Upaya Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Find Me

Authors

  • Anur Winarti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dea Faradilla Universitas Pendidikan Indonesia
  • Putri Rahmatun Nisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Jubaedah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lizza Suzanti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.166

Abstract

Keterampilan sosial adalah kemampuan individu untuk memecahkan permasalahan-permasalahan sosial dengan menciptakan hubungan erat bersama seseorang dalam rangka menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) perilaku seperti menyendiri, membeda bedakan teman, dan kurang percaya diri banyak ditemukan pada anak. Berdasarkan urgensi fase usia keemasan (golden age), keterampilan sosial perlu dioptimalkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka mengoptimalkan keterampilan sosial anak usia dini yaitu dengan melalui kegiatan bermain. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterampilan sosial anak usia dini yang dikembangkan melalui permainan find me. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif melalui kegiatan observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Subjek penelitian adalah anak uisa 5-6 tahun yang berjumlah 6 anak. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubberman terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan find me terbukti dapat mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan perilaku yang menunjukkan anak menjadi lebih percaya diri, mampu bekerja sama, dan dapat menghargai teman.

References

Amrozi, S. R. (2019). Pemikiran daniel goleman dalam bingkai pembaharuan pendidikan islam di indonesia. Al'adalah, 22(2), 105-116.

Devi, F. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Mencari Jejak si bulat (Maze 3D) pada Anak Kelompok B TK Budi Mulya Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Fuadia, N. N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31-47.

Ginting, M. B. (2018). Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piaget. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 159-171.

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain. Generasi Emas, 2(1), 47-58.

Mulyana, E. H., Gandana, G., & Muslim, M. Z. N. (2017). Kemampuan anak usia dini mengelola emosi diri pada kelompok B di TK Pertiwi DWP Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 214-232.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Rocmah, L. I. (2017). Penerapan permainan konstruktif di tk aisyiyah bustanul athfal sambiroto.

Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.

Susanti, D. A. (2019). Konsep belajar melalui bermain pada anak sejak usia dini. AL IBTIDA': Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 120-135.

Ulum, C. (2018). Keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas v mi muhammadiyah selo kulon progo. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 229-254.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.

Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147-153.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Winarti, A., Faradilla, D., Rahmatun Nisa, P., Jubaedah, S., & Suzanti, L. (2024). Upaya Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Find Me. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.166

Issue

Section

Articles