Adab Guru dan Murid sebagai Refleksi Akhlak Islami: Implikasi terhadap Pembentukan Lingkungan Belajar Beretika
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1508Keywords:
Adab, Guru, Murid, Akhlak Islami, Lingkungan Belajar BeretikaAbstract
Pendidikan Islam menempatkan adab sebagai elemen sentral dalam proses pembentukan manusia yang utuh, melampaui sekadar transfer pengetahuan menuju pembinaan akhlak dan spiritualitas yang mendalam. Dalam konteks hubungan guru dan murid, adab bukan hanya cerminan sopan santun, tetapi juga menjadi manifestasi dari nilai-nilai akhlak Islami yang menghidupkan suasana belajar yang beretika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep adab dalam interaksi guru dan murid serta mengeksplorasi implikasinya terhadap terbentuknya lingkungan belajar yang harmonis, etis, dan spiritual di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan, memanfaatkan sumber primer seperti Al-Qur’an, hadis, dan karya ulama klasik, serta literatur sekunder terkait pendidikan karakter dan etika pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai adab dalam praktik pendidikan mampu memperkuat relasi guru-murid, menciptakan iklim kelas yang inklusif dan bermartabat, serta membentuk budaya sekolah yang berkarakter. Temuan ini merekomendasikan pentingnya sistematisasi internalisasi nilai adab dalam kurikulum, pelatihan guru, dan budaya kelembagaan guna membangun generasi yang unggul secara intelektual dan berkepribadian luhur
References
Achmad, F. (n.d.). Implikasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini: Tinjauan Terhadap Peran, Tantangan, Dan Peluang. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Afwani, R., & Masyithoh, S. (2024). Adab Dalam Belajar Dan Pembelajaran; Strategi Untuk Meningkatkan Kesadaran Dan Keterampilan Siswa. QOUBA Jurnal Pendidikan.
Ahdar, & Musyarif. (n.d.). Kontribusi Guru Aqidah Akhlak dalam Menumbuhkan Karakter Kepribadian Anak di MTsN Parepare. AL-IRSYAD Journal of Education Science.
Ahman, Rieza Hardyan, Rukajat, Ajat, & Ramdhani, Khalid. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter: Kajian Literatur Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman, 11(3), 309.
Apriani, N. P. I., Udin, T., Asyahida, A., & Yamin, W. G. L. (2024). Hakikat, Ruang Lingkup Akhlak, Moral, dan Etika. Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 20(1), 66-73.
Aryani, L. A., Silpi, E., & Sari, H. P. (2025). Globalisasi dan Transformasi Pendidikan Islam: Menyongsong Era Digital. IHSAN Jurnal Pendidikan Islam.
Dariyanto, Dwi, & Ernawati, Fetty. (2024). Integrasi Moral dan Etika dalam Pendidikan Agama Islam. Dinamika, 9(1), 15.
Dahyani, Maulia. (2024). Etika Pendidik dalam Perspektif Islam. Analysis: Journal of Education, 2(2), 354-361.
Hidayati, Yayuk. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SDN Nusatunggal. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 03(07), 921-933.
Judrah, Muh., Arjuni, Asa, Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 125.
Mahpudin, P. (n.d.). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pelajaran Akidah Akhlak untuk Membentuk Karakter Islami Siswa Kelas II. Jurnal Aksioma Ad Diniyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 11(2), 185-196.
Ningsih, I. S., Srinanda, S., & Nursalim, E. (2024). Strategi Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Dalam Pembentukan Karakter Santri. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(1), 45-57.
Noer, Ali, Tambak, Syahrul, & Sarumpaet, Azin. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Al-Hikmah, 14(2), 181-196.
Pangaribuan, T., Harijanfa, S. I., Nurjannah, I., Rahayani, F., & Nurhaliza, A. (2025). Membangun Integritas dalam Profesi Pendidik: Etika, Tanggung Jawab, dan Akuntabilitas. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 25(1), 583-590.
Parnawi, A., & Ridho, D. A. A. (n.d.). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral dan Etika Siswa di SMK Negeri 4 Batam. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri.
Parsnawi, Afi, Ahmed, Dian, & Riddho, Ar. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Moral dan Etika Siswa di SMK Negeri 4 Batam. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 3(1), 167-175.
Roomlah, Siti. (2023). Pendidikan Agama Islam sebagai Pilar Pembentukan Moral dan Etika. Al-Ibbrah, 8(30), 68.
Sahidin, Didin, & Nursobah, Asep. (2024). Integrasi Etika dalam Kurikulum Akhlak: Analisis Pengajaran Gibah di Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Pendidikan Agama Islam. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 55-78.
Sofa, A. R., Sukandarman, Hidayatingsih, N., Qomariyah, N., Fausi, S. A., & Syaifullah. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Form, Goreact and Emotion AI di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 955–966.
Soleha, H., & Fuad, A. F. N. (2024). Implikasi Kode Etik Guru dalam Menanamkan Etika Santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Depok. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 6565-6578.
Zubaidah, Siti Alisa Nur. (2022). Etika Guru dalam Mengajar sebagai Perwujudan Karakter Budi Pekerti Siswa di Sekolah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(4), 1125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Naila Agista Shahara, Siti Masyithoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.