Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Pengembangan Potensi Siswa Non Akademik di MTS Negeri 6 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1596Keywords:
Manajemen Bimbingan Dan Konseling, Potensi Non-Akademik, Pola BK 17Abstract
Manajemen bimbingan dan konseling (BK) memegang peran strategis dalam mendukung perkembangan peserta didik, khususnya dalam aspek non-akademik yang mencakup minat, bakat, dan kepribadian. Namun, pada praktiknya, dimensi non-akademik masih sering terabaikan di institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi manajemen BK dalam mengembangkan potensi siswa non-akademik di MTs Negeri 6 Jombang. Metode yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen BK dilaksanakan secara sistematis melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi, serta menggunakan pola layanan BK 17. Pelibatan aktif guru BK, wali kelas, kepala madrasah, dan orang tua menjadi faktor kunci keberhasilan program ini. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya layanan BK yang terstruktur dan kolaboratif dalam menciptakan ruang tumbuh bagi siswa secara holistik, terutama dalam konteks pendidikan Islam
References
Arsini, Y., Azhar, R., Damanik, M. Y. P., & Azzahra, T. C. S. (2023). Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Keefektifan Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 1–14.
Delvino, R., Bahri, S., & Husen, M. (2022). KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PERSONIL SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA KOTA BANDA ACEH. Jurnal Suloh: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Unsyiah, 7(1), 1–7.
Hamdani, S., Herawati, E. S. B., & Nurdianah, F. (2023). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN GURU BIMBINGAN KONSELING. ASWAJA, 4(2), 65–73.
Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., Ratnaningsih, P. W., Inanna, Mattunruang, A. A., Herman, Nursaeni, Yusriani, Nahriana, Silalahi, D. E., Hasyim, S. H., Rahmat, A., Ulfah, Y. F., & Arisah, N. (2022). Metode penelitian kualitaf (M. Hasan (ed.)). Sukoharjo: Tahta Media Group.
Juntika, A. (2021). Psikologi Konseling dan Perkembangan Anak. Bandung: Alfabeta.
Pulungan, A. S., & Sulasmi, E. (2024). Pengembangan Minat dan Bakat Siswa (Studi Kasus Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri 023899 Binjai Timur). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 5(4), 499–509. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i4.21597
Putri, A. A., S, N. K., Pratiwi, H., Ayu, R., & Wani, A. (2025). Efektivitas Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(3), 212–229. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nakula.v3i3.1818
Sugiono. (2020a). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi edisi 2. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2020b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyo. (2019). Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Kebutuhan. Semarang: UNNES Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sarpani Rahman, Moh. Syamsul Falah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.