Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Mualaf Suku Anak Dalam di Perumahan Pembinaan Putikayu Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun

Authors

  • Fahma Syariati UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Badarussyamsi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kemas Imron Rosadi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.155

Abstract

Manusia hanya akan menjadi manusia karena pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam terhadap mualaf suku anak dalam di perumahan pembinaan putikayu Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan subjek penelitiannya. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara bertahap suku anak dalam yang mulai mengikuti ajaran agama islam telah menunjukkan perubahan mereka bahkan mereka memiliki tingkat religiusitas yang tinggi. Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dimulai dengan mengajarkan konsep tauhid, praktik ibadah seperti berwudhu, shalat, berpuasa, membaca Al-Qur’an serta memperhatikan kebersihan tubuh dan lingkungannya. metode pengajaran yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam antara lain yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi, metode keteladanan, dan metode pembiasaan. Kendala yang dihadapi tenaga pengajar yaitu faktor tantangan budaya, faktor sumber daya, serta keterbatasan suku anak dalam memahami pengajaran pendidikan agama islam. Adapun upaya dalam menghadapi kendala tersebut yaitu adanya perhatian dari pemerintah desa bukit suban dengan memberikan bantuan makanan pokok terhadap suku anak dalam di putikayu, adanya fasilitas pendidikan serta sarana dan prasarana untuk menunjang keberlangsungan hidup suku anak dalam, Sudah terbukanya pemikiran suku anak dalam terhadap pendidikan sehingga mereka mau mendorong anak-anak mereka untuk menempuh pendidikan sekolah formal.

References

Abidin, A.Mustika. Penerapan Pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakulikuler melalui metode pembiasaan, Didaktika jurnal Pendidikan, Vol. 12, No. 2, 2018 hal 191

Abdullah Yatimin, Studi Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur’an (Jakarta: Amzah, 2007),21.

Eko Saputro, “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Cinta Alam,” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2015): 118, https://doi.org/10.18326/mdr.v7i1.117-146 .

Imas Kurniasih and Berlin Sani, Pendidikan Karakter Internalisasi Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah (Jakarta: Kata Pena, 2017), 21.

Tim Penyusun, Al-Qur’an Dan Terjemah Mushaf al-Majid (Jakarta: Pustaka al-Mubin, 2013).

Mila Wahyuni, “Strategi Komunikasi Islam Dalam Pembinaan Agama Pada Suku Anak Dalam Bukit Duo Belas Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi,” AL-BALAGH: Jurnal Komunikasi Islam 1, no. 1 (2016): 153, http://dx.doi.org/10.37064/ab.jki.v1i1.512.

NFN Ermitati, “Pengungkapan Budaya Suku Anak Dalam Melalui Kosakata Bahasa Kubu,” Kandai 10, no. 2 (2017): 158, https://doi.org/10.26499/jk.v10i2.319.

Ridwan wirabumi, Metode Pembalajaran Ceramah, ACIET Vol.1, No.1 2020 hal 108

Syahraini tambak, Metode dikusi dalam pembelajaran pendidikan agama islam, Al-Hikmah: jurnal pengetahuan agama dan pendidikan, Vol.12 No. 1, 2015 hal. 2

Wisri Wisri, “Dakwah Pada Masyarakat Terasing Studi Analisis Tentang Tipologi Mitra Dakwah € œSuku Anak Dalam†Di Taman Nasional Bukit Dua Belas Jambi,” LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan 8, no. 1 (2014): 49.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, (Jakarta : Kencana, 2006) hal, 147

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Syariati, F., Badarussyamsi, & Imron Rosadi, K. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Mualaf Suku Anak Dalam di Perumahan Pembinaan Putikayu Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 175–189. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.155

Issue

Section

Articles