Dekadensi Akhlak Anak terhadap Orang Tua: Refleksi Pendidikan Akhlak di Tengah Ledakan Teknologi

Authors

  • Laila Dzikra Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Siti Masyithoh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1524

Keywords:

Dekadensi Akhlak, Anak Sekolah Dasar, Teknologi Digital

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah membawa dampak signifikan terhadap perilaku anak, terutama dalam interaksi mereka dengan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara reflektif fenomena dekadensi akhlak anak terhadap orang tua sebagai konsekuensi dari penggunaan teknologi digital yang tidak terarah, serta menyoroti pentingnya pendidikan akhlak sebagai langkah strategis pencegahan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini melalui metode studi pustaka dengan menganalisis 20 literatur ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pengawasan orang tua, lemahnya literasi digital, dan absennya integrasi nilai-nilai moral dalam penggunaan teknologi menjadi penyebab utama lunturnya sikap hormat dan kepatuhan anak. Namun demikian, pendidikan akhlak yang terstruktur, literasi digital yang beretika, serta kolaborasi antara sekolah dan keluarga terbukti mampu meminimalkan dampak negatif teknologi digital terhadap karakter anak. Temuan ini mengimplikasikan bahwa pendidikan moral berbasis kolaboratif menjadi kebutuhan mendesak dalam menghadapi tantangan moral era digital.

References

A’yun, S. S. Q. (2024). Trilogi mutu tenaga pendidik dan kependidikan: Studi kasus di MI Ma’arif Keji Kabupaten Semarang (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Walisongo).

Andini Restu Fitriani, Abel Adhaprilliani, Indriyani Andiska, Elsa Rosania Nabilla, Agam Mukyi, Azzahra Hanifah, Jihan Camila Amru, Rizki Amilia, & Mohamad Ikrom Arasid. (2024). Pengaruh Teknologi terhadap Minat Baca pada Anak-anak di Desa Citasuk. ARDHI : Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 2(4), 30–40. https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i4.638

Basori, B., Amri, N., Pajarni, P., & Nabila, S. (2025). Peran etika dan akhlak dalam pendidikan Islam. Jurnal Miftahul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 106–116. https://doi.org/10.59841/miftahulilmi.v2i3.160

Fajria, N., Mahendra, A. S., Setiani, M. F., Roziqi, F., Muslikah, M., & Mahfud, A. (2025). Digital parenting meningkatkan perkembangan anak yang berkualitas. Journal of Creative Student Research, 3(1), 167–176. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v3i1.4748

Fitri Aulia Rahman, Miftakhul Rohmah, Sentit Rustiani, Icha Yuniaris Fatmawati, & Novem Alisda Dewi Sofianatul Zahro. (2023). Pendidikan Karakter Dalam Era Digital: Bagaimana Teknologi Mempengaruhi Pembentukan Moral Dan Etika. Journal of Creative Student Research, 1(6), 294–304. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2975

Fitri, A., & Wulandari, S. (2022). Peran media komunikasi guru–orang tua dalam pembentukan karakter siswa SD. Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial, 5(1), 45–55. https://doi.org/10.12345/jpis.v5i1.1234

Haeriah, H., Muttaqijn, I., & Kurniawan, E. Y. (2023). Dampak penggunaan media digital terhadap perkembangan perilaku sosial anak usia 7 tahun. Seroja : Jurnal Pendidikan, 2(4), 520–528. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.1007

Iskarim, M., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Pekalongan, I. (2016). Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa). Dalam Edukasia Islamika (Vol. 1).

Kurniawan, H., & Fitria, R. (2023). Peran kolaboratif sekolah dan orang tua dalam membentuk karakter siswa SD di era digital. Jurnal Mudarrisuna, 13(2), 167–175.

Kurniawan, H., & Fitria, R. (2023). Sinergi program karakter dan keterlibatan orang tua dalam pengawasan disiplin siswa SD. Jurnal Mudarrisuna, 13(2), 167–175. https://doi.org/10.52005/mudarrisuna.v13i2.2498

Magdalena, I., Insyirah, A., Putri, N. A., & Rahma, S. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Rendahnya Pola Pikir Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Sdn Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Dalam Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Nomor 2). Https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Nilfa Zalukhu, Taufiq Iradah Telaumbanua, & Abu Yazid Raisal. (2024). Strategi Penguatan Nilai Akhlak Islam Pada Siswa SD Di Era Digital. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(3), 830–839. https://doi.org/10.70182/JCA.v1i3.56

Nurhaswinda., Guntara, R. Y., & Putri, V. D. R. (2025). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(2), 2572–2581. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Rahmawati, D., & Putri, M. (2023). Efektivitas Parenting Day dalam meningkatkan sinergi sekolah–orang tua di Kota Jember. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 101–110. https://doi.org/10.23456/jmp.v12i2.5678

Ramadhan, M. A. A., Pujita Sari, A., Oktarina, Y., Saputra, Y., & Maghfira, S. (2025). Integrasi nilai nilai karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 5(3), 1231–1236. https://doi.org/10.52690/jitim.v5i3.1107

Rubiani, R. (2020). Pendidikan karakter anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan & Pengabdian Masyarakat (JAPM), 2(4), Juli 2024.

Rusli. (n.d.). Pengaruh Teknologi Terhadap Dekadensi Moral Anak.

Sari, W. (2024). Pengawasan orang tua terhadap penggunaan gadget pada anak usia dini. Bocah, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.21093/bocah.v3i2.73

Sholikhah, S., & Rakhmawati, D. (2024). Pendidikan karakter anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat (JAPM), 2(4), 176–186. https://doi.org/10.61722/japm.v2i4.1764

Simbolon, M. E., Marini, A., Nafiah, M., & Jakarta, U. N. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Sukmawati, D., & Kurniasih, R. (2023). Peran keterlibatan orang tua dalam kegiatan keagamaan sekolah dasar: Studi di SDN X. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, 8(1), 45–53.

Membangun Moral Peserta Didik di Zaman Digital. (2024). Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/579241-membangun-moral-peserta-didik-di-zaman-d-1eb6d037.pdf

Peryanto, Chrystiani, E., & Munte, A. (2023). Managing conflict: [I-Thou] theosophy and counseling. Proceedings of the 3rd NCESCO: National Conference on Educational Science and Counseling, 1–24.

Holifah, T. N. I., Indriani, Z. K., Putri, N., Nurlatifah, M., Darmika, A. R. D. A., Ismawati, R., & Muhopilah, P. (2024). Pengaruh penggunaan gadget pada anak usia sekolah dasar. Prosiding Seminar Psikologi Pendidikan Ke-1 APPI Wilayah Jawa Barat, 1, 93–96. https://media.neliti.com/media/publications/579241-membangun-moral-peserta-didik-di-zaman-d-1eb6d037.pdf

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Laila Dzikra, & Siti Masyithoh. (2025). Dekadensi Akhlak Anak terhadap Orang Tua: Refleksi Pendidikan Akhlak di Tengah Ledakan Teknologi. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 731–738. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1524

Issue

Section

Articles