Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MTsN 6 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1415Keywords:
Supervisi Akademik, Mutu Pembelajaran, Madrasah, Kolaborasi GuruAbstract
Mutu pembelajaran di madrasah masih menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya kesiapan guru, tingginya beban administrasi, serta keterbatasan supervisi yang efektif. Padahal, supervisi akademik memiliki peran strategis dalam membina profesionalisme guru dan meningkatkan kualitas pengajaran berbasis nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik di MTsN 6 Jombang, menganalisis keterkaitannya dengan peningkatan mutu pembelajaran, serta mengidentifikasi hambatan dan solusi yang muncul selama proses supervisi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma interpretatif dan jenis studi kasus intrinsik. Data dikumpulkan selama tiga bulan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilaksanakan secara sistematis dan kolaboratif mampu meningkatkan kreativitas guru dalam menyusun RPP, mendorong penggunaan media pembelajaran interaktif, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi supervisi, pelatihan berkelanjutan bagi guru dan supervisor, serta penguatan budaya reflektif berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memastikan keberlanjutan peningkatan mutu pembelajaran di madrasah
References
Ansori, A., Supriyanto, A., & Burhanuddin. (2016). Pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(12), 2321–2326.
Asmadi, I., Romansyah, R., Farid, M., Abdur Rahman M. Ilyas, A. A., Habaib, M., & Yoseptry, R. (2023). Supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan (studi kasus di SMA Terpadu Riyadlul Ulum). JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2), 819–825.
Bestari, P., et al. (2023). Peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital (hlm. 1).
Dinayanti, A. R., Annazhira, S., Juniar, V., & Marini, A. (2024). Analisis tantangan peningkatan mutu pendidikan pada pembelajaran sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 3(9), 627–628.
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Harsono, & Minsih. (2024). Peranan supervisi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 657.
Handayani, P., Sutarto, & Rini. (2022). Model supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs Kabupaten Kepahiang. Jurnal Literasiologi, 8(3), 41–42.
Irawan, T., Hasan, M., & Fernadi, M. F. (2021). Supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi'in Jati Agung tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 7(2), 57.
Mardalena, Y. A., & Fitria, H. (2020). Pengaruh supervisi akademik dan kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru di sekolah menengah atas negeri di Kecamatan Tanjung Raja. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, 9(1), 113.
Muslimin, I. (2023). Meningkatkan profesionalisme guru dengan model, pendekatan, dan teknik supervisi pendidikan di era Society 5.0. TA’LIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 36–37.
Prahara, R. S., Wahyono, H., & Utomo, S. H. (2016). Menentukan kualitas pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan berdasarkan input-proses-output pembelajaran. Dalam National Conference on Economic Education (hlm. 1267).
Sergiovanni, T. J. (2014). Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 2(1), 78.
Suparliadi. (2021). Peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 4(2), 189. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.2571
Turmidzi, I. (2021). Implementasi supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 4(1), 35–38.
Warisno, A. (2022). Konsep mutu pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Innovative Education Journal, 4(1), 314.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Weni Amiwati, Muhammad Al-Fatih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.