Konsep Pendidikan Perempuan Perspektif Al-Qur’an-Hadits dan Kaitannya dengan Pandangan para Tokoh Islam dalam Mendidik Anak Perempuan
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1442Keywords:
Pendidikan Perempuan, Islam, Al-Qur’an, Hadits, Tokoh IslamAbstract
Pendidikan perempuan dalam Islam merupakan bagian integral dari sistem keilmuan yang menekankan kesetaraan, akhlak, dan tanggung jawab sosial. Meskipun Al-Qur’an dan Hadits telah menegaskan pentingnya ilmu bagi perempuan, praktik sosial masih menunjukkan ketimpangan akibat budaya patriarki dan salah tafsir ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan perempuan dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits serta mengaitkannya dengan pemikiran tokoh Islam seperti KH. Hasyim Asy’ari dan M. Quraish Shihab. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an, hadits, dan karya-karya ilmiah untuk menafsirkan kedudukan perempuan dalam pendidikan Islam. Hasilnya menunjukkan bahwa Islam menempatkan perempuan sebagai subjek aktif pendidikan, yang bertugas membangun generasi beriman, berilmu, dan berakhlak. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan perempuan tidak sekadar hak, melainkan strategi peradaban untuk membentuk masyarakat Muslim yang adil dan berkemajuan.
References
Ainiyah, Q. (2017). Urgensi Pendidikan Perempuan Dalam Menghadapi Masyarakat Modern. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 97–109. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1240
Ainiyah, Q. (n.d.). Peran Perempuan Dalam Pendidikan Islam Perspektif Gender.
Alviansyah, I. F., Tamam, A. M., & Syafrin, N. (2019). Konsep Pendidikan Perempuan Menurut Hadits-Hadits Dalam Kitab Riyadhus Shalihin Karya Imam An-Nawawi. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 71. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i1.1155
Ardiyani, D. (n.d.). Konsep Pendidikan Perempuan Siti Walidah.
Dellawati, D., Subandi, S., & Wulandari, H. (2023). Konsep Pendidikan Perempuan Perspektif Raden Ajeng Kartini dan Rahma El-Yunusiyah Serta Relevansi dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Hikmah, 20(2), 284–300. https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i2.312
Djamdjuri, D. S. (2015). Pendidikan Perempuan Di Tengah Isu Kesetaraan Gender.
Firdaus, D., & Arifin, Z. (2018). Pendidikan Perempuan Perspektif Quraish Shihab Dalam Tafsir al Misbah. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2). https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.595
Firdaus,Dhomirotul. Arifin, Z. (2014). Pendidikan perempuan perspektif Quraisy Syihab dalam tafsir al-Misbah. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 29, 208–234.
M. Ilham Zidal Haq, & Rofiatul Hosna. (2024). Konsep Pendidikan Perempuan Perspektif Kh. Hasyim Asy’Ari. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9, 1–23.
Mirsal, I. (n.d.). Konsep Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Pendidikan Islam.
Mufida, N., Kholid, A., & Shobikhul, A. (2024). Konsep Pendidikan Perempuan dalam Prespektif Islam 2(1), 19–36.
Muvid, M. B. (2020). Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits (Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits Pendidikan). Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1733
Nurhaliza, P. A., & Rahimah, R. (2021). Peran Sosial Perempuan Dalam Perspektif Al-Qur’an. 4.
Nursyahbani, I., Sholihin, S., Fatahillah, D. F., & Amrulloh, A. (2024). Pendidikan Perempuan dalam Hadis Tematik dan Filsafat Pendidikan Islam Seyyed Hossein Nasr. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 10(1), 17–36. https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i1.4959
Syafe’i, I., & Mashvufah, H. (2020). Konsep Gender Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2).
Takunas, R. (2019). Dinamika Pendidikan Perempuan Dalam Sejarah Islam. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(1), 23–44. https://doi.org/10.24239/msw.v10i1.386
Thobroni, A. Y. (2024). Memberdayakan Perempuan Melalui Pendidikan Islam: Perspektiif dan Tantangan Kontemporer. 7(2), 167–178. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.1865
Wahib, N. (2022). Pemulyaan Pendidikan Perempuan Menuju Masyarakat Modern: Di Rumah Sakinah Surabaya. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 52–68. https://doi.org/10.59355/risda.v6i1.50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Multazami, Khorilia Ramadhani, Ahmad Yusam Thobroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.