. (2020). Peran Manajemen Sdm Dalam Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. MANAGERA: Indonesian Journal Of Education Management, 2(1), 33.
Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.
Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.
Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.
Sari, K., & H.Abdul, H. (2019). penggunaan media audio visual dalam kemampuan mempraktikkan bacaan dan gerakan shalat pada pembelajaran fiqih pada madrasah ibtidaiyah darul ilmi banjarbaru. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 189.
Siti, K. (2021). penerapan media power point untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran fiqih materi sholat berjamaah kelas ii mi hasyim asy’arie gambiran banyuwangi jawa timur. ITTIHAD, 5(2), 81.
Sodikin, & Khotim, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Fiqih Materi Sholat Dengan Media Audio Visual Di Madrasah Ibtidaiyah. EDUCARE: Journal Of Primary Education, 2(1), 101–118.
Syti, M. S., Muhammad, R. H., & Ahmad, R. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Poster Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. ANSIRU PAI, 1(1), 438.
Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.
Wahyu, I. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 2620–7184.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salman Farisi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.