Integrasi Kearifan Lokal dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan: Upaya Memperkuat Identitas dan Karakter Siswa MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1332Abstract
Pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan identitas generasi muda di tengah arus globalisasi yang mengancam eksistensi budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi dan bentuk integrasi kearifan lokal dalam pengembangan kurikulum serta dampaknya terhadap pembentukan identitas dan karakter siswa di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif dengan metode studi kasus, dengan subjek terdiri dari wakil kepala sekolah dan guru yang terlibat dalam penyusunan kurikulum berbasis nilai lokal. Teknik analisis tematik digunakan untuk mengolah data hasil wawancara dan observasi, yang kemudian dikonfirmasi melalui teknik member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi tradisi lokal seperti manaqiban, puasa bentur, dan ziarah muassis dalam proses pembelajaran secara signifikan memperkuat nilai spiritualitas, kedisiplinan, penghormatan, dan tanggung jawab sosial siswa. Praktik ini tidak hanya membentuk karakter siswa, tetapi juga menjadikan madrasah sebagai agen pelestarian budaya lokal sekaligus inovator kurikulum kontekstual.
References
Agustin A., Erika N., Oryza S., T. K. N. P. (2023). Mengintegrasikan Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan.
Annisha, D. (2024). Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 8(3).
Bani, E. A. S. (2021). Kebudayaan dalam Konsep Pedagogik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).
Endraswara, S. (2006). Metodologi Penelitian Kebudayaan. Gadjah Mada University Press.
Innayah W. , Eko H. , Arief Y. , Sri S., P. X. (2024). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter Siswa di Era Globalisasi. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(4).
Kusnadi. (2022). Merdeka Belajar Untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal: Suatu Proses Pembelajaran Memperkuat Pilar Pendidikan. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XIV.
Laili, F. N., Fatkhurrozi, A., & Ni’am, H. M. (2023). Melestarikan Kearifan Lokal Melalui Kurikulum Pendidikan dalam Membangun Nilai Karakteristik Siswa. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1).
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosda Karya.
Nuraini, L. (2022). Integrasi nilai kearifan lokal dalam pembelajaran matematika sd/mi kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).
Poth, J. W. C. and C. N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.
Rahayu. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal terhadap Peningkatan Rasa Nasionalisme Siswa. Jurnal Ilmiah, 3(2).
Rahma, S. N., & Hindun, H. (2023). Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Reduplikasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2).
Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Revitalizing Local Wisdom Within Character Education through Ethnopedagogy Approach: A Case Study on a Preschool in Yogyakarta." Heliyon.
Septiawan, F., Azizah, N., Gita, P. P., & Khery, Y. (2019). Pentingnya Pembelajaran Mobile, Kearifan Lokal, dan Kepariwisataan. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2).
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).
Sulasmono, P., Ekosiswoyo, R., & Widodo, J. (2017). The Integration of Local Cultural Wisdom Values in Building the Character Education of Students. International Journal of Education and Research, 2(1).
Virginia Braun and Victoria Clarke. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology 3, 3(2).
Zamzami, N. D., Nurhayati, N., Sofiyulloh, M. W., & Salimi, M. (2016). Ragam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Inovasi Pendidikan: Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Abad 21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Syaifuddin Arif, Roihanatuzzulfa, Aly Masyhar, Moh Sholihuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.