Kurikulum Pendidikan Islam Sebagai Pedoman Pembelajaran Dalam Membentuk Karakter Religius Perspektif Al-Qur'an dan Hadits
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1420Keywords:
kurikulum Islam, karakter religius, Al-Qur’an, Hadits, pendidikan nilaiAbstract
Pendidikan Islam memainkan peran vital dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai wahyu. Kurikulum ini bukan hanya sarana administratif, tetapi juga instrumen pembinaan iman, akhlak, dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konsep kurikulum pendidikan Islam dari perspektif Al-Qur’an dan Hadits serta relevansinya dalam membentuk karakter religius peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, menggunakan sumber primer seperti ayat Al-Qur’an dan Hadits, serta sumber sekunder dari literatur ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam mengintegrasikan nilai-nilai spiritual, moral, dan intelektual berdasarkan QS. Al-Baqarah: 177, 151 dan QS. Ali Imran: 164 serta hadits-hadits Nabi tentang pendidikan akhlak, ilmu, dan pembiasaan dini. Kurikulum tersebut juga terbukti relevan dalam menghadapi tantangan global seperti digitalisasi, krisis moral, dan disintegrasi ilmu. Implikasinya, kurikulum Islam harus terus diperbarui secara adaptif namun tetap berlandaskan pada ajaran wahyu demi membentuk generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi.
References
Abdullah, Dudung. 2015. “Konsep Kebajikan (Al-Birr) Dalam Al-Qur’an.” Al-Daulah: Jurnal hukum Pidana dan Ketatanegaraan 4(1): 192–96.
Ahmad Manshur, and Farida Isroani. 2023. “Tantangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12(04). doi:10.30868/ei.v12i04.8114.
Ainun Nuzul, Dinda Amanda. 2023. “Kurikulum Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadits Tarbawi.” J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah 2(1): 30–43. doi:10.62515/staf.v2i1.176.
Alhaddad, Muhammad Roihan. 2018. “Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam.” 3.
Allison, Safwaan Zamakda. 2024. “Socialisation and Character Education in the Muslim World: Exploring the Role, Impact, and Necessity of Indoctrination.” IJoReSH: Indonesian Journal of Religion, Spirituality, and Humanity 3(1): 76–100. doi:10.18326/ijoresh.v3i1.76-100.
Aman, Moh. 2020. “Kurikulum Pendidikan Berbasis Al-Qur’an.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 16(1). doi:10.31000/rf.v16i1.2418.
Azwar Aripin, Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Dan Strategi Pengembangannya Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan, Volume 1, Jurnal Al-Mufidz, Agustus 2024, Hal 126
Bilal, Muhamad, and Agus Fadilla Sandi. 2020. “Kurikulum Pendidikan Perspektif Al-Qur’an (Studi Tematik Q.S. Al-Baqarah Ayat 151, Q.S. Ali Imran Ayat 164, dan Q.S. Al-Jumu’ah ayat 2).” 9(2).
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami desain metode penelitian kualitatif.” 21(1).
Faiq Ilham Rosyadi and Usman. 2021. “Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam: Kajian Teoritis Filosofis.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 1(2): 1–13. doi:10.14421/hjie.2021.12-01.
Fauziah, Nur, Sabilil Muttaqin, Jejen Musfah, Dede Rosyada, Abuddin Nata, and Ummi Kultsum. 2023. “The Challenges of Islamic Education in Facing the Progress of Society 5.0.” In Proceedings of the 5th International Graduate Conference in Islam and Interdisciplinary Studies, IGCIIS 2022, 19-20 October 2022, Mataram, Lombok, Indonesia, Mataram, Indonesia: EAI. doi:10.4108/eai.19-10-2022.2331849.
Ghufran Hasyim Achmad, Kedudukan Kurikulum Dalam Pendidikan Agama Islam, Volume 1, YASIN: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, Desember 2021, Hal 256.
Hermawan, Yudi Candra, Wikanti Iffah Juliani, and Hendro Widodo. 2020. “Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10(1): 34. doi:10.22373/jm.v10i1.4720.
Iconie, P. O. F., Pekalongan, I., & Sopiah, I. P. (2021). Islamic Education Curriculum Development Containing Moderate Insight Sopiah. 519–530.
Jaya, Farida. 2018 “Hadis-Hadis Tentang Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal TAZKIYA: Pendidikan Islam 7(1): 5-6. doi: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v7i1.263
Khadafi, Z. A., & Maulidiyah, C. (2023). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 4(3), 1–7.
Lalu Abdurrahman And Tasman Hamami, Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Dan Strategi Pengembangannya Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan, Volume 8, J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Desember 2021, Hal 26
Maulida. 2022. “Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Kurikulum.” Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman 12(2): 192–204. doi:10.47498/bidayah.v12i2.637.
Muhammad Hatim, Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum, Volume 12, El- Hikmah Jurnal Kajian Dan Pendidikan Agama Islam, Desember 2018, Hal 144
Muttaqin, Muhammad. 2021. “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam (Perbandingan antar Tokoh / Aliran).” Jurnal TAUJIH 14(01): 1–16. doi:10.53649/jutau.v14i01.302.
Noorzanah, Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam, Volume 15, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Oktober 2017, Hal 69.
Rahmadillah Ansori Et All, Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Kontemporer, Volume 3, UNISAN JURNAL: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, Tahun 2024, Hal 262.
Ritonga, Nurul Ajima. 2017. “Ayat-Ayat Tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam.” Almufida 2(1): 157–74.
Rizki, Agam Muhammad, and Zulkifly Lessy. 2024. “Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist Tarbawi.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7(6): 5298–5302. doi:10.54371/jiip.v7i6.4476.
Rusnawati, MA, Dasar Dan Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Volume 16, Jurnal Azkia, Juli 2021, Hal 278
Syafana, Putri Tsilvya, Atina Khusna, Muhammad Irfan Maulana, and Ahmad Alamul Huda. 2024. “Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Kajian Islam Modern 10(02): 1–9. doi:10.56406/jkim.v10i02.382.
Wahid, Lalu Abdurrahman, and Tasman Hamami. 2021. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8(1). doi:10.18860/jpai.v8i1.15222.
Yusri, Nadia, Muhammad Afif Ananta, Widya Handayani, and Nurul Haura. 2023. “Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami.” Jurnal Pendidikan Islam 1(2): 12. doi:10.47134/pjpi.v1i2.115.
Yusuf, Isa M. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Al-Quran ( Kajian Surat Al-Baqarah Ayat 177).” Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry 10(1): 73–89.
Zakiah, Siti Solichatun, and Mukh Nursikin. 2024. “Peranan dan Fungsi Kurikulum dalam Perspektif Pendidikan Islam.” 8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nazilla Nur Febriani, Mochammad Rizqi Hidayatullah, Ahmad Yusam Thobroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.