Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 1 Singingi Hilir

Authors

  • Rivaldianslih Lubis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Risna Wati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Fikri Hamdani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1384

Keywords:

Rasa Percaya Diri, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik sering kali dikaitkan dengan kurangnya rasa percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Singingi Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Responden berjumlah 63 siswa yang dipilih melalui teknik total sampling. Instrumen berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data mencakup uji normalitas, ANOVA, dan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara rasa percaya diri dan hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,024 (p < 0,05). Nilai R² sebesar 0,081 menunjukkan bahwa rasa percaya diri menyumbang 8,1% terhadap variasi hasil belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan aspek afektif siswa, khususnya rasa percaya diri, dalam strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. PT Rineka Cipta.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–468.

Nasution, M., Mardiah, & Kalsum. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nursanti, F. R. (2020). Pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik bidang studi PAI kelas XI di Sekolah Menengah Atas (Skripsi, Universitas Islam Riau).

Prasetiawan, H., & Saputra, W. N. E. (2018). Profil tingkat percaya diri siswa SMK Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 19–26. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.2665

Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan data terpraktis. Andi.

Purwanto, N. (2013). Evaluasi hasil belajar. Pustaka Belajar.

Setyosari, P. (2016). Metode penelitian dan pengembangan. Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 132–140.

Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik: Literature review. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.58903/jpsn.v1i1.120

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Rivaldianslih Lubis, Risna Wati, & Fikri Hamdani. (2025). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 1 Singingi Hilir. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 654–658. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1384

Issue

Section

Articles