Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Mahdaliyah Kota Jambi

Authors

  • Ahmad Fadholi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mahmud MY UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Jamrizal UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.154

Abstract

Pembelajaran yang efektif ditandai pada tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran fiqh dengan model pembelajaran problem based learning dalam mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas VII – IX di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu, metode kualitatif dengan subjek penelitian siswa dan guru yang berada dilingkungan sekolah. Untuk teknik pengambilan data menggunakan hasil observasi lapangan, dokumentasi, catatan hasil wawancara guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis domain, taksonomi dan komponensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan guru fiqh pada kelas VIII-IX MTs Mahdaliyah sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat, dengan langkah-langkah model pembelajaran RPP. Pelaksanaan model pembelajaran PBL juga mengikuti langkah-langkah yang telah tertuang pada model tersebut dan guru sebagai fasilitator dengan memberikan fasilitas internet kepada siswa. Proses evaluasi pembelajaran menggunakan semua aspek, seperti aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Kemampuan berpikir kritis pada kelas VII dapat dikatakan dalam kondisi cukup kritis, pada kelas VIII dan IX tergolong pada kategori kritis.

References

Ahmad Farisi dan abdul Hamid, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ,” Jurnal Ilmiah pendidikan 2, No.3, (2017): 283–287 https://jim.usk.ac.id/pendidikan-/article/view/4979/0

Fathurrohman. Model-model Pembelajaran Inovatif (Yogyakarta: AR Ruzz Media,2015)

Fajrul Bahri, dan Supahar. “Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agama Dan Sains Dalam Pembelajaran PAI di SMA”. Jurnal Pendidikan Islam. no. 2 (2019) :233 – 252. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/

I Wayan Redhana, “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran,” Jurnal Inovasi Pendidikan 13, no.1 (Desember 2019): 2239-2253, https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824

Izzah Al-Fikry, Yusrizal, dan Muhammad Syukri, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 6, no.1 (2018): 17–23, https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776

Nana Rosmalinda, Ali Syahbana, dan Tika Dwi Nopriyanti, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa,” Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 5, no. 1 (2021): 483–496, https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185

Rahayu Putri, Salminan Ismail, dan M. Hasan, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Elastisitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Banda Aceh,” In Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 4, no. 2 (2016): 105-116, http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hlm 238.

Siti Rusmayani, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Stabat”. Jurnal Edu Rilgia1. No. 1 (2017) : 128-141, http://jurnal.uinsu.ac.id/.

Sriwijaya dan Mawardi. “Evaluasi kemampuan berpikir kritis pada Problem Based Learning dengan setting online”. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. No. 1. (2021). 28-38. https://journal.uin-alauddin.ac.id/.

Suciono, W., Rasto, R., & Ahman, E. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4.0,” SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 47, no.1 (2021): 48–56.

Ujiyati Cahyaningsih dan Anik Ghufron, “Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan Karakter 7, no.1 (2016)

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Fadholi, A., Mahmud MY, & Jamrizal. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Mahdaliyah Kota Jambi. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 151–174. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.154

Issue

Section

Articles