Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Mahasiswa Calon Guru Melalui Strategi Pembelajaran Langsung

Authors

  • Mega Riyawati STAI Mifatul Ulum Tanjungpinang
  • Siti Mariyah STAI Mifatul Ulum Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.137

Abstract

Kemampuan menulis cerita dengan baik dapat memberikan banyak keuntungan bagi mahasiswa calon guru dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pentingnya kemampuan menulis cerita dalam mengembangkan ide-ide kreatif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran tentang kemampuan menulis cerita mahasiswa PGMI semester IV. Sampel penelitian adalah 24 mahasiswa PGMI semester IV dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi untuk mengevaluasi karya tulis mahasiswa. Hasil penelitian ini berdasarkan pengumpulan data dari cerita yang ditulis oleh mahasiswa, skor rata-rata untuk kelengkapan cerita adalah 3,83 (sangat baik), untuk ketepatan alur cerita adalah 3,58 (baik), untuk pengembangan karakterisasi tokoh adalah 3,5 (baik), untuk pesan cerita adalah 3,63 (baik), dan untuk penggunaan bahasa yang tepat dan efektif adalah 3,41 (baik). Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa PGMI semester IV memiliki kemampuan menulis cerita yang baik dan mampu memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

References

Abidin, Yunus, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Ernawati, Y., & Ernawati, Y. (2022). Efektivitas Pendekatan Saintifik Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel. … Keterampilan Menulis Teks …, 03. http://eprints.binadarma.ac.id/14666/

Hayati, Sri. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendikia.

Hunaepi, dkk. 2014. Model Pembelajaran Langsung: Teori dan Praktik. Mataran: Duta Pustaka Ilmu.

Joyce, Bruce, dkk. 2016. Models of Teaching: Model-Model Pengajaran (Edisi Sembilan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Julfahnur. 2018. Sudut Pandang sebagai Unsur Fiksi Karya Sastra. Ekp, 13(3), 576. https://doi.org/https://doi.org/10.17605/OSF.IO/P6XYH

Kusumaningrum, Endah. 2021. Menulis Kreatif Dongeng: Sesuai Gaya Belajar Anak. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Lestari dan Linda Zakiah. 2019. Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran. Jawa Barat: Erzatama Karya Abadi.

Muftianti, A. (2018). Penyusunan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 178–186.

Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra Nak Persoalan Genre.Pdf. In Humainora (Vol. 16, Issue 2, pp. 107–122).

Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhasanah, dkk. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta Timur: Edu Pustaka.

Nuryatin, Agus dan Retno Purnama Irawati. 2016. Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Penerbit Cipta Prima Nusantara Semarang.

Ramadhanti, Dina. 2018. Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Salija, Kisman dan Idawati Garim. 2017. Ragangan Pengembangan: Tertib Menulis dan Berpikir Kreatif, Inovatif. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Yulistio, D. (2021). Kemampuan Menulis Teks Cerita pada Mahasiswa Program Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 19(2), 188. https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.3776

Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2010. Model dan Strategi Pembelajaran Aktif: Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Putra Media Nusantara

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Riyawati, M., & Mariyah, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Mahasiswa Calon Guru Melalui Strategi Pembelajaran Langsung. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 20–26. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.137

Issue

Section

Articles