Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTS At-Taufiq Bogem
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1528Keywords:
Supervisi Akademik, Kinerja Guru, Madrasah TsanawiyahAbstract
Kualitas pembelajaran di madrasah sangat ditentukan oleh kompetensi dan kinerja guru, yang perlu ditingkatkan secara berkelanjutan melalui supervisi akademik. Supervisi ini tidak hanya berfungsi sebagai pengawasan administratif, tetapi juga sebagai sarana pembinaan profesional yang menekankan pada penguatan kapasitas pedagogis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan supervisi akademik di MTs At-Taufiq Bogem dan kontribusinya terhadap peningkatan kinerja guru. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi dilakukan secara adaptif dengan melibatkan tim kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, dan guru senior untuk mengakomodasi konteks sosial madrasah. Supervisi berdampak positif dalam mendorong inovasi pembelajaran dan peningkatan profesionalisme guru, meskipun masih menghadapi kendala seperti keterbatasan literasi digital dan resistensi sebagian guru terhadap evaluasi. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya penguatan strategi supervisi yang berbasis konteks dan kolaboratif untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan pesantren
References
Maesaroh, & Martiyono. (2023). Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Merdeka. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 8(2), 128–136. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v8i2.1838
Ni, Z., & Liani, A. (2025). Implementasi Penilaian Kinerja Guru Melalui Supervisi Pembelajaran. At Tadbir: Islamic Education Management Journal, 3(1), 27–37. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/attadbir/article/download/2086/970/7144
Ramadhan, R. F. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah di SD Islam Darul Falah Depok. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Safitri, A. I. (2023). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MA Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sigit, A. (2021). Supervisi Akademik Menurut Carl D. Glickman [Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Jember]. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/4928/4025
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, H. N., & Ferawati, D. T. (2019). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan, 320, 320–330. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/65-Retno-Indah-Rahayu.pdf
Syaripudin, T. (2016). Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Tazkiyah, I., Kiptiyah, A., Abidin, M., Hamidah, T., & Nasrulloh. (2024). Urgensi Supervisi Pendidikan Perspektif Q.S. Ali Imran: 29 Dan Qs. Al-Isra’: 84. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(2), 330–339. https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i2.919
Tengko, F., Limbong, M., & Kailola, L. G. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 13. https://doi.org/10.51278/aj.v3i1.203
Ubabuddin. (2018). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di sekolah, Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional., 1(2), 66–82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riki Romansyah, Moh. Syamsul Falah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.